Topik Terkait: Gerakan Cinta Zakat

  • Konsep  Zakat Syari’ah dan Zakat Thariqah Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani
    Tausyiah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 20:19 WIB
    Seperti halnya salat, Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani juga membagi zakat menjadi dua: zakat syariah dan zakat thariqah. Zakat thariqah menjurus ke zakat pahala. Apa itu?
  • Dulu Miskin Sekarang Kaya, Haruskah Mengqadha Zakat
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:18 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Mereka yang Wajib Mengeluarkan Zakat Fitri
    Tips
    Selasa, 18 April 2023 - 17:46 WIB
    Ukuran kemampuan, menurut jumhur ulama ialah, seseorang memiliki kelebihan makanan pokok bagi dirinya dan orang-orang yang menjadi tanggungannya, nafkah untuk satu malam Id dan siangnya.
  • Doa untuk Orang yang Membayar Zakat
    Tips
    Selasa, 02 April 2024 - 16:54 WIB
    Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.
  • Panitia Zakat Dadakan Apakah Termasuk Amil Zakat?
    Tips
    Senin, 10 Mei 2021 - 18:17 WIB
    Apakah panitia Zakat Fitrah yang dibentuk oleh takmir masjid berhak mendapat hasil dari Zakat Fitrah? Pertanyaan ini sering muncul di pengujung Ramadhan.
  • Wajibkah Mengqadha Zakat Fitrah, Ketika Sudah Mampu?
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 17:07 WIB
    Lantas, apakah terdapat kewajiban lain bagi orang yang tidak mampu membayar zakat fitrah? Wajibkah dia mengqadha untuk membayar zakat tatkala ia mampu?
  • Bukan Sekadar Panitia, Berikut 9 Amil Zakat dan Tugasnya
    Tips
    Senin, 25 April 2022 - 09:05 WIB
    Tugas Amil Zakat adalah mengambil dan mendistribusikan harta zakat kepada mustahiq. Amil tidak sama dengan panitia zakat yang hanya dibentuk atas inisiatif masyarakat.
  • 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 04:09 WIB
    Dalam prinsip Islam, membayar zakat bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan cara untuk membersihkan harta serta memperlihatkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat tersebut?
  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • Ini Doa Bagi yang Menerima Zakat Lengkap Arab dan Latin
    Tips
    Minggu, 17 April 2022 - 22:40 WIB
    Bagi penerima zakat (mustahik) dianjurkan mendokan mereka yang menyerahkan zakat. Momen penyerahan zakat biasanya dilakukan jelang hari raya Idul Fitri.
  • Zakat Yang Penuh Dengan Keberkahan
    Tausyiah
    Selasa, 27 April 2021 - 11:35 WIB
    Berbicara mengenai persoalan zakat, Allah SWT memerintahkan untuk mengeluarkan zakat bagi hambanya di dalam Alquran, dirikan sholat dan tunaikan zakat.
  • Pintu-pintu Surga Terbuka Bagi yang Mengeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 12:01 WIB
    Kemuliaan yang dikaruniakan Allah Taala kepada umat Nabi Muhammad adalah kekhususan pahala dan fadhilah sebesar-besarnya bagi orang yang menunaikan zakat.
  • Apakah Boleh Bayar Zakat Fitrah Online?
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 12:55 WIB
    Apakah boleh membayar zakat fitrah secara online? Pertanyaan ini mengemuka dengan berkembangnya teknologi digital saat ini, termasuk perihal pembayaran zakat.
  • Zakat Merupakan Saudara Kandung Salat, Begini Penjelasan Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 13 April 2023 - 16:50 WIB
    Zakat merupakan syiar kedua dalam Islam dan merupakan kekuatan pendanaan sosial dari kekuatan-kekuatan besar lainnya. Zakat merupakan saudara kandung salat di dalam Al Quran dan As-Sunnah.
  • Zakat untuk Sucikan dan Melipat gandakan Harta
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:45 WIB
    Bulan puasa seperti yang sedang kita jalani saat ini biasanya dikaitkan dengan zakat, terutama zakat fitrah. Tapi, juga banyak umat Islam yang menunaikan zakat mal pada bulan puasa.
  • Bolehkah Menyalurkan Zakat ke Luar Daerah? Berikut Penjelasannya
    Tips
    Kamis, 20 April 2023 - 23:24 WIB
    Bagi perantau biasanya menyalurkan zakatnya di kampung halamannya atau di luar domisili tempat tinggalnya. Pertanyaannya, bolehkah menyalurkan zakat ke luar daerah?
  • Harta yang Wajib Dikeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 23:39 WIB
    Zakat merupakan rukun Islam yang keempat. Artinya, zakat merupakan salah satu hal yang penting dalam Islam. Berikut kriteria harta yang wajib dizakati.
  • Kumpulkan Zakat Karyawan, PT Pupuk Kaltim Raih Penghargaan dari Baznas
    Dunia Islam
    Rabu, 02 November 2022 - 00:17 WIB
    Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur patut diapresiasi karena berhasil mengumpulkan zakat dari karyawan dan kemudian menyalurkannya kepada Mustahik.
  • Apakah Membayar Zakat di Bulan Ramadhan Lebih Utama dari Bulan Lainnya?
    Tips
    Sabtu, 09 Mei 2020 - 15:30 WIB
    Mengeluarkan zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan muslim yang memenuhi syarat wajib zakat. Apakah mengeluarkan zakat di bulan Ramadan itu lebih utama daripada bulan lainnya?
  • Waktu Terbaik dan Paling Afdal Mengeluarkan Zakat Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 03:01 WIB
    Mayoritas ulama mengatakan zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap jiwa kaum muslimin. Kapan waktu terbaik mengeluarkan zakat fitrah? Simak ulasan berikut ini.