Topik Terkait: Cara Rasul Atasi Problem Rumah Tangga (halaman 2)

  • Istri dan Pekerjaan Domestik Rumah Tangga Menurut Syariat
    Muslimah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 09:17 WIB
    Dalam kehidupan rumah tangga, suami dan istri memiliki kedudukan dan kewajibannya masing-masing. Bahkan, syariat Islam telah mengatur sedemikian rupa tugas dan kewajiban seorang suami maupun istri.
  • Muamalah dalam Rumah Tangga Menurut Al-Quran dan Hadis Nabi
    Muslimah
    Minggu, 08 Agustus 2021 - 19:14 WIB
    Suami dan istri adalah cerminan dalam sebuah keluarga. Jika suami istri shaleh dan shalehah maka akan tercipta keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah. Keluarga yang diberkahi Allah Taala.
  • Besarnya Pahala Orang Tua Mendidik Anak Perempuan
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:02 WIB
    Bagi orang-orang muslim dan mukmin, tidak perlu susah-susah untuk menentukan cara mendidik anak. Sebab, Islam telah mengajarkan metode pendidikan anak ala Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Tak Puas pada Pasangan? Dengarlah Nasehat Umar bin Khattab Ini
    Muslimah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:27 WIB
    Ajaran Islam telah menetapkan syariat yang mengandung berbagai macam mutiara hikmah, pengarahan dan solusi bagi berbagai macam permasalahan dalam pernikahan dan rumah tangga.
  • Tata Cara Menguburkan Jenazah Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:45 WIB
    Umat muslim wajib mengetahui tata cara menguburkan jenazah sesuai syariat islam. Mengurus jenazah muslim hukumnya fardhu kifayah. Berikut tata caranya.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • 7 Tanda Rumah Tangga Islami, Nomor 3 Jadi Orang Tua Teladan
    Muslimah
    Senin, 19 September 2022 - 11:20 WIB
    Mendambakan rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah (penuh ketentraman, berkasih sayang dan dirahmati Allah Taala), pasti keinginan semua orang
  • Pentingnya Saling Memahami Kekurangan Pasangan dalam Rumah Tangga
    Muslimah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 13:37 WIB
    Pondasi awal dalam berumah tangga yang perlu ditanamkan dalam diri adalah pasangan kita atau diri kita sendiri bukan seorang yang sempurna. Kita adalah pasangan yang memiliki kelemahan.
  • Inilah Hak-hak Istri Atas Suami
    Muslimah
    Sabtu, 17 Oktober 2020 - 17:14 WIB
    Islam juga menentukan hak-hak di antara suami dan istri yang dengan menjalankan hak-hak tersebut, maka akan tercapai ketenteraman dan keberlangsungan lembaga.
  • 8 Manfaat Mempelajari Kisah Nabi dan Rasul
    Tausiyah
    Jum'at, 25 Oktober 2019 - 17:05 WIB
    Beriman kepada Nabi dan Rasul merupakan rukun iman yang wajib diyakini setiap muslim. Ada 8 manfaat mempelajari kisah Nabi dan Rasul.
  • Akhlak Suami, Barometer Kebaikan Rumah Tangganya?
    Muslimah
    Rabu, 12 Januari 2022 - 09:11 WIB
    Rumah tangga yang baik akan dipenuhi akhlak karimah dan kelembutan di dalamnya. Sehingga, setiap muslim dalam rumah tangganya haruslah instropeksi jika selama ini rumah tangganya dipenuhi hubungan saling durhaka.
  • Doa Pengusir Jin dari Rumah dan 8 Cara Pencegahannya
    Tips
    Selasa, 28 Desember 2021 - 13:16 WIB
    Doa pengusir jin dari rumah adalah dengan membaca Al-Quran surat Al-Baqarah satu surat penuh. Agar setan tak gemar bermain di rumah kita perlu dua cara: pengobatan dan pencegahan.
  • 4 Sunnah Rasul Sebelum Tidur, Nomor 1 Sering Diremehkan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 18:30 WIB
    Tak ada manusia yang hidupnya paling berkah dan paling produktif kecuali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Berikut 4 Sunnah Rasul sebelum tidur patut kita tiru.
  • Begini Doa dan Cara Tobat  Para Rasul Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Minggu, 20 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Siapa yang bisa menghindarkan dirinya sama sekali dari perbuatan dosa? Di sini istighfar berfungsi sebagai perangkat untuk menghilangkan kekurangannya, dan yang dapat mencucinya dari kotoran dosa
  • Tanda-tanda Rumah Tangga Diganggu Sihir dan Jin
    Muslimah
    Minggu, 05 Desember 2021 - 13:17 WIB
    Keberadaan sihir dalam Islam telah diakui sebagaimana Allah firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 102 bahwa sihir dapat mencelakaan seseorang dan mendatangkan manfaat atas izin Allah.
  • Inilah Cara-cara Mengingat Kematian
    Muslimah
    Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:08 WIB
    Di manapun, kapanpun, dan dalam keadaan bagaimanapun, kematian itu pasti akan datang menyergap, baik dalam keadaan siap atau tidak, baik dalam keadaan baik atau buruk, kematian adalah suatu kepastian.
  • KDRT Diharamkan dalam Islam! Suami dan Istri Harus Pahami Hakikat Pernikahan
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 21:14 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan
  • Hak Suami Harus Dipenuhi, Hak Istri Wajib Ditunaikan
    Muslimah
    Rabu, 26 Agustus 2020 - 08:15 WIB
    Umumnya, percikan konflik dalam rumah tangga seringkali berakar dari diabaikannya hak-hak istri atau suami oleh pasangan mereka. Ada hak-hak yang tidak ditunaikan, salah satunya adalah soal hak-hak istri tersebut.
  • Ketika Ada Dusta Di Antara Pasutri, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:06 WIB
    Kesalahan atau aib masa lalu yang kita tutupi rapat-rapat tiba-tiba tersingkap oleh pasangan, bolehkah seorang istri atau suami berdusta? Atau ketika ada masalah rumah tangga kemudian takut membesar, maka berbohong tentangnya? Bolehkah berdusta?
  • Berdiet Cara Rasulullah : Aman, Mudah dan Halal
    Tips
    Sabtu, 10 September 2022 - 15:31 WIB
    Dalam ajaran Islam memiliki kesehatan dan postur ideal untuk tubuh adalah hal yang dianjurkan. Namun Islam juga tidak membenarkan jika cara diet yang dilakukan terlalu berlebihan apalagi menggunakan bahan-bahan yang haram.
  • Rumah Tangga Miskin Pasangan Ali Bin Abi Thalib dan Sayyidah Fatimah
    Hikmah
    Jum'at, 13 November 2020 - 10:38 WIB
    Lantai rumahnya ditaburi pasir halus. Dari dinding ke dinding lain dipancangkan sebatang kayu untuk menggantungkan pakaian. Untuk duduk-duduk disediakan beberapa lembar kulit kambing.