Topik Terkait: Fakhitah Binti Abi Thalib (halaman 16)

  • Asy-Syifa binti Abdullah,...
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 09:03 WIB
    Sosok Asy-Syifa binti Abdullah bin Abdi Syams merupakan tokoh ilmuwan wanita pertama dalam Islam. Ia adalah seorang muslimah yang terkenal dengan kepandaian dan kebaikannya sejak zaman Jahiliyah
  • Ketabahan Shafiyyah...
    Hikmah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:04 WIB
    Shafiyyah binti Abdul Muthalib sangat berduka atas syahidnya , Hamzah bin Abdul Muthalib. Ia mencari-cari jasad sang kakak di medan Perang Uhud. Shafiyyah sudah mendengar bahwa Hamzah dimutilasi.
  • Di Persia, Orang-Orang...
    Hikmah
    Jum'at, 06 November 2020 - 14:23 WIB
    Saad bin Abi Waqqash menulis surat kepada Umar dengan mengatakan bahwa orang-orang Arab menjadi kurus-kurus dan tenaganya sudah sangat berkurang.
  • Siapakah Ali Imran yang...
    Hikmah
    Jum'at, 01 Desember 2023 - 05:10 WIB
    Ali Imran atau Aali Imran merupakan nama surat ketiga dalam Mushaf Al-Quran. Ali Imran artinya keluarga Imran. Siapakah keluarga Imran yang diabadikan Allah dalam Al-Quran?
  • Penghulu Wanita di Surga,...
    Hikmah
    Rabu, 06 Mei 2020 - 16:11 WIB
    Rasulullah mengabarkan pada Fatimah, ia adalah orang pertama dari keluarganya yang akan menyusulnya. Beliau berkata: Tidakkah engkau ridha, menjadi penghulu wanita di surga?
  • Sahabat Nabi dalam Perang...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 15:46 WIB
    Di dalam peperangan (Shiffin atau Al-Jamal) Ali bin Abi Thalib ra tidak menganggap orang-orang yang melawannya telah keluar dari Islam dan kafir, tetapi hanya dikatakan mereka itu Bughah (berbuat kebatilan).
  • Belajar dari Atsar Sa’ad...
    Hikmah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 09:37 WIB
    Suatu ketika, ada seorang yang mencela Khalid di depan Saad, maka beliaupun (Saad) marah dan menegur orang tersebut seraya mengatakan: Diamlah kamu.
  • Atikah binti Zaid :...
    Muslimah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 17:10 WIB
    Salah satu kisah kehidupan para shahabiyah (sahabat perempuan Rasulullah) yang sarat dengan hikmah adalah tentang sosok Atikah binti Zaid bin Amar bin Nufail.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Jum'at, 08 Desember 2023 - 08:49 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Maryam ayat 33 penting untuk diketahui umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, umat Islam dapat mempelajari sejarah dan peristiwa yang terjadi sebelum ayat ini turun.
  • Jika Hasan dan Husein...
    Hikmah
    Kamis, 03 September 2020 - 13:38 WIB
    Siang hari, beliau menjadi pahlawan di medan perang dan menjadi tokoh dalam jajaran para ulama. Di malam hari beliau adalah rahib di saat mata manusia tidur terlelap.
  • Belajar dari Sa’ad...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:40 WIB
    Adakalanya seorang Muslim bersungguh-sungguh dalam melakukan amal saleh akan tetapi ia memandang remeh dan kurang peduli dengan masalah mengkonsumsi harta yang haram.
  • Hari Kedua Perang Kadisiah:...
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 10:25 WIB
    Pertempuran hari itu berlangsung terus sampai malam hari dan pasukan Muslimin melihat ada peluang akan menang. Dengan tak adanya pasukan gajah di pihak Persia pasukan Muslimin merasa diringankan.
  • Kisah Saad bin Abi Waqqash,...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:31 WIB
    Kisah Saad bin Abi Waqqash, sahabat Nabi SAW yang menyebarkan Islam ke Negeri China, memang heroik. Saad bin Abi Waqqash adalah salah seorang yang dinyatakan Rasulullah sebagai penduduk surga.
  • Khaulah Binti Azur,...
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 15:11 WIB
    Khaulah adalah salah satu sosok muslimah tangguh dan pemberani, jiwa dan raganya ia korbankan untuk membela Islam. Khaulah pun digelari Pedang Allah dari kalangan perempuan.
  • Mengulik Asbabun Nuzul...
    Tips
    Kamis, 14 Desember 2023 - 08:29 WIB
    Asbabun nuzul Surat Maryat ayat 77 menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Dengan memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau penyebab turunnya ayat tersebut.
  • Kisah Umaimah binti...
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 17:06 WIB
    Umaimah binti Numan al-Jauniyah bernama asli Asma bintu an-Numan adalah perempuan yang sempat dinikah Rasulullah SAW namun diceraikan menjelang malam pengantinnya.
  • Mukzijat Musa di Sungai...
    Hikmah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 12:12 WIB
    Ketika Saad dengan angkatan bersenjatanya menyeberang, penghuni Madain sudah lari semua. Yang masih tinggal hanya mereka yang bertahan di Istana Putih.
  • Zainab Binti Khuzaimah,...
    Hikmah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 16:16 WIB
    Sayyidah Zainab binti Khuzaimah radhiallahu anha adalah istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang dikenal dengan kebaikan, kedermawanan terhadap orang miskin.
  • Kisah Sayyidina Ali...
    Hikmah
    Jum'at, 06 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah (nasihat-nasihat ringan), Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury menceritakan kisah Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA yang mengagumkan.
  • Abu Jahal Berperan Penting...
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 16:59 WIB
    Paman Nabi Muhammad SAW, Abu Thalib, meninggal dalam keadaan kafir. Rasulullah sempat membujuk agar ia membaca syahadat. Hanya saja, Abu Jahal merecokinya.