Topik Terkait: Berbuka Dengan Kurma (halaman 3)

  • Makanan Paling Afdhol Saat Berbuka Puasa, Ini Khasiatnya
    Tips
    Kamis, 15 April 2021 - 14:24 WIB
    Berbuka puasa merupakan momentum membahagiakan karena selain dapat melepas lapar dan dahaga, juga waktu diijabahnya doa-doa. Lalu, apa makanan paling afdhol (paling utama) ketika berbuka puasa?
  • Memberi Makan Berbuka Puasa Pahalanya Sungguh Menggiurkan
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 02:54 WIB
    Salat mengantarkan seseorang pada separuh jalan. Puasa mengantarkannya pada pintu raja. Sedekah nantinya akan mengambilnya dan mengantarnya pada raja.
  • Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah
    Tips
    Selasa, 13 April 2021 - 13:31 WIB
    Waktu berbuka puasa tentunya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu dan membahagiakan bagi seluruh umat islam yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Untuk berbuka ini, ada cara berbuka puasa sesuai sunnah Rasulullah.
  • Anjuran Tawakkal dan Makan 7 Butir Kurma Ajwah
    Hikmah
    Kamis, 16 April 2020 - 16:59 WIB
    Syeikh Prof Abdur Rozzaq mengatakan, syariat Islam mengajarkan untuk mengambil sebab-sebab (pencegahan sebelum sakit) dan berobat ketika sakit. Namun, tidak menafikan tawakkal kepada Allah.
  • Catat! Begini Cara Batalkan Puasa Ramadhan di MRT Jakarta
    Dunia Islam
    Rabu, 14 April 2021 - 06:36 WIB
    PT Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta perbolehkan penggunanya batalkan puasa dengan air putih ataupun buah kurma.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Inilah Hukum Menamai Anak dengan Nama-nama Malaikat
    Muslimah
    Senin, 26 Oktober 2020 - 16:43 WIB
    Nama biasanya dikaitkan dengan doa-doa orang tuanya. Salah satunya keinginan memberikan nama anak yang baru lahir dengan nama-nama malaikat. Namun bagaimana hukumnya menurut pandangan syariat?
  • Bolehkah Membaca Al Quran dengan Aurat yang Masih Terbuka?
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 08:11 WIB
    Kegiatan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sangat dianjurkan. Hanya saja, masih ada perempuan muslimah yang ketika membaca Al-Quran ini, dengan aurat yang masih terbuka. Bagaimana hukumnya?
  • Bacaan Zikir Sebelum Berbuka Puasa Ramadhan
    Tips
    Selasa, 20 April 2021 - 14:59 WIB
    Di antara zikir yang dianjurkan sebelum berbuka puasa Ramadhan dinukil dari Kitab Al-Adzkar dan lainnya. Berikut bacaan zikir sebelum berbuka puasa.
  • Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa
    Hikmah
    Kamis, 22 Juni 2017 - 11:50 WIB
    Tim Spirit of Ramadan (SOR) PPPA Daarul Quran masih &nbspterus istiqomah berjelajah memberikan manfaat menjelang akhir Ramadan.
  • Kisah Dusta? Ali bin Abu Thalib Duel dengan Jin di Sebuah Sumur
    Hikmah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 19:48 WIB
    Para sahabat di belakang Ali merinding ketakutan tetapi Ali gagah melangkah menebas kepala-kepala itu, dan akhirnya diapun mengambil air dari sumur anker tersebut.
  • Kisah Abu Hurairah dan Kurma yang Tak Pernah Habis
    Hikmah
    Kamis, 05 November 2020 - 16:50 WIB
    Abu Hurairah radhiyallahu anhu adalah sahabat Nabi yang terkenal dan periwayat hadis Nabi paling banyak (sekitar 5.374 hadis). Beliau punya kisah hilangnya kaleng kecil berisi kurma.
  • KH Cholil Nafis: Jangan Sampai Ada Tetangga Tak Bisa Berbuka Puasa
    Tausyiah
    Jum'at, 24 April 2020 - 17:11 WIB
    KH Muchamad Cholil Nafis mengemukakan, momentum puasa di tengah wabah ini dapat dimanfaatkan untuk membangun keakraban dengan keluarga.
  • Beginilah Sikap Imam Syafii ketika Berdebat dengan Orang Jahil
    Hikmah
    Senin, 22 Januari 2024 - 10:13 WIB
    Soal debat, ada kisah menarik dari Imam Syafii atau Abu Abdillah Muhammad bin Idris Asy-Syafii). Sikap ulama Imam Mazhab ini, patut kita contoh ketika menghadapi orang-orang bodoh (jahil).
  • Obat Hati adalah Berteman dengan Orang Shaleh, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 14 September 2022 - 09:20 WIB
    Berteman dengan orang shaleh bisa menjadi obat untuk hati di kala diri merasa banyak dosa. Imam Al Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar bahkan menyebutkan bahwa berteman dengan orang shaleh adalah obatnya hati.
  • Inilah Minuman Favorit Rasulullah, Cocok Dikonsumsi di Bulan Ramadhan
    Tips
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 18:11 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam patut dicontoh dalam urusan makan dan minum. Sebab apa yang dikonsumsi beliau adalah hidangan paling berkah dan sehat.
  • Begini Cara Rasulullah SAW Berbuka Puasa
    Tips
    Selasa, 28 April 2020 - 17:38 WIB
    Bagi orang berpuasa ada dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika berjumpa Rabbnya. Di antara sunnah yang dianjurkan saat puasa adalah menyegerakan waktu berbuka.
  • Tradisi lokal sirungguk, hiburan rakyat menunggu berbuka puasa
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2013 - 07:42 WIB
    Tradisi Sirungguk (orang yang dibalut dengan akar dan rumput pohon) menjadi hiburan rakyat menjelang berbuka puasa di Kelurahan Parausorat, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Tradisi ini disebut-sebut sudah ada sejak zaman dulu.
  • Kesederhanaan Rasulullah SAW Saat Berbuka Puasa
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 17:01 WIB
    Nabi Muhammad Shallallahualaihi wa sallam adalah sebaik-baiknya teladan manusia dalama kesederhanaan. Padahal, Rasulullah adalah pemimpin negara dan pemimpin umat, namun untuk berbuka puasa saja, Nabi SAW sangat sederhana.
  • Berpuasa Ketika Safar, Tetap Puasa Atau Berbuka?
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 03:45 WIB
    Bagaimana hukum berpuasa ketika Safar (dalam perjalanan)? Apakah tetap berpuasa atau berbuka? Berikut penjelasan yang dinukil dari beberapa Hadis Nabi shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Hukum Bersedekah Menggunakan Uang Judi
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:58 WIB
    Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat mulia, bahkan sangat berpahala. Untuk mengamalkanya, harus dilakukan dengan cara yang baik dan mulia pula.