Topik Terkait: Fakhitah Binti Abi Thalib (halaman 6)

  • Penghulu Wanita di Surga, Sayyidah Fatimah Wafat di Bulan Ramadhan
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 16:11 WIB
    Rasulullah mengabarkan pada Fatimah, ia adalah orang pertama dari keluarganya yang akan menyusulnya. Beliau berkata: Tidakkah engkau ridha, menjadi penghulu wanita di surga?
  • Pemalsuan Hadis Marak setelah Perang antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah
    Hikmah
    Sabtu, 07 Oktober 2023 - 13:57 WIB
    Gerakan pemalsuan hadis yang dipelopori oleh kaum Rafidhah, seusai perang antara Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah bin Abu Sofyan, dapat diatasi dengan metode tersebut.
  • Pembangunan Irak di Era Umar bin Khattab dan Fitnah Atas Saad bin Abi Waqqash
    Hikmah
    Kamis, 12 November 2020 - 15:33 WIB
    Ada lagi golongan yang melaporkan Saad kepada Umar, bahwa salatnya tidak becus. Umar mengutus orang untuk menanyakan kepada penduduk tentang kebenaran berita tersebut.
  • Hati Siti Aisyah Tersayat-sayat  Meratapi Akhir Tragis Muhammad bin Abu Bakar
    Hikmah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 19:13 WIB
    Muawiyah bin Hudaij naik pitam. Pedang diayun memenggal leher Muhammad bin Abu Bakar. Jenazahnya dijejalkan ke dalam perut keledai, kemudian dibakar sampai hangus.
  • Muawiyah Tinggal di Istana Megah, Ali bin Abu Thalib: Itu Istana Celaka!
    Hikmah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 16:11 WIB
    Ali bin Abu Thalib r.a. memakai baju seharga tiga dirham, menelan makanan serba kasar dan kering. Kekayaan kaum muslimin dibagi di antara mereka semua berdasarkan keadilan tanpa pilih kasih.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah-Kisah Mengharukan Jelang Wafatnya Rasulullah SAW
    Hikmah
    Minggu, 15 November 2020 - 13:13 WIB
    Menanggapi perkataan Umar itu para sahabat berselisih pendapat. Ada yang minta supaya segera disediakan alat tulis agar Rasulullah menuliskan wasiatnya yang terakhir.
  • Abu Dzar Al-Ghifari (5): Kepedihan Ali Bin Abu Thalib, Hasan, dan Husein
    Hikmah
    Minggu, 17 Oktober 2021 - 15:19 WIB
    Rasulullah sempat mengatakan pada Abu Dzar bahwa dirinya akan diusir dari Madinah dan tinggal di tempat sunyi di Rabzah. Di sana akan mati dan akan dikubur oleh sekelompok orang Irak.
  • Renungan: Menghabiskan Umur untuk Perut, Sesekali Lapar Itu Baik
    Hikmah
    Sabtu, 17 April 2021 - 04:57 WIB
    Imam Al Ghazali memberi wejangan bahwa untuk menjadi manusia yang unggul dan dekat dengan Tuhan adalah dengan lapar. Dengan lapar, maka mata hati akan terbuka menerima kehadirat Tuhan.
  • 21 Nasihat Bijak Ali bin Abi Thalib, Nomor 20 Sangat Populer
    Tausyiah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 07:45 WIB
    Sayyidina Ali bin Abi Thalib karramallahu wajhah dikenal sebagai sahabat ahli perang dan pintu gerbangnya ilmu. Berikut 21 nasihat bijak Ali bin Abi Thalib yang cukup populer.
  • 3 Panglima Perang Mutah yang Syahid Hadapi Negara Adidaya Bizantium
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 19:52 WIB
    Panglima Perang Mutah yang syahid menghadapi negara adidaya Bizantium adalah Zaid bin Harithah, Jafar bin Abi Thalib, dan Abdullah bin Rawahah.
  • Kisah Penolakan Ali Bin Abu Thalib Tatkala Abu Bakar Dilantik Jadi Khalifah
    Hikmah
    Senin, 09 Mei 2022 - 10:30 WIB
    Tatkala Abu Bakar Ash-Shiddiq diangkat menjadi khalifah, sepeninggal Rasulullah SAW, ada segolongan Muhajirin terkemuka yang tidak turut membaiat. Mereka di antaranya adalah Ali bin Abi Thalib.
  • Khaulah binti Tsa’labah : Doa Perempuan Tua yang Diabadikan Allah dalam Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 17 November 2021 - 10:41 WIB
    Kisah dari seorang shahabiyat Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam, perempuan muslimah yang menakjubkan yang belum pernah tertandingi hingga hari ini, di zaman ini.
  • Kisah Penuntutan Balas Kematian Utsman untuk Gulingkan Khalifah Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Senin, 25 Januari 2021 - 06:39 WIB
    Kekuatan anti Ali bin Abi Thalib mempunyai tujuan ganda: menuntut balas atas kematian Utsman bin Affan dan menggulingkan Ali bin Abi Thalib dari kedudukannya sebagai Amirul Mukminin.
  • Biografi Ali bin Abi Thalib, Khalifah Bergelar Karramallahu Wajhah
    Hikmah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:57 WIB
    Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu (599-661) adalah Khalifah keempat (terakhir) dari Khulafa Ar-Rasyidun yang berkuasa sekitar 4-5 tahun.
  • Jalaluddin Rumi Bicara tentang Kebaikan Ali bin Abu Thalib kepada Pembunuhnya
    Hikmah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 18:37 WIB
    Jalaluddin Rumi bertutur tentang kebaikan Ali bin Abu Thalib kepada pembunuhnya. Aku tidak memelihara kebencian, atau pun merasa dendam, kata Ali bin Abu Thalib.
  • Kisah Ali Bin Abu Thalib Mengislamkan Musuhnya di Tengah Perang
    Hikmah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 16:23 WIB
    Kepada musuhnya Ali bin Abi Thalin mengatakan di dalam Islam tidak ada permusuhan antara kamu dan aku. Perang yang sebenarnya adalah antara kebenaran dan dan dusta.
  • Abu Jahal Berperan Penting Membuat Abu Thalib Mati dalam Keadaan Kafir
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 16:59 WIB
    Paman Nabi Muhammad SAW, Abu Thalib, meninggal dalam keadaan kafir. Rasulullah sempat membujuk agar ia membaca syahadat. Hanya saja, Abu Jahal merecokinya.
  • Khalifah Utsman Menolak Menghukum Putra Umar bin Khattab yang Membunuh 3 Orang Persia
    Hikmah
    Senin, 25 Desember 2023 - 05:30 WIB
    Utsman bertanya: Berikanlah pendapat kalian mengenai orang yang telah melakukan pembunuhan dalam Islam ini! ALi Ali berkata: Tidak adil membiarkan dia, dan saya berpendapat dia juga harus dibunuh.
  • Ibadah Paling Dicintai Allah: Silaturahim, Amar Maruf, dan Nahi Munkar
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 15:26 WIB
    Ibadah yang paling dicintai Allah, urutan pertama adalah iman kepada Allah. Sedangkan kedua dan ketiga masing-masing silaturahim dan amar maruf nahi munkar.
  • Kisah Sayyidina Ali Hampir Ketinggalan Subuh Berjamaah, Ini Sebabnya
    Hikmah
    Rabu, 05 Januari 2022 - 17:27 WIB
    Kisah Sayyidina Ali terlambat ikut sholat Subuh berjamaah yang dipimpin Nabi layak kita jadikan hikmah dan pelajaran. Berikut kisahnya diceritakan dalam Kitab Ushfuriyah.