Topik Terkait: Berita Duka (halaman 3)

  • Perkiraan Meleset Imam As-Suyuthi dan As-Suhailiy tentang Kapan Kiamat
    Hikmah
    Senin, 20 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Perihal kiamat ini, As-Suyuthi menentukan tahun tertentu. Namun waktu yang ia perkirakan ternyata telah berlalu dan tidak terjadi kiamat sama sekali, bahkan belum juga muncul tanda-tandanya.
  • Kesimpulan Penelitian Dua Intelektual Muslim: Kiamat Terjadi Tahun 2280 M
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Februari 2021 - 08:49 WIB
    Prediksi Dr Bahaiy ini diperkuat oleh Edip Yuksel yang mengaku telah mengetahui rahasia kode al-Qur?an yang menunjukkan hari kiamat akan terjadi pada tahun 1710 H/2280 M
  • 6 Tempat Terjadinya Tanda-tanda Hari Kiamat
    Hikmah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 07:30 WIB
    Rasulullah SAW mengabarkan tanda-tanda Kiamat baik kecil maupun besar dalam banyak riwayat Hadis. Beberapa di antaranya telah terjadi di beberapa tempat.
  • Tanda-tanda Hari Kiamat, Munculnya 70 Orang Pembohong
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 19:50 WIB
    Dalam buku Risalah Ahlussunah wal Jamaah hasil pemikiran KH Muhammad Hasyim Asyari menguraikan beberapa Hadis tentang Kiamat. Salah satunya kemunculan 70 orang pembohong.
  • Ibnu Katsir Urai Ayat dan Hadits Tentang Asap Pekat, Hujan Deras, dan Halilintar Jelang Kiamat
    Tausyiah
    Rabu, 29 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir menyampaikan sejumlah ayat dan Sunnah tentang beberapa peristiwa menjelang datangnya hari kiamat. Peristiwa itu antara lain datangnya asap pekat, hujan deras, dan halilintar.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Suka Duka Petugas Antar Jemaah Haji Kesasar: Dimarahi, Dipukul, hingga Dicium Tangannya
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juni 2023 - 00:02 WIB
    Menjadi petugas haji yang bertugas melayani para tamu Allah di Tanah Suci Makkah dan Madinah bukan pekerjaan mudah. Diperlukan ketulusan, keikhlasan, dan kesabaran dalam melayani para jemaah haji.
  • Ibnu Katsir: Jelang Kiamat, Seluruh Ahli Kitab Beriman Kepada Nabi Isa
    Tausyiah
    Selasa, 28 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan menjelang kiamat, seluruh Ahli Kitab beriman dengan iman yang pokok kepada Nabi Isa bin Maryam sebelum kematian dan setelah turunnya,
  • Keadaan Bumi Ketika Terjadi Hari Kiamat, Ini Sekilas Gambarannya
    Hikmah
    Senin, 30 Oktober 2023 - 20:52 WIB
    Hari Kiamat merupakan perkara yang wajib diyakini dan diimani setiap muslim karena termasuk salah satu dari rukun iman. Seperti apa keadaan bumi di Hari Kiamat? Simak ulasan berikut.
  • Makna dan Keutamaan Kalimat Istirja
    Tausyiah
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 08:29 WIB
    Makna dan keutamaan kalimat istirja: Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun sungguh sangat dalam. Kalimat ini belum dipraktikan oleh umat para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 15: Peringatan Al-Quran Terhadap Penyebar Hoaks
    Tausyiah
    Kamis, 21 September 2023 - 20:50 WIB
    Islam tak hanya menaruh perhatian terhadap perkara ibadah semata, tetapi juga memberi tuntunan dalam hal adab dan hubungan antarmanusia. Salah satunya melarang umatnya menyebarkan hoaks.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 11: Pelajaran dari Kasus Hoax yang Menimpa Istri Rasulullah
    Hikmah
    Minggu, 03 September 2023 - 16:37 WIB
    Tadabbur ayat kali ini menceritakan kasus hoax atau berita bohong yang menimpa istri Rasulullah ?, Sayyidah Aisyah tadhiyallahu anhu. Berikut hikmah dan pelajarannya.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 16: Adab dan Ucapan Ketika Mendengar Kabar Gosip dan Hoaks
    Tausyiah
    Minggu, 24 September 2023 - 13:14 WIB
    Lanjutan tadabbur Surat An-Nuur ini menerangkan tentang adab (sikap) seorang mukmin ketika mendengar berita bohong atau hoaks, maupun kabar gosip.
  • Duka Umar bin Abdul Aziz Ketika Diangkat Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 16 November 2021 - 05:15 WIB
    Umar bin Abdul Aziz tidak memiliki ambisi menjadi khalifah. Ia bahkan berniat menghindar. Begitu ia tahu harus menggantikan Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik ia menangis dan berucap, Innalillah...
  • Tadabbur An-Nur Ayat 20: Kalau Bukan karena Rahmat-Nya, Penyebar Berita Bohong Sudah Ditimpa Azab
    Hikmah
    Rabu, 18 Oktober 2023 - 21:32 WIB
    Lanjutan tadabbur Surat An-Nur ini menerangkan karunia dan rahmat Allah yang Maha luas. Ayat ini menjadi nasihat berharga untuk ditadabburi dan kita syukuri.
  • Kiamat Sudah Dekat (3): Sungai Eufrat Mengering dan Gunung Emas Itu Nyata
    Tausyiah
    Rabu, 17 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Di sisi lain, pada Februari kemarin, muncul gunung emas di Kongo. Inilah yang mengundang sebagian umat Islam untuk mengaitkan dua perisiwa tersebut sebagai tanda bahwa dunia akan segera fana.
  • Tadabbur An-Nur Ayat 13: Menuduh Tanpa Saksi Atau Bukti Dicap Pendusta Oleh Allah
    Hikmah
    Senin, 11 September 2023 - 17:11 WIB
    Surat An-Nur Ayat 13 ini merupakan pelajaran berharga sekaligus peringatan kepada manusia agar tidak sekali-kali menuduh orang lain tanpa saksi atau bukti konkret.
  • Jelang Kiamat: Ibadah Haji Ditiadakan, Kakbah akan Jadi Sasaran Perusakan
    Tausyiah
    Senin, 13 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Sebuah hadis menyebut, kiamat tidak akan terjadi hingga ibadah haji tidak ditunaikan. Ibnu Katsir juga menjelaskan tentang kemunculan Dzu as-Suwaiqatain dan penghancuran Kakbah .
  • Tadabbur Surat An-Nur Ayat 18: Allah Menjelaskan Syariat-Nya Secara Terperinci
    Hikmah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 08:05 WIB
    Lanjutan tadabbur Surat An-Nur ini menegaskan bahwa Allah menjelaskan syariat-Nya secara terperinci baik akhlak, adab, dan perbuatan yang diridhai-Nya.
  • Malam Panjang, Proses Matahari Terbit dari Barat Tanda Awal Kiamat
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 09:34 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan sejumlah hadits yang menjelaskan bahwa masih ada orang yang melakukan qiyamullail pada detik-detik menjelang matahari terbit dari barat.
  • Ustaz Maaher Wafat, Dai di Indonesia Sampaikan Duka Cita
    Hikmah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 10:31 WIB
    Belum hilang kesedihan atas wafatnya para ulama dan Dai di Indonesia, kabar duka kembali menyelimuti umat Islam Indonesia. Ustaz Maaher At-Thuwailibi wafat di Rutan Mabes Polri, Senin (8/2/2021) malam.