Topik Terkait: Curhat Dalam Islam (halaman 23)

  • Mengapa Riba Sangat...
    Tausyiah
    Kamis, 08 Agustus 2024 - 09:44 WIB
    Islam tidak melarang berutang namun syriat sangat melarang bahkan mengharamkan riba. Mengapa demikian dan apa alasannya?
  • 4 Bidang Utama Sasaran...
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 11:44 WIB
    Penjabaran yang merinci hukum-hukum al-Quran memperlihatkan adanya empat bidang utama yang menjadi sasaran dari hukum itu, yakni bidang ibadat, bidang muamalat, bidang munakahat dan bidang jinayat.
  • Hukum Mencari Jodoh...
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Hukum mencari jodoh lewat aplikasi dalam pandangan Islam adalah boleh. Prinsipnya, dalam mencari jodoh itu dilakukan dengan cara baik dan menghindari pacaran yang bisa membawa maksiat.
  • Batas-Batas yang Diperbolehkan...
    Tausyiah
    Jum'at, 08 September 2023 - 08:50 WIB
    Tertawa dan bersendau gurau tidak diragukan kebolehannya menurut syariat, Tetapi dia juga terikat dengan persyaratan-persyaratan yang harus dijaga.
  • Milik Siapakah Mahar...
    Muslimah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Mahar pernikahan selebriti jadi trending topik. Bagaimana sebenarnya mahar pernikahan itu dalam pandangan syariat? Lantas, siapakah pemilik mahar tersebut, istri atau mertuanya?
  • Terlarangnya Nepotisme,...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Agustus 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, tindakan nepotisme harus dihindari bahkan dilarang melakukannya. Ada sejumlah ayat yang menjelaskan atau mengindikasikan tentang pentingnya menghindari nepotisme ini.
  • Hukum Mengambil Anak...
    Tausyiah
    Rabu, 04 September 2024 - 21:13 WIB
    Orang-orang Arab di masa jahiliah dan begitu juga bangsa-bangsa lainnya, banyak yang menisbatkan orang lain dengan nasabnya dengan sesukanya, dengan jalan mengambil anak angkat.
  • Inilah Karakter Buruk...
    Muslimah
    Jum'at, 12 Maret 2021 - 09:01 WIB
    Disamping kedahsyatan penciptaan manusia dan struktur yang ada dalam tubuhnya, manusia juga dianugerahi beberapa karakter buruk yang jika tidak diobati, maka akan merugikan manusia itu sendiri.
  • TGB: Menerima Keragaman...
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Mei 2022 - 15:32 WIB
    Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia TGB HM Zainul Majdi mengatakan, keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah anugerah. Keragaman ini pun harus disyukuri dan diterima dengan baik.
  • Inilah Para Pendusta...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 06:44 WIB
    Ingin tahu siapa saja para pendusta agama dan yang mendustakan hari pembalasan? Surat Al Maun menjelaskannya kepada kita siapa saja mereka.
  • Begini Kondisi Wilayah...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 09:51 WIB
    Ketika Palestina masuk di bawah pemerintahan Islam pada masa kekhalifahan Umar bin Khathab ra, wilayah ini dianggap sebagai bagian dari negeri Syam.
  • Seni Islam: Tidak Harus...
    Tausyiah
    Kamis, 30 Mei 2024 - 09:11 WIB
    Kesenian Islam tidak harus berbicara tentang Islam. Ia tidak harus berupa nasihat langsung, atau anjuran berbuat kebajikan, bukan juga penampilan abstrak tentang akidah.
  • Ketika Masa Depan Islam...
    Dunia Islam
    Kamis, 28 September 2023 - 12:29 WIB
    Setelah pelarangan abaya di sekolah umum, ambang batas baru telah terlampaui dalam Islamofobia yang sudah tidak terkendali di Prancis. Serangan terbaru terhadap Islam sangatlah parah,
  • Ikadi Tegaskan Ormas...
    Dunia Islam
    Minggu, 27 Maret 2022 - 01:03 WIB
    Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) KH Ahmad Kusyairi Suhail menegaskan kembali identitas Ikadi sebagai ormas perekat umat dan bangsa.
  • 3 Jenis Kisah Israiliyat,...
    Hikmah
    Senin, 21 Maret 2022 - 14:03 WIB
    Riwayat israiliyat dapat dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, sahih dan sesuai ajaran Islam. Kedua, tawaqquf. Kategori terakhir, adalah batil/bohong dan bertentangan dengan ajaran agama.
  • Hukum Salat Jumat Ketika...
    Tausyiah
    Rabu, 15 November 2023 - 18:04 WIB
    Setiap muslim yang baligh diwajibkan mengerjakan salat Jumat dan meninggalkan segala perniagaan dan usaha dunia. Bagaimana jika seseorang dalam perjalanan, apakah wajib sholat Jumat?
  • Bagaimana Hukum Pemilu...
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:08 WIB
    Bagaimana hukum pemilu dalam Islam? Sikap para ulama terhadap pemilu terbagi menjadi dua kelompok dengan pandangan yang berbeda: mengharamkan dan menghalalkan.
  • Dandanan Wanita yang...
    Muslimah
    Senin, 17 Juli 2023 - 12:31 WIB
    Dalam sebuah hadis disebutkan beberapa sifat wanita yang diancam tidak mencium bau surga, yaitu para wanita berpakaian tetapi telanjang, wanita maa-ilaat wa mumiilaat, dan wanita-wanita yang kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Apa maksud seperti punuk unta ini?
  • Al-Quran Salah Satu...
    Hikmah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:47 WIB
    Imam Chirri menjelaskan bahwa banyak faktor yang menyebabkan meluasnya Islam. Saya tidak akan menyebutkan semuanya, tetapi saya dapat menunjukkan beberapa faktor, ujarnya lalu menyebut salah satunya adalah al-Quran.
  • Asy-Syifa’ binti Abdullah,...
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 09:10 WIB
    Sosok ini dikenal sebagai seorang muslimah yang pandai dan berilmu tinggi, di masa awal datangnya Islam. Di mana pada saat itu hanya segelintir perempuan yang diperbolehkan menulis dan membaca.