Topik Terkait: Fiqih Sahur (halaman 3)

  • Kisah Gus Baha Menemukan 200 Hukum Fiqih Tersembunyi dalam Al-Quran
    Dunia Islam
    Selasa, 15 November 2022 - 15:08 WIB
    Ada sebuah kisah Gus Baha menemukan 200 hukum fiqih tersembunyi dalam Al-Quran yang disampaikan oleh beberapa habaib. Para habib tersebut mengakui Gus Baha sebagai ulama yang sangat paham fiqih atau ahli fiqih
  • Wanita Saleha Diganjar Allah Taat Permanen
    Tausyiah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 20:00 WIB
    Setiap muslimah pasti mendambakan ingin menjadi wanita atau istri saleha. Siapa wanita saleha itu? Dan bagaimana kedudukannya di mata Allah SWT? Apa yang dijanjikan Allah untuknya?
  • Ibn Hazm:  Buku Karyanya Dibakar karena Berbeda dengan Ulama Lain
    Hikmah
    Kamis, 10 Juni 2021 - 15:45 WIB
    Ibn Hazm menuntut ilmu kepada para ulama Andalus pada masanya. Beliau menguasai berbagai disiplin ilmu, seperti tafsir, hadits, aqidah, fiqih dan lainnya.
  • Pengantin Sahur, Tradisi Bangunkan Sahur
    Hikmah
    Senin, 15 Juni 2015 - 17:50 WIB
    Tradisi membangunkan warga untuk sahur saat Ramadan merupakan hal yang biasa di lakukan banyak daerah di Indonesia. Di Riau contohnya, terdapat sebuah tradisi membangunkan sahur yang bernama pengantin sahur.
  • Allah Berselawat kepada Orang-orang yang Sahur
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 03:01 WIB
    Sahur merupakan satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan Ramadan, bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa saalm memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Mengharap pahala dari membangunkan sahur
    Hikmah
    Senin, 22 Juli 2013 - 08:09 WIB
    Tradisi obrog atau membangunkan warga untuk bersantap sahur selalu mewarnai pelaksanaan ibadah puasa di setiap daerah. Rutinitas kegiatan tersebut juga dilakukan oleh beberapa remaja di Kecamatan Pegaden, Kabupaten Subang.
  • Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Allah Langsung Berikan Ampunan
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 03:00 WIB
    Anjuran untuk memperbanyak istighfar di waktu sahur, selaras dengan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tentang turunnya Allah ke langit dunia:
  • Sebaik-baik Makan Sahur Orang Mukmin Adalah Tamar, Ini Keutamaannya
    Tips
    Kamis, 30 Maret 2023 - 03:00 WIB
    Sebaik-baik makanan sahur bagi seorang mukmin adalah Tamar. Keutamaan makan sahur dengan Tamar ini disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam riwayat Hadis.
  • Konsep Istihsan, Istishlah, dan Mashlahat Al-Ammah Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Senin, 06 Maret 2023 - 16:18 WIB
    Sumber hukum Islam terdiri atas: al-Quran, Sunnah, Ijma dan akal. Selain dari sumber hukum primer tersebut, dikenal juga adanya sumber-sumber sekunder yaitu: syariah terdahulu.
  • Berkah Sahur: Mendapat Salawat dari Allah dan Malaikat
    Tips
    Rabu, 22 Maret 2023 - 21:17 WIB
    Ramadan telah tiba. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan puasa adalah sahur. Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Cara Menyikapi Khilafiyah dalam Urusan Agama
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 19:45 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat bercerita tentang pengalamannya menjawab banyak pertanyaan fiqih, salah satunya adalah masalah Khilafiyah Abadi.
  • Sejarah dan Asal-usul Diperintahkannya Makan Sahur
    Hikmah
    Kamis, 21 April 2022 - 03:15 WIB
    Makan sahur adalah makan yang penuh berkah. Umat Islam perlu mengetahui sejarah dan asal usul diperintahkan makan sahur. Berikut ulasannya.
  • Berkahnya Makan Sahur, Ini 7 Keutamaannya yang Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 03:10 WIB
    Salah satu ibadah di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Amalan ini disepakati oleh para ulama hukumnya sunnah, tetapi memiliki keutamaan yang penuh berkah.
  • Sholat Berjamaah di Masjid, Sunnah Apa Wajib? Begini Pendapat Syaikh Abdul Qadir
    Tausyiah
    Senin, 15 Februari 2021 - 13:10 WIB
    Salat syariah yang wajib dikerjakan dalam sehari semalam adalah sebanyak lima kali. Syaikh Abdul Qadir menyunahkan mengerjakan salat syariah di masjid secara berjamaah.
  • Melamar  via Chat, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 15:35 WIB
    Salah satu yang terjadi di masa kini adalah melamar atau meng-khitbah muslimah melalui chatting, media SMS atau Whatsapp. Masalah kontemporer seperti ini harus bisa dijelaskan secara fiqih Islam.
  • Hak dan Kewajiban Wanita dalam Masa Iddah
    Muslimah
    Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:28 WIB
    Sebagaimana diketahui masa iddah, adalah masa tunggu bagi si istri untuk mengetahui kekosongan rahimnya, sekaligus masa di mana mantan pasangan suami istri bisa berpikir ulang dan rujuk kembali.
  • Begini Isi Lengkap Fiqih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19 Menurut NU
    Tausiyah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 17:58 WIB
    Kedudukan dan perlakuan jenazah korban virus corona sama dengan jenazah muslim pada umumnya, yaitu wajib dimandikan, dikafani, dishalati, dan dimakamkan.
  • Lafaz Niat dan Bacaan Doa Ketika Salat Jenazah
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 17:34 WIB
    Kewajiban umat muslim terhadap muslim lainnya yang meninggal adalah mensalatkannya setelah memandikannya kemudian menguburkannya. Berikut lafaz niat dan doa salat jenazah.
  • Darah Istihadhah dan Hukum Wanita yang Mengalaminya
    Muslimah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 18:50 WIB
    Sebagian dari wanita, pasti ada yang mengalami pendarahan atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas. Darah yang keluar itu disebut Istihadhah.
  • Memperbanyak Istighfar di Waktu Sahur, Faedahnya Luar Biasa
    Tips
    Senin, 04 April 2022 - 15:34 WIB
    Waktu sahur merupakan waktu mustajab untuk berdoa, salah satunya dianjurkan untuk memperbanyak istighfar. Sayangnya, amalan satu ini sering terabaikan atau dilalaikan, padahal manfaat dan efeknya sangat luar biasa bagi yang mengamalkannya.