Topik Terkait: Aurat Menurut 4 Mazhab (halaman 3)

  • Perbedaan Adzan dan...
    Tips
    Kamis, 03 November 2022 - 21:12 WIB
    Perbedaan antara adzan dan iqamah pastinya telah banyak diketahui umat Islam. Namun dalam Mazhab Syafii terdapat beberapa perbedaan mendasar terkait dua panggilan ibadah ini.
  • Jin Dapat Melihat Aurat,...
    Tips
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 21:54 WIB
    Ternyata jin dan makhluk gain lainnya dapat melihat aurat manusia. Untuk itu, sebagai muslim kita dianjurkan untuk membaca doa agar para makhluk astral ini tidak dapat melihat aurat kita tersebut.
  • Awas! Sesama Jenis Dilarang...
    Tausyiah
    Selasa, 20 September 2022 - 14:27 WIB
    Islam melarang sesama lelaki, juga sesama perempuan, untuk saling memperlihatkan auratnya. Maknanya, melihat aurat sesama jenis adalah haram, walaupun tidak disertai syahwat.
  • Cerita Ustaz Ahmad Sarwat...
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Januari 2020 - 20:20 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Ahmad Sarwat bercerita tentang perbedaan mazhab yang pernah dialaminya saat mengisi kajian di Masjid An-Nabawi, Cipondoh, Tangerang.
  • Wanita Wajib Menutup...
    Muslimah
    Senin, 25 Oktober 2021 - 09:11 WIB
    Kewajiban menutup aurat banyak dijelaskan dalam Al-Quran dan Al-Hadis. Namun demikian, masih banyak kaum perempuan yang belum mengetahui dalil-dalil tentang kewajiban menutup aurat khususnya untuk berjilbab ini dan bagaimana pula hukumnya.
  • Amalkan Doa Ini agar...
    Tips
    Senin, 03 Oktober 2022 - 10:17 WIB
    Kita disarankan untuk berdoa agar bangsa jin ini tidak bisa melihat aurat kita, sebagai salah satu upaya pencegahan agar terlindungi dari godaan dan gangguan setan.
  • Inilah yang Boleh dan...
    Muslimah
    Jum'at, 20 Mei 2022 - 14:33 WIB
    Selama ini batasan aurat seorang wanita muslimah kerap dipermasalahkan, sebab terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama. Batasan aurat wanita juga turut dibedakan berdasarkan siapa yang melihatnya
  • Biografi Singkat 4 Imam...
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 21:53 WIB
    Berikut ini biografi singkat empat imam Mazhab paling populer Islam. Keempat imam mazhab ini merupakan ulama yang mencapai kedudukan Mujtahid Mutlaq.
  • Doa Agar Jin Tidak Bisa...
    Muslimah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 15:03 WIB
    Doa agar jin tidak bisa melihat aurat kita, merupakan salah satu upaya pencegahan agar terlindungi dari godaan dan gangguan setan. Kenapa demikian?Karena jin bisa melihat manusia sedangkan manusia tidak bisa melihat mereka
  • Dalil Membaca Qunut...
    Tausiyah
    Selasa, 19 November 2019 - 07:30 WIB
    Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) yang juga lulusan S-2 IIQ Jakarta Konsentrasi Ilmu Syariah terkait hukum Qunut dalam salat Subuh dan dalil-dalilnya.
  • Hukum Memasuki Gereja...
    Tausyiah
    Selasa, 04 Mei 2021 - 22:11 WIB
    Terdapat perbedaan pandangan di kalangan para ulama terkait hukum seorang muslim memasuki gereja atau tempat ibadah lain. Berikut penjelasan kalangan Mazhab Syafiiyah.
  • Kenapa Ada Mazhab dalam...
    Tausiyah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 17:07 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Ahmad Sarwat mengulas tentang fiqih perbandingan mazhab saat mengisi kajian di Masjid An-Nabawi, Cipondoh, Tangerang.
  • Penjelasan tentang Suara...
    Muslimah
    Minggu, 12 Februari 2023 - 14:32 WIB
    Sebagai makhluk sosial, perempuan tentu tak lepas dari muamalah atau interaksi dengan laki-laki dalam kesehariannya. Pertanyaannya, apakah suara perempuan termasuk aurat atau bukan?
  • Hukum Puasa bagi Ibu...
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 12:30 WIB
    Seseorang yang hamil dan menyusui boleh meninggalkan puasa jika ia khawatir akan kesehatan diri dan bayinya. Sama saja apakah bayi yang disusui adalah anak kandungnya atau anak susuan saja.
  • Hakikat dan Keutamaan...
    Tausyiah
    Senin, 12 Desember 2022 - 13:23 WIB
    Bertobat dari segala dosa yang pernah dilakukan sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa bertobat, manusia akan menderita kerugian di akhirat selama-lamanya.
  • Amalan Malam Nisfu Syaban...
    Hikmah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 10:14 WIB
    Di malam Nisfu Syaban itu, kaum muslim dianjurkan melakukan amalan-amalan tertentu. Benarkan demikian? Bagaimana pandangan imam 4 Mazhab dalam hal ini?
  • Negara-negara yang Menggunakan...
    Dunia Islam
    Selasa, 09 Januari 2024 - 09:46 WIB
    Negara-negara yang menggunakan Mazhab Hanafi, umumnya adalah umat Islam yang beraliran sunni. Mazhab Hanafi ini tersebar di berbagai negara seperti Irak, Turki, Asia Tengah
  • Dalil-dalil tentang...
    Muslimah
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:14 WIB
    Menutup anggota badan atau aurat yang tidak boleh ditampakkan, hukumnya wajib bagi seorang wanita muslimah. Salah satu perintah tersebut, disebutkan dalam firman Allah Subhanahu wa taala di Al-Quran.
  • Masih Enggan Berhijab?...
    Muslimah
    Minggu, 17 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Di antara kaum muslimah, masih banyak yang enggan berhijab (pakaian yang menutup aurat). Dalih mereka masih menunggu hidayah atau petunjuk Allah SWT untuk melakukannya
  • Sifat Shalat Nabi yang...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Desember 2020 - 22:21 WIB
    Dilematis kadang. Jika kajian fiqih disampaikan hanya satu pendapat saja, ada saja yang bertanya, Bagaimana dengan pendapat lainnya, ustaz?