Topik Terkait: Gemuk Dalam Islam (halaman 20)

  • Mengenal Khalwat dan...
    Tips
    Jum'at, 26 Agustus 2022 - 23:56 WIB
    Mengenal khalwat dan ikhtilat berikut tata cara berinteraksi dalam Islam perlu kita ketahui agar tidak terjerumus kepada dosa. Berikut perbedaan khalwat dan ikhtilat.
  • Tidaklah Beriman Orang...
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 13:24 WIB
    Hadis ini merupakan peringatan keras bagi kita agar jangan sekali-kali menjadi orang abai (ignorance) kepada orang lain. Ancamannya serius, tidak disebut sebagai orang yang beriman (kepada Allah).
  • Adab Menasihati: Pilih...
    Hikmah
    Senin, 19 Februari 2024 - 09:49 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasihat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Lantas bagaimana adab memberi nasihat ini?
  • Gempa Bumi dalam Perspektif...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 20:50 WIB
    Musibah gempa bumi juga pernah terjadi di zaman para Nabi. Pada masa Umar Bin Khattab, gempa bumi pernah melanda Madinah. Berikut pesan Al-Quran tentang musibah.
  • Tadabbur An-Nur Ayat...
    Tausyiah
    Senin, 18 Desember 2023 - 09:59 WIB
    Tadabbur ayat An-Nur kali ini berisi perintah untuk menikah, dan dalam urusan pernihakan ini Islam menganjurkan untuk mempermudah dan tidak dipersulit.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Cara Menyikapi Khilafiyah...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Juli 2021 - 19:45 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat bercerita tentang pengalamannya menjawab banyak pertanyaan fiqih, salah satunya adalah masalah Khilafiyah Abadi.
  • Meniru Cara Rasulullah...
    Muslimah
    Minggu, 04 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Islam telah mengajarkan tuntunannya dalam memanajemen konflik dalam rumah tangga. Bagaimana hendaknya sikap seorang suami, istri, bahkan mertua dalam menyikapi perselisihan yang ada di rumah tangga.
  • Muslim Wajib Tahu! 7...
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 15:49 WIB
    Polusi udara dan pencemaran lingkungan terus menjadi topik hangat di media sosial. Berikut ini tujuh adab Islam terhadap lingkungan yang dapat kita terapkan.
  • Ini Mengapa Umat Islam...
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Juli 2024 - 15:38 WIB
    Kalender itu, dinamakan Kalender Urf (tradisi). Namun, sesederhana apapun landasan saintifik perhitungannya, sebuah kalender haruslah disusun sebagai hasil sebuah hitungan (hisab)
  • Debat Capres Cawapres:...
    Hikmah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 15:30 WIB
    Menurut Al-Baqi dalam al-Mujam al-Mufahras, di dalam al-Quran, kata yang terbentuk dari akar kata na-za-ra dengan berbagai derivasinya disebut sebanyak 129 kali
  • Bani Israil, Bangsa...
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:25 WIB
    Bani Israil merupakan bangsa yang paling sering diceritakan dalam al-Quran. Terhitung 41 kali kata Bani Israil diulang, juga terdapat dua ayat yang hanya menyebutkan kata israil.
  • Kesetaraan Gender dalam...
    Muslimah
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 13:35 WIB
    Al-Quran tidak menganut paham the second sex yang memberikan keutamaan kepada jenis kelamin tertentu, atau the first ethnic, yang mengistimewakan suku tertentu
  • 4 Ucapan Selamat Tahun...
    Dunia Islam
    Minggu, 07 Juli 2024 - 10:15 WIB
    Menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, selain doa, alangkah baiknya jika dilengkapi dengan memberikan informasi yang bermanfaat serta sedikit dakwah.
  • Ramadan Waktu Terbaik...
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 April 2023 - 14:28 WIB
    Menunaikan ibadah puasa Ramadan di Indonesia bisa dikatakan memiliki corak tersendiri jika dibandingkan dengan negara lain.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hukum Islam yang dicita-citakan umat Islam bukanlah fikih salah satu mazhab pada masa tertentu. Hukum Islam yang diinginkan adalah kaidah-kaidah dan hukum-hukum yang pokok yang telah ditetapkan oleh Al Quran dan Sunnah.
  • Kehidupan dalam Pandangan...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Juli 2024 - 11:21 WIB
    Setiap manusia hendaknya mempunyai tujuan akhir dalam kehidupan, baik itu secara personal maupun secara kolektif, kesukuan, maupun secara menyeluruh di semua peranan dan massanya.
  • Perang Besar dalam Sejarah...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 16:41 WIB
    Perang besar dalam sejarah Islam di bulan Ramadan antara lain adalah Perang Badar dan Pembebasan Kota Mekah. Perang Badar terjadi pada 17 Ramadan sedangkan Pembebasan Mekah terjadi pada 10 Ramadhan 8 Hijriyah.
  • Amalan-amalan Sunah...
    Tips
    Kamis, 08 Juli 2021 - 10:00 WIB
    Amalan sunah dalam wudhu adalah amalan yang apabila seseorang melakukannya maka ia akan mendapatkan pahala lebih dari sekadar melakukan fardhu-fardhu wudhu saja.
  • Sejarah Tahun Baru Islam,...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 14:41 WIB
    Tahun baru Islam atau tahun Hijriyyah belum dikenal di masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Penetapan awal tahun baru Islam justru baru ditetapkan setelah wafatnya beliau.
  • Interfaith dan Islamophobia...
    Dunia Islam
    Kamis, 10 Februari 2022 - 17:34 WIB
    Biasanya saya selalu mengatakan bahwa dengan segala pahitnya 9/11 itu juga membawa banyak blessings in disguise (keberkahan tersembunyi).