Topik Terkait: Fatwa Syaikh Al Utsaimin

  • Cara Mengompromikan Surat Al-Anam Ayat 125 Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Allah Taala memberitahukan dalam sebagian ayat-Nya bahwa semua urusan ada dalam kekuasaan-Nya. Dan dalam sebagian ayat lainnya memberitahukan bahwa semua perkara itu kembali kepada mukallaf
  • Inilah 5 Syarat Bertaubat Terbaik Menurut Syaikh Al Utsaimin
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 15:02 WIB
    Dalam kitab Majalis Syahri Ramadhan, Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin mengatakan, Taubat yang diperintahkan Allah Azza wa Jalla adalah taubat nasuha (yang tulus) yang mencakup lima syarat.
  • Predikat Kafir, Zalim dan Fasik Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:25 WIB
    Orang yang berhukum tidak dengan hukum yang diturunkan Allah, maka diberi label 3 penyebutan yaitu kafir (QS Al Maidah : 44) , zalim (QS Al Maidah : 45), dan fasik (QS Al Maidah : 47).
  • Tafsir Basmalah Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Jum'at, 11 November 2022 - 10:06 WIB
    Bagi umat Islam membaca basmalah sudah menjadi kebiasaan sebelum memulai aktivitas. Dalam Al-Quran hanya surah at-Taubah yang tanpa diawali dengan bacaan Basmalah.
  • Hukum Rida Terhadap Qadar Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 18:38 WIB
    Syaikh Al-Utsaimin mengatakan rida pada qadar hukumnya wajib, karena hal itu termasuk kesempurnaan rida akan rububiyah Allah. Maka setiap mukmin harus rida pada qadha Allah, ujarnya.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Nasehat Syaikh Al-Utsaimin Tentang Pakaian Muslimah
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 09:19 WIB
    Tabarruj yang diharamkan bagi perempuan adalah membawa atau memakai beberapa perlengkapan perempuan, seperti tas, dompet, sepatu, sendal, kaos kaki, dan lain-lain dengan maksud dan tujuan mencari perhatian.
  • 4 Tingkatan Orang yang Ditimpa Musibah Menurut Syaikh Al-Utsaimin
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 12:18 WIB
    Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin mengatakan manusia terbagi menjadi 4 tingkatan dalam menghadapi musibah. 1. Marah-marah. 2. Bersabar. 3. Rida. 4. Bersyukur.
  • Kesalahan dalam Pelaksanaan Poligami Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 01 November 2023 - 10:25 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan tidak sedikit kaum Muslimin yang salah dalam melaksanakan keringanan hukum untuk berpoligami sebagaimana yang telah disyariatkan oleh Allah.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Tidak Melarang Bersenda Gurau
    Tausyiah
    Rabu, 06 September 2023 - 13:54 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan tertawa dan bersenda gurau itu sesuatu yang diperbolehkan di dalam Islam. Sebagaimana dinyatakan oleh nash-nash qauliyah maupun sikap dan perilaku Rasulullah SAW.
  • Inilah Syarat-syarat Terbaik Bertaubat Menurut Syaikh Al Utsaimin
    Muslimah
    Jum'at, 23 April 2021 - 18:24 WIB
    Hakikat taubat adalah kembali kepada Allah dengan mengerjakan apa-apa yang dicintai-Nya dan meninggalkan apa-apa yang dibenci-Nya, atau kembali dari sesuatu yang dibenci kepada sesuatu yang dicintai.
  • Hukum Musik dan Lagu Boleh, Syaikh Al-Qardhawi: Asal Jangan Berlebihan!
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:21 WIB
    Musik dan lagu boleh menurut syariat Islam. Hanya saja, Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan hendaklah nyanyian itu jangan berlebihan sebagaimana juga barang-barang lain yang diperbolehkan.
  • Benarkah Perempuan Jadi Sumber Fitnah? Begini Jawaban Syaikh Al-Qardhawi
    Muslimah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 13:53 WIB
    Sebagian orang berprasangka buruk terhadap wanita. Mereka menganggap perempuan sebagai sumber segala bencana dan fitnah. Jika terjadi suatu bencana, mereka berkata, Periksalah kaum wanita!
  • Pelajar Ini Mengaku Mudah Terangsang, Ini 4 Nasihat Syaikh Yusuf Al-Qardhawi
    Tips
    Minggu, 18 Desember 2022 - 10:39 WIB
    Seorang pelajar sekolah lanjutan mengaku mudah terangsang kepada Syaikh Yusuf al-Qardhawi. Keadaan ini membuat dirinya repot karena harus sering mandi dan mencuci pakaian dalam.
  • Syaikh Al-Utsaimin: Jangan Terburu-buru Menetapkan Kepastian Hukum Takfir
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Mengafirkan seseorang akan mengakibatkan banyak konsekwensi hukum. Di antaranya, orang yang dikafirkan menjadi halal darah dan hartanya. Begitu pula semua konsekwensi hukum kafir lainnya.
  • Inilah Wasiat Syaikh Al Utsaimin untuk Perempuan Muslimah
    Muslimah
    Senin, 09 November 2020 - 07:01 WIB
    Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al-Utsaimin menuliskan sebelas wasiat untuk kaum perempuan muslimah. Ia berharap bahwa setiap perempuan muslimah memegang teguh wasiatnya ini, agar selamat dunia dan akhirat
  • Fatwa Ulama Terdahulu Bisa Diralat, Jika Ini yang Terjadi
    Tausyiah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 06:28 WIB
    Dia mencontohkan pendapat mengenai pembagian dunia kepada Dar Islam dan Dar Harb, yaitu suatu konsep yang pada dasarnya menganggap hubungan kaum Muslimin dengan orang bukan Muslim adalah peperangan.
  • 3 Sebab Ulama Haramkan Musik, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:02 WIB
    Mengapa para ulama, fikih mutaakhirin lebih bersikap keras untuk melarang lagu-lagu terutama dengan alat-alat musik, daripada ulama fikih masa lalu? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menyebebut beberapa sebab.
  • Kuasa Seorang Ayah terhadap Putrinya Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 21 September 2023 - 15:25 WIB
    Kekuasan ayah terhadap putrinya tidak boleh melampaui batas dari kerangka pendidikan, pemeliharaan, pelurusan nilai-nilai agama dan moralitas anak.
  • Asal Segala Sesuatu Itu Dibolehkan, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 11:25 WIB
    Suatu kaidah yang ditetapkan oleh para ulama bahwa, segala sesuatu itu asalnya boleh. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT, Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu...
  • Apakah Ada Manusia yang Sempurna? Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 30 April 2024 - 15:31 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan tiada manusia yang sempurna, karena setiap orang mempunyai kelemahan. Seseorang yang beriman, tentu mempunyai kesalahan dan memiliki sifat buruk yang sukar dihilangkan.