Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 31)

  • Surat Al-Jumuah Ayat...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:20 WIB
    Surat Al-Jumah ayat 4, misalnya, dapat dijadikan wasilah atau doa agar harta yang kita miliki menjadi berkah. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut..
  • Perkembangan Tafsir...
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 12:12 WIB
    Sebagian ulama menolak penafsiran yang menggambarkan pendapat-pendapat penulisnya, atau menyatukan pendapat-pendapat tersebut dengan hadis-hadis atau pendapat-pendapat para sahabat yang dianggap benar.
  • Salat Melihat Mushaf...
    Tips
    Rabu, 10 Mei 2023 - 20:07 WIB
    Bagaimanakah hukum salat sambil melihat mushaf Al-Quran? Mungkin di antara kaum muslim pernah melihat seorang imam membaca surat Al-Quran dengan melihat mushaf.
  • Inilah Pola Makan Ibu...
    Muslimah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:25 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengabarkan bahwa pentingnya memberi asupan yang baik, bergizi, serta halal, hingga ibu harus memberikan air susu kepada bayinya selama dua tahun. Begini penjelasannya!
  • Firaun (Ramses II) Dalam...
    Tausyiah
    Senin, 02 Agustus 2021 - 14:21 WIB
    Firaun (Ramses II) dalam Al-Quran digambarkan sebagai seorang hamba yang angkuh dan sombong. Firaun adalah gelar bagi sang penguasa tirani dari rezim tunggal yang pernah berkuasa di Mesir.
  • Sejarah Harta Karun,...
    Hikmah
    Rabu, 01 Juni 2022 - 23:06 WIB
    Penemuan harta karun memang selalu menjadi fenomena dan menarik perhatian banyak orang. Berikut sejarah dan asal usulnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Keutamaan Sedekah dalam...
    Tips
    Jum'at, 16 September 2022 - 10:23 WIB
    Bersedekah merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa Taala karena akan mendapatkan banyak pahala. Sedekah dapat membuka pintu surga bagi hamba Allah yang ikhlas. membagikan hartanya.
  • Hubungan Perintah Sholat...
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 13:24 WIB
    Perintah sholat dan zakat adalah perintah yang sering kali disebut dan berulang-ulang dibahas dalam Al-Quran. Sholat disebut juga sebagai ibadah habluminaullah, sedangkan zakat disebut hablumninnas.
  • 5 Sebab Mengapa Al-Masih...
    Hikmah
    Selasa, 07 November 2023 - 05:15 WIB
    Dajjal punya nama populer yakni al-masih ad-Dajjal. Lafaz al-masih mengandung dua makna kontradiktif, al-masih dapat bermakna ash-siddiq yang benar, dan addhalal al-kazzab yang sesat dan pembohong.
  • Inilah Adab Ziarah Kubur...
    Muslimah
    Senin, 22 Maret 2021 - 08:16 WIB
    Masih banyak kaum muslimin yang salah dalam menyikapi ziarah kubur, sehingga bukannya manfaat yang mereka raih, akan tetapi justru mengundang murka Allah . Ini karena adab-adab ziarah kubur yang kurang diperhatikan.
  • Khasiat Surat Al-Fatihah...
    Tips
    Senin, 22 Mei 2023 - 07:17 WIB
    Surah terdiri atas 7 ayat ini merupakan Pembukaan Al-Quran. Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang membaca surah al-Fatihah sebanyak tujuh kali, maka itu dapat menyembuhkan dari segala penyakit.
  • Khasiat Surat Al-Lail,...
    Hikmah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:41 WIB
    Khusus keistimewaan Surat Al-Lail, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan jika dibacakan di telinga orang yang pingsan maka dia akan sadar.
  • Khalifah Abu Jafar Al-Manshur:...
    Dunia Islam
    Kamis, 31 Maret 2022 - 17:42 WIB
    Dia menggantikan Abul Abbas As-Saffah. Jika pendahulunya dikenal sangat dermawan, Al-Manshur sebaliknya. Ia sangat kikir sehingga bergelar Abu Dawani.
  • 9 Mukjizat Nabi Isa...
    Hikmah
    Kamis, 07 Desember 2023 - 12:13 WIB
    Terdapat sejumlah mukjizat Nabi Isa AS yang dijelaskan dalam Al Quran maupun kitab lain, mulai dari lahir tanpa ayah hingga diangkat ke langit oleh Allah SWT.
  • Penggunaan Musik dan...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Mei 2024 - 11:58 WIB
    Para sufi memanfaatkan musik untuk membangkitkan cinta yang lebih besar kepada Allah dalam diri mereka, dan dengannya mereka seringkali mendapatkan penglihatan dan kegairanan rohani.
  • Musik sebagai Alat Dakwah...
    Hikmah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 11:51 WIB
    Tembang-tembang yang diajarkan Raden Makdum Ibrahim adalah tembang yang berisikan ajaran agama Islam. Tanpa terasa penduduk sudah mempelajari agama Islam dengan senang hati, bukan dengan paksaan.
  • Khalifah Al-Walid bin...
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Al-Walid bin Abdul-Malik, khalifah yang berkuasa pada tahun 705715. Sejarawan mencatat pada masa inilah Dinasti Umayyah mengalami masa keemasan.
  • Saat Membaca Al-Quran,...
    Tausyiah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:28 WIB
    Menangis menjadi salah satu kesunnahan saat membaca Al-Quran, tanda bahwa sang qari tersebut menghayati bacaannya hingga menangis, walaupun hal ini tidak bisa menjadi parameter penuh.
  • 2 Kunci Amalan Diterima...
    Tausyiah
    Kamis, 07 September 2023 - 07:59 WIB
    Hadis tersebut mengatakan ibadah tidak akan diterima hingga terpenuhi dua syarat: Pertama: Ikhlas karena Allah Kedua, sesuai dengan tuntunan syariat yang telah digariskan dalam Al-Quran dan Sunnah.
  • Berikut Ini Khasiat...
    Hikmah
    Selasa, 22 Agustus 2023 - 16:05 WIB
    Khusus keistimewaan surat Al-Qiyamah, Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, membaca surah ini dapat menguatkan hati, dan meminum airnya menguatkan yang lemah.