Topik Terkait: Amalan Pertama Dihisab (halaman 111)

  • Pengin Masuk Surga dengan...
    Tips
    Minggu, 28 Juli 2024 - 15:19 WIB
    Setelah kematian, cita-cita masuk surga adalah impian semua orang. Dan tahukah Anda, jika setiap muslim dapat masuk surga sambil tertawa? Bagaimana bisa? Benarkah demikian dan apa amalannya?
  • Doa-doa Istimewa di...
    Tips
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 07:20 WIB
    Jumat adalah waktu mustajab untuk berdoa, maka umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak berdoa di hari istimewa tersebut.
  • Agar Mudah Mengingat...
    Tips
    Senin, 06 Februari 2023 - 22:18 WIB
    Manusia memang tempatnya lupa dan itu sudah menjadi fitrah. Namun ada satu cara agar dimudahkan mengingat sesuatu. Berikut tpsnya disampaikan Ustaz Amru Hamdany.
  • Benarkah Berdoa di Malam...
    Tausyiah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:09 WIB
    Dalam tahun 2024 ini, Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 24 Februari 2024 atau pertengahan bulan Syaban. Benarkah berdoa di malam tersebut tidak akan ditolah Allah Subhanahu wa taala?
  • Waktunya Memperbanyak...
    Tips
    Rabu, 16 Maret 2022 - 17:01 WIB
    Salah satu amalan di bulan Syaban ini, adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Namun, ketika mengamalkannya jangan lupa memperhatikan adab-adab ketika membaca Kitabullah tersebut.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Hukum Berkarier Bagi...
    Muslimah
    Minggu, 11 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Menjadi wanita karier menjadi dambaan banyak muslimah. Wanita karier adalah wanita yang memasuki dunia usaha atau pekerjaan dan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah
  • Amalan Sederhana yang...
    Tausyiah
    Minggu, 15 Mei 2022 - 09:45 WIB
    Setiap orang pasti berharap menjadi ahli surga. Ada beberapa amalan sederhana yang menjadi sebab seseorang dimasukkan ke dalam surga.
  • 3 Hal yang Menyelamatkan...
    Tausiyah
    Jum'at, 13 Desember 2019 - 21:52 WIB
    Dalam Kitab Nashoihul Ibad (kumpulan nasihat bagi para hamba), Syeikh Nawawi Al-Bantani (1813-1897) mengulas hal-hal yang menyelamatkan seseorang dari azab.
  • Solusi Problem Rumah...
    Muslimah
    Selasa, 05 September 2023 - 15:54 WIB
    Islam dan syariatnya adalah solusi bagi kehidupan rumah tangga. Bahkan, Allah Subhanahu wa taala sudah memberikan kunci penghapus dosa. Pembersih kotoran atau dosa itu adalah Istighfar .
  • Benarkah Rezeki Suami...
    Muslimah
    Kamis, 11 Juli 2024 - 05:15 WIB
    Hakikatnya, Allah taala telah memberikan rezeki bagi masing-masing, namun istri adalah jembatan emas bagi suami untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Bolehkah Perempuan atau...
    Muslimah
    Selasa, 28 Juli 2020 - 12:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi. Sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Apakah seorang istri boleh melaksanakan kurban menggantikan posisi suami dan menunaikan kurban untuk keluarganya?
  • Dubai Bangun Masjid...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 17:35 WIB
    Dubai berencana membangun masjid cetak 3D pertama di dunia yang akan siap pada awal 2025.
  • Inilah Amalan di 10...
    Tips
    Minggu, 02 Juni 2024 - 05:15 WIB
    Amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah penting diketahui umat Islam agar tidak terlewat begitu saja karena memiliki banyak keutamaan. Amalan apa saja?
  • Pertama Kali, Kiswah...
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Juli 2022 - 08:50 WIB
    Kiswah (kain penutup) Kakbah, Makkah akan diganti pada 1 Muharram 1444 H. Biasanya, proses penggantian dilakukan setiap 9 Zulhijjah saat jamaah haji menjalani Wukuf di Arafah.
  • Hadis tentang Fadilah...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 11:07 WIB
    Syaikh Muhammad bin Ibrahim At-Tuwaijri dalam Ringkasan Fiqih Islam Bab: Fiqih Al-Quran dan Sunnah (IslamHouse, 2012) menyampaikan beberapa hadis tentang fadilah hari Jumat berikut ini.
  • 12 Amalan yang Dilipatgandakan...
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:15 WIB
    Banyak amalan di bulan Dzulhijjah yang banjir pahala untuk dilaksanakan. Apalagi bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam.
  • Inilah Gambaran Seorang...
    Muslimah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 17:05 WIB
    Istri shalehah akan memberi andil keberhasilan seorang suami di dunia dan juga dapat menolongnya di akhirat. Bisa dikatakan bahwa peran istri dan doanya, akan menjadi jembatan emas bagi suami untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Asal-usul Penamaan Zulkaidah,...
    Hikmah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 07:30 WIB
    Saat ini kita telah memasuki bulan Zulkaidah (Dzulqodah), bulan pertama dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah. Berikut asal-usul penamaan bulan Zulkaidah.
  • 7 Jalan Masuk Kota Makkah:...
    Dunia Islam
    Rabu, 08 Mei 2024 - 14:38 WIB
    Benarkah ada 7 jalan masuk Kota Makkah? Ahli sejarah Makkah, Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani pernah menuliskan bahwa ada tiga pintu masuk utama ke Kota Makkah, yakni Mala, Misfalah, dan Syubaikah.
  • Zikir Bulan Rajab 70...
    Tips
    Selasa, 30 Januari 2024 - 15:44 WIB
    Zikir bulan Rajab 70 Kali berikut ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah ra. Hanya saja, zikir ini bisa dilakukan di hari-hari biasa di luar Rajab