Topik Terkait: Budaya Jawa (halaman 154)

  • Baginda Meminta Abu...
    Hikmah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 08:39 WIB
    Suatu kali Baginda memberi hadiah seekor keledai kepada Abu Nawas. Sudah barang tentu, Abu Nawas senang. Namun kesenangan itu sirna, Baginda minta Abu Nawas mengajari keledai itu membaca.
  • Hati-hati dengan Pandangan...
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:39 WIB
    Pandangan mata yang khianat, apa maksudnya? Benarkah ia sama dengan zina mata atau zina hati? Bagaimana hukumnya dalam pandangan Islam?
  • 3 Nasihat Berharga Habib...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:47 WIB
    Nasihat Habib Alwi bin Syekh bin Syeikh Abu Bakar ini patut kita jadikan pelajaran berharga bahwa segala kebaikan sekecil apapun tidak boleh kita remehkan.
  • Wasiat Dorce Agar Jenazahnya...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 06:28 WIB
    Artis senior Dorce Gamalama yang kini tengah terbaring sakit telah menyampaikan wasiat ingin jenazahnya kelak diperlakukan sebagai perempuan. Bagaimana menurut Islam?
  • Ketika Baginda Menganggap...
    Hikmah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 07:04 WIB
    Aparat Raja Sulaiman, termasuk jin Ifrit sanggup memindahkan singgasana Ratu Bilqis, maka Baginda Harun Ar-Rasyid berasumsi bahwa Abu Nawas juga memiliki kedigdayaan yang sama.
  • Jangan Putus Asa, Allah...
    Tausyiah
    Senin, 31 Januari 2022 - 18:14 WIB
    Pengasuh Ponpes Al-Hawthoh Al-Jindaniyah Habib Ahmad bin Novel bin Salim Jindan menyampaikan kabar gembira kepada orang-orang yang bertobat. Berikut pesannya.
  • Kisah Terbunuhnya Nabi...
    Hikmah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Hanzalah ibn Safwan adalah seorang nabi yang dibunuh penduduk Rass sehingga Allah SWT mengazab kaum ini. Mereka dibenamkan Allah dengan bukit Al-Harits dan bukit Al-Huwairits.
  • Peristiwa di Bulan Rajab:...
    Hikmah
    Minggu, 06 Februari 2022 - 09:32 WIB
    Perisiwa di bulan Rajab salah satunya adalah isra dan mikraj Nabi Muhammad SAW. Isra Mikraj terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 kenabian, dan inilah yang populer.
  • Inspirasi Nama-nama...
    Muslimah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 14:09 WIB
    Banyak nama bayi yang lahir di bulan Rajab, terinspirasi dari bulan istimewa ini. Sebagai bulan istimewa dalam kalender Islam, bulan Rajab banyak keutamaan dan doa-doa didalam mengisi dan mengamalkannya.
  • Ini yang Dilakukan Umar...
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 16:12 WIB
    Para ulama berbeda pendapat tentang berapa lama suami wajib menyetubuhi istrinya. Kisah Umar bin Khattab dijadikan dasar bahwa setidaknya enam bulan sekali.
  • Doa Al-i’tiraf, Cara...
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 07:46 WIB
    Abu Nawas adalah seorang pujangga. Ia selalu memiliki jawaban pada setiap pertanyaan yang diajukan santrinya. Seorang santri bertanya: Wahai guru, mungkinkah manusia bisa menipu Tuhan?
  • 7 Penawar Penyakit Hati...
    Muslimah
    Rabu, 26 Januari 2022 - 07:30 WIB
    Sebagian besar penyakit hati, seringkali teridap oleh mayoritas kaum wanita. Mereka sering disibukkan dengan hal-hal duniawi dan perkara lainnya yang membuatnya terfitnah
  • Amalkan Ini di Hari...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 05:10 WIB
    Di antara amalan yang dapat melebur dosa-dosa adalah bersegera ke Masjid menunaikan sholat Jumat dengan berjalan kaki. Berikut fadhilahnya disampaikan Nabi.
  • Bolehkah Sholat Tahiyatul...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Januari 2022 - 21:49 WIB
    Pertanyaan ini sering muncul di kalangan muslim, ketika masuk musholla apakah disunnahkan sholat Tahiyatul Masjid atau adakah sholat Tahiyatul Masjid ketika masuk Musholla?
  • Kisah Nabi Hanzalah,...
    Hikmah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Hanzhalah diutus Allah pada kaum Rass, yakni kaum keturunan Tsamud pada era Nabi Shaleh AS. Selain penyembah pohon, kaum Rass juga melakukan seks menyimpang yakni gemar melakukan anal seks.
  • Rumah Sempit dan Ingin...
    Hikmah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 12:17 WIB
    Abu Nawas bilang, sebenarnya batas sempit dan luas itu tertancap dalam pikiranmu. Kalau engkau selalu bersyukur atas nikmat dari Tuhan maka Tuhan akan mencabut kesempitan dalam hati dan pikiranmu.
  • Inilah Waktu Terbaik...
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 08:52 WIB
    Dalam Fikih Manhaji, Imam Syafii disebutkan bahwa waktu terbaik untuk sholat Sunnah Dhuha bahwa untuk melaksanakan ibadah dhuha yang mustajab bisa melihat tanda-tanda alam.
  • Anjuran Memuliakan Janda,...
    Muslimah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 10:19 WIB
    Dalam beberapa kitab, ada anjuran memuliakan janda. Memuliakan tidak harus dengan menikahi, bisa juga dengan membantu kebutuhannya karena membantu kehidupan janda dan orang miskin sangat besar pahalanya.
  • Kutukan Nabi Nuh kepada...
    Hikmah
    Senin, 24 Januari 2022 - 14:28 WIB
    Nabi Nuh AS mendoakan yang baik-baik kepada anak sulungnya, Sam, tapi tidak pada dua putranya yang lain: Ham dan Yafits. Sam didoakan keturunannya menjadi nabi dan orang-orang saleh.
  • Efek Zina: Anak yang...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 07:33 WIB
    Anak hasil zina tidak mempunyai hubungan nasab, wali, nikah, waris, dan nafkah dengan lelaki yang mengakibatkan kelahirannya. Anak hasil zina hanya memiliki hubungan dengan ibu.