Topik Terkait: Bank Dunia (halaman 34)

  • Gambaran Kristen Mekkah...
    Dunia Islam
    Minggu, 25 Desember 2022 - 08:05 WIB
    Umat Kristen golongan Nestorian dan golongan Monofisit pada masa Nabi Muhammd SAW adalah kelompok kultural yang paling penting. Berikut penjelasan William Montgomery Watt.
  • 10 Kalimat Zikir yang...
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Januari 2020 - 16:42 WIB
    Orang-orang yang berzikir memiliki tempat mulia di sisi Allah Taala. Salah satu keutamaan berzikir (mengigat Allah) adalah mendapatkan ganjaran kebaikan di dunai dan akhirat.
  • Penyair Cerdas Ibunda...
    Muslimah
    Selasa, 15 September 2020 - 14:58 WIB
    Al-Khansa binti Amru merupakan seorang perempuan saleha yang berparas cantik dan sangat fasih dalam berkata-kata. Kemampuannya dalam merangkai kata-kata menjadi sebait syair sangatlah mengagumkan.
  • Surat yang Disukai Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 04 November 2021 - 21:28 WIB
    Ada satu surat dalam Al-Quran yang membuat Nabi shallallahu alaihi wasallam bahagia ketika Allah menurunkannya. Kesedihan Rasulullah dan sahabat seketika hilang ketika menerima wahyu ini.
  • Tiga Penghafal Quran...
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 16:10 WIB
    Ada tiga penghafal quran pertama dalam sejarah Islam yang memiliki andil mengumpulkan lembaran Alquran sepeninggal Rasulullah SAW.
  • Cara Cerdas Muhammad...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 15:31 WIB
    Muhammad Abduh amatlah cerdas. Beliau menjelaskan rahasia mengapa Islam mengharamkan babi di era modern saat ini dengan sangat masuk akal. Begini ceritanya.
  • Muhammad bin Ali, Arsitek...
    Hikmah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 18:15 WIB
    Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalibadalah perintis Bani Abbasiyah pertama kali. Peletak dasar ide kekhalifahan Abbasiyah dengan mengkampanyekan ahlul bait.
  • Perang Sesama Umat Islam...
    Hikmah
    Senin, 28 November 2022 - 10:56 WIB
    pertikaian yang terjadi dalam peristiwa yang terkenal dengan fitnah al kubra pada zaman khulafa rasyidin semata karena takwil bukan karena tanzil. Apa maksudnya?
  • Dahsyatnya Alquran Mengubah...
    Tausiyah
    Selasa, 05 Juni 2018 - 21:00 WIB
    Kita masih berbicara di seputar Alquran. Kekuatan ruhiyah Alquran itu sedemikian dahsyatnya sehingga sekiranya diturunkan di atas sebuah gunung niscaya gunung itu akan goncang.
  • Pengaruh Mansa Musa...
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:52 WIB
    Kisah Mansa Musa orang terkaya sepanjang masa bertalian dengan penyebaran Islam di Afrika Barat. Di wilayah ini dianggap identik dengan kemajuan. Lalu, bagaimana sejatinya penyebaran Islam di Afrika Barat pada waktu itu?
  • Kisah Al-Mustashim Billah,...
    Dunia Islam
    Senin, 22 November 2021 - 05:15 WIB
    Hulagu Khan mengeluarkan perintah mengeksekusi khalifah dengan cara menggulungnya dengan karpet tebal, lkemudian secara bersama-sama diinjak oleh barisan pasukan kuda Hulagu sampai syahid.
  • Marwan Bin Hakam, Pecahan...
    Dunia Islam
    Minggu, 27 Februari 2022 - 15:44 WIB
    Marwan bin Al-Hakam dibaiat sebagai Khalifah Dinasti Umayyah pada Juni 684 M. Siti Aisyah mengatakan Rasulullah SAW pernah melaknat ayah Marwan dan keturunannya sebagai adalah pecahan laknat Allah.
  • Kisah Mualaf Kanada...
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Januari 2023 - 19:20 WIB
    Namanya Thomas Irving. Dia adalah mualaf asal Kanada. Dia mengenal Islam dari seorang muslim India. Ia lalu banyak membaca buku-buku tentang Isla, juga tafsir al-Quran.
  • Mengenal Tell es-Sultan,...
    Dunia Islam
    Senin, 18 September 2023 - 18:02 WIB
    Situs yang terletak di Lembah Yordan ini diyakini sudah ada sebelum piramida Mesir dan terdiri dari gundukan berbentuk oval yang berisi endapan dan artefak prasejarah.
  • Titik Temu Modern Islam...
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:33 WIB
    Umat Islam selalu yang menginginkan modernisasi dan westernisasi akan tetapi perluasan yang mereka kehendaki itu bermacam-macam, dan acapkali berhenturan dengan umat Islam yang lain.
  • Hagia Sophia Jadi Masjid,...
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 17:09 WIB
    Pascakeputusan pengadilan Turki untuk memberikan kebebasan bagi pemerintah Turki untuk mengkonversi (tepat ya reversi) gedung Hagia Sophia dari sebuah museum ke sebuah masjid kembali dunia ramai membincangkan.
  • Menghidupkan Alquran...
    Tausiyah
    Selasa, 20 Juni 2017 - 06:00 WIB
    Tidak ada permusuhan, tidak ada dusta, tidak ada kebohongan, tidak ada kecurangan dalam rumah tangga, dalam berbisnis, dan berniaga, sehingga kita benar-benar berjalan bersama Alquran.
  • Kaum Rafidhah Mempercayai...
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Oktober 2023 - 09:30 WIB
    Kaum Rafidhah mempercayai, para imam itu bebas dosa, atau mashum. Mereka berjumlah 12 orang. Sembilan di antaranya berasal dari keluarga Nabi (Ahlul Bayt).
  • Nabi Isa dan Dunia:...
    Hikmah
    Rabu, 29 September 2021 - 16:27 WIB
    Nabi Isa as berjumpa dengan seorang wanita tua yang berwajah amat buruk. Akulah dunia, kata nenek tua buruk rupa itu. Nabi Isa as bertanya kepadanya, berapa orang suami yang pernah ia punyai.
  • Dinasti Ghaznawi, Kesultanan...
    Dunia Islam
    Kamis, 10 Maret 2022 - 09:01 WIB
    Dinasti Ghaznawi didirikan oleh Alptigin, seorang budak dari dinasti Samaniah, pada permulaan paruh kedua abad X Masehi. Mulanya ini hanyalah sebuah kerajaan kecil yang penuh intrik