Topik Terkait: Habib Muhammad Bin Sholeh Alathos (halaman 43)

  • Kisah Umar Melihat Seorang...
    Hikmah
    Rabu, 10 Mei 2023 - 18:08 WIB
    Ketika Madinah mengalami musim paceklik Tahun 17 Hijriyah, Khalifah Umar ditemani seorang sahabatnya, Aslam berkeliling mengunjungi kampung terpencil di Madinah.
  • Ini Jabatan Umar bin...
    Hikmah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 11:38 WIB
    Abu Bakar mengangkat Umar bin Khattab untuk bidang kehakiman di Madinah. Selama setahun penuh memegang jabatan itu ia pernah berselisih dalam menghadapi berbagai perkara.
  • Perebutan Kursi Khalifah:...
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 08:51 WIB
    Demi untuk memelihara kesentosaan Islam dan menjaga keutuhan ummat dari bahaya perpecahan, akhirnya Ali secara ikhlas menyatakan kesediaan mengadakan kerjasama dengan khalifah Abu Bakar
  • Jalaluddin Muhammad...
    Dunia Islam
    Minggu, 14 Mei 2023 - 19:05 WIB
    Akbar paling dihargai karena memiliki pandangan liberal untuk semua agama dan kepercayaan, selama pemerintahannya seni dan budaya mencapai puncak dibandingkan dengan pendahulunya.
  • Wasiat dan Syair Pembelaan...
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 14:51 WIB
    Kuwasiatkan kepada kalian supaya berlaku baik terhadap Muhammad. Sebab ia orang yang paling terpercaya di kalangan Quraisy dan tidak pernah berdusta!
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Doa Memohon Kebaikan...
    Tausyiah
    Selasa, 23 Juni 2020 - 19:50 WIB
    Pengasuh Majelis Darul Murtadza Malaysia Al-Habib Ali Zaenal Al-Hamid mengajarkan satu doa memohon kebaikan dan agar terpelihara dari bala yang diajarkan Rasulullah SAW.
  • Betapa Zuhudnya Rasulullah,...
    Tausyiah
    Minggu, 13 September 2020 - 06:30 WIB
    Jangan dikira perabotan yang dimiliki makhluk terbaik di alam semesta ini mewah. Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) adalah manusia paling Zuhud.
  • Ustaz Miftah el-Banjary:...
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 07:54 WIB
    Umat Islam di dunia berduka dengan wafatnya salah satu ulama besar yang dikenal sebagai Mufassir Abad 21 Prof Dr Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni, Jumat (19/3/2021).
  • Beginilah Tawakkal yang...
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 11:58 WIB
    Pimpinan Yayasan Al-Fachriyah Al-Habib Jindan bin Novel Salim Jindan memberi nasihat indah terkait tawakkal saat kajian Rauhah yang membahas Kitab Riyadhus Shalihin dan Ihya Ulumuddin.
  • Kisah Muhammad Iqbal...
    Dunia Islam
    Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:55 WIB
    Kelompok Qadiani yang mempercayai pendiri gerakan Ahmadiyyah sebagai penerima wahyu semacam Nabi Muhammad SAW, berarti mereka menyatakan bahwa seluruh dunia Islam adalah kafir.
  • Beri Jemaah Haji Rp6...
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 03:30 WIB
    Wakaf berusia 200 tahun ini berkembang seiring perjalanan waktu dan menjadi wakaf produktif berupa tanah, penginapan dan unit usaha lain di Tanah Suci.
  • Doa Setelah Tasyahud...
    Tips
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 12:05 WIB
    Imam Nawawi mengatakan doa setelah tasyahud akhir adalah syariat yang tidak diperselisihkan oleh para ulama. Setidaknya, minimal orang yang salat disunahkan membaca doa.
  • Kisah Said bin Jubair...
    Hikmah
    Sabtu, 23 April 2022 - 14:27 WIB
    Gubernur Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi memegang kedudukan dan kekuasaannya dengan penuh kesombongan. Dia tercatat telah membunuh Abdullah bin Zubair.
  • Ragam dan Sejarah Maulid...
    Hikmah
    Kamis, 28 September 2023 - 15:49 WIB
    Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini dirayakan pada hari Rabu 27 September. Banyak negara dengan populasi mayoritas Muslim menetapkan perayaan tersebut sebagai hari libur umum.
  • Dituduh Menyimpang karena...
    Hikmah
    Senin, 22 Juni 2020 - 11:35 WIB
    Beliau terjun di kancah peperangan dengan gigih yang tiada orang lain segigih beliau. Akan tetapi di saat pembagian ghanimah, tiada yang lebih enggan menerima daripada heliau.
  • Abdul Malik yang Berjuluk...
    Hikmah
    Kamis, 12 September 2024 - 16:31 WIB
    Para sejarawan mengenal Abdul Malik dengan sebutan Abul Muluk atau ayah para raja. Hal ini karena empat putranya, yaitu Al Walid, Sulaiman, Yazid II, dan Hisyam adalah para khalifah Dinasti Umayyah.
  • Ini Penyebab Retaknya...
    Hikmah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 14:09 WIB
    Gara-gara Haditsul Ifk itulah, Sitti Aisyah r.a. sangat kecewa mendengar Ali bin Abi Thalib r.a. dibaiat sebagai Khalifah oleh penduduk Madinah.
  • Para Suami Tirulah Sikap...
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:07 WIB
    Umar bin Khattab merupakan sosok mukmin yang memiliki karakter tegas dan keras dalam membela kebenaran. Figur pemberani dalam membela kebenaran sekaligus hatinya penuh kelembutan ketika bermuamalah dengan istrinya.
  • Leluhur Nabi Muhammad...
    Dunia Islam
    Selasa, 25 Januari 2022 - 09:21 WIB
    Para leluhur Nabi Muhammad SAW, seperti Hasyim dan Abdul Muthalib, adalah pemimpin kafilah dagang kaum Quraish. Hanya saja, mereka bukanlan taipan yang berlimpah harta.
  • Al-Fatih Kirim Hadiah...
    Hikmah
    Senin, 20 Juli 2020 - 13:48 WIB
    Al-Fatih mengirim beberapa surat pemberitahuan tentang penaklukkan Konstantinopel kepada penguasa negeri-negeri Muslim, termasuk penguasa Makkah. Sang Penakluk juga mengirim hadiah.