Topik Terkait: Habib Muhammad Bin Sholeh Alathos (halaman 51)

  • Benarkah Kebanyakan...
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 14:37 WIB
    Dalam kenyataannya, kebanyakan manusia di dunia ini bertuhan lebih dari satu. Al-Quran menamakan mereka ini musyrik, yaitu orang yang berbuat syirik.
  • 3 Akhlak Mulia yang...
    Tausyiah
    Selasa, 03 November 2020 - 23:01 WIB
    Syaikh Ahmad Az-Zarnuji dalam kitab populernya Talim Al Mutaallim berkata bahwa ilmu yang paling utama adalah ilmu hal (tingkah laku) dan amal yang paling utama adalah menjaga tingkah laku.
  • Kisah Hikmah: Husain...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 10:47 WIB
    Saat itu, Husain, cucu Rasulullah SAW yang kehausan meminta si pembunuh agar memberikannya air. Husain mencoba meraih air Sungai Efrat, namun dihalang-halangi.
  • Kebijakan 2 Khalifah...
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:22 WIB
    Ada dua khalifah di era Bani Umayyah yang dicatat sejarah paling legendaris, selain Muawiyah. Jasa mereka dikenang dan masih membekas sampai kini. Mereka adalah Abd al-Malik dan Umar bin Abdul Aziz.
  • Nabi Muhammad dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 08:00 WIB
    Kematian ayah beliau sebelum kelahiran, kepergiannya ke pedesaan menjauhi ibunya, serta ketidakmampuannya membaca dan menulis merupakan strategi yang dipersiapkan Tuhan kepada beliau
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Hikmah Ramadhan: Perempuan...
    Hikmah
    Selasa, 05 Mei 2020 - 17:25 WIB
    Di zaman Rasulullah pernah terjadi satu peristiwa memalukan, namun mengandung hikmah dan pelajaran berharga. Kisah ini diceritakan dalam kitab Riyadhush-Shalihin yang menukil hadis riwayat Imam Muslim.
  • Isra Miraj (8/Tamat):...
    Hikmah
    Senin, 15 Maret 2021 - 10:40 WIB
    Perjalanan agung Isra Miraj Rasulullah berakhir di Sidratul Muntaha hingga bertemu Allah Azza wa Jalla. Dalam perjalanan pulang, Rasulullah dibuat sedih karena Abu Jahal mendustakannya.
  • Hukum Menghidupkan Malam...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 16:39 WIB
    Hari ini kita sudah memasuki 5 Syaban 1442 Hijriyah bertepatan Jumat 19 Maret 2021. Tinggal hitungan hari kita akan sampai di bulan suci Ramadhan, insya Allah.
  • Haul Akbar Ulama Hadramaut...
    Hikmah
    Kamis, 06 Februari 2020 - 23:39 WIB
    Tahun ini, Yayasan Al-Fachriyah dan Yayasan Al-Hauthah Al-Jindaniyah menggelar Haul akbar ulama Hadramaut di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang, Kamis malam (6/2/2020).
  • 3 Mukjizat Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 07 September 2022 - 05:15 WIB
    Tak sedikit mukjizat Nabi Muhammad SAW yang terbukti secara sains. Kita ambil 3 contoh saja. Pertama, mukjizat paling agung yakni al-Quran. Lalu, Nabi SAW membelah bulan menjadi dua.
  • Sahabat Paling Mirip...
    Hikmah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 19:08 WIB
    Sahabat paling mirip dengan Rasululah SAW baik fisik maupun perangainya adalah Jafar bin Abi Thalib. Beliau adalah sepupu Rasulullah SAW, dengan nasab yaitu bin Abi Thalib bin Abdul Manaf bin Abdul Muthalib.
  • Kisah sebelum Umar bin...
    Hikmah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 16:04 WIB
    Jubair mendengar orang berkata dari gunung itu: Demi yang punya Kakbah, biar tahu, sesudah tahun ini Umar tidak akan pernah lagi dalam keadaan begini!
  • Perdebatan tentang Nabi...
    Hikmah
    Kamis, 17 Juni 2021 - 11:08 WIB
    Terdengar bisikan uskup-uskup yang terkesan mengingkarinya. Najasyi memandang mereka dengan tajam lalu berkata tegas, Aku tidak peduli dengan apa yang kalian bisikkan.
  • Lakukan Ini Agar Puasa...
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 08:30 WIB
    Ustaz Zulkfili Muhammad Ali (UZMA) yang dijuluki Dai Akhir Zaman memberi tips agar puasa Ramadhan diterima di sisi Allah. Simak tauisyah singkatnya.
  • Malam Hijrah Nabi yang...
    Hikmah
    Senin, 31 Juli 2023 - 22:49 WIB
    Tidak lama setelah Rasulullah SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu meninggalkan rumah tua itu, sang suami juga tiba kembali di rumahnya.
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Tausyiah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:00 WIB
    Sayyidah Aisyah tercatat meluruskan sejumlah hadis yang disampaikan para sahabat. Salah satu yang dikoreksi tersebut adalah hadis yang disampaikan Umar bin Khattab dan Ibnu Umar
  • Orang yang Beruntung...
    Hikmah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 05:10 WIB
    Dikisahkan ada orang yang mendapat catatan amal kebaikan begitu banyak pada Hari Kiamat. Orang itu bertanya keheranan: Darimana catatan kebaikan sebanyak ini?
  • Kisah Sayyidah Maimunah:...
    Hikmah
    Selasa, 17 Mei 2022 - 19:06 WIB
    Usia Sayyidah Maimunah 26 tahun ketika dinikahi Nabi Muhammad. Kejadian ini terjadi pada bulan Syawal tahun 7 Hirjiyah, ketika Nabi Muhammad tengah mengerjakan umrah al-qadha.
  • 4 Masjid yang Ada di...
    Dunia Islam
    Senin, 02 Januari 2023 - 17:17 WIB
    Masjid yang ada di sekitar Masjid Nabawi cukup banyak. Sebagian dari masjid-masjid itu bersejarah. Berikut ini empat di antaranya, yakni:Masjid Ali bin Abi Thalib, Masjid Abu Bakar, Masjid Ghamamah, dan Masjid Imam Bukhari.
  • Kisah di Balik Perang...
    Hikmah
    Selasa, 17 November 2020 - 13:51 WIB
    Dalam pertempuran antara 700 pasukan muslimin melawan 3000 pastikan musyrikin Quraisy itu, kita saksikan kejantanan trio macan: Ali bin ABi Thalib, Hamzah bin Abdul Muthalib, dan Abu Dujanah.