Topik Terkait: Hak Hak Hewan (halaman 3)

  • Jangan Paksakan Istri untuk Seperti Bidadari
    Muslimah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Seorang suami pasti mendambakan istrinya adalah seorang wanita sempurna. Bila perlu, potret bidadari tercetak atau terbalut pada istri mereka. Haruskah demikian?
  • 3 Sebab Adanya Hak Waris, Begini Penjelasan Prof Ash-Shabuni
    Tausyiah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 05:55 WIB
    Ada tiga sebab yang menjadikan seseorang mendapatkan hak waris. Salah satunya, Kerabat hakiki (yang ada ikatan nasab), seperti kedua orang tua, anak, saudara, paman, dan seterusnya.
  • Salah Satu Indikasi Keimanan adalah Berbuat Baik pada Tetangga, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 18:57 WIB
    Hak dan kedudukan tetangga bagi seorang muslim sangatlah besar dan mulia. Sampai-sampai sikap terhadap tetangga dijadikan sebagai indikasi keimanan. Dan hidup rukun dalam bertetangga adalah moral yang sangat ditekankan dalam Islam.
  • Hukum Hewan Kurban Dipotong sebelum Sholat Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 16:33 WIB
    Hukum hewan kurban dipotong sebelum sholat Idul Adha adalah tidak sah dan dinilai sebagai sembelihan bukan kurban. Jadi tidak memiliki nilai pahala ibadah kurban.
  • 3 Hewan yang Sah untuk Kurban, Apa Saja?
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 20:01 WIB
    Banyak pertanyaan seputar fiqih kurban yang setiap tahunnya selalu muncul di kalangan umat Islam. Salah satunya mengenai hewan yang sah untuk berkurban.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Hak-hak Istri Atas Diri Suami, Termasuk Rasa Cemburu
    Muslimah
    Rabu, 04 Januari 2023 - 11:38 WIB
    Selain kewajiban yang harus dijalankan seorang istri, ada hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya, Allah Taala sebutkan dalam Surat Al Baqarah : 228.
  • Inilah Pandangan Al-Quran Tentang Posisi dan  Kedudukan Anak
    Muslimah
    Rabu, 09 September 2020 - 20:23 WIB
    Islam memiliki pandangan yang berbeda terhadap anak jika dilihat dari perspektif Al-Quran, dan Al-Quran menempatkan beberapa posisi anak di dalam kehidupan ini
  • Suami Wajib Memberikan Nafkah Halal, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:11 WIB
    Dalam Islam, memenuhi nafkah keluarga merupakan kewajiban seorang suami. Melalui lisan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, Allah Taala telah menjelaskan tentang keutamaan memberi nafkah kepada keluarga.
  • Hak-hak Perawatan yang Harus Dipenuhi Seorang Muslimah
    Muslimah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 11:25 WIB
    Setiap manusia membutuhkan hak-hak dasarnya, termasuk untuk kalangan muslimah. Wanita dan pria pada hakikatnya memiliki unsur yang sama yaknitubuh, akal, dan ruh.
  • Bolehkah Berkurban dengan Hewan Pincang Atau Cacat? Ini Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum berkurban dengan hewan pincang atau cacat serta batasannya. Apakah hal ini sah dan dibolehkan? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Penjelasan Dalil Al-Quran dan Hadis Tentang Kewajiban Suami Menafkahi Keluarga
    Muslimah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 10:16 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala telah memberikan beberapa kelebihan kepada laki-laki yang tidak dimiliki perempuan. Maka dari itu sepantasnya laki-laki yang harus menafkahi keluarga mereka.
  • Bagaimana Islam Memutus Perkara Hak Khiyar dalam Pernikahan
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 11:29 WIB
    Dalam fiqih pernikahan, Islam mengatur tentang khiyar (hak pilih). Konsep khiyar diputuskan dalam Islam agar kedua pihak masing-masing dari calon suami atau istri mendapat keadilan.
  • Jangan Pelit Mendoakan Orang Bersin, Berikut Kisah Imam Abu Dawud
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 23:10 WIB
    Mendoakan orang bersin yang mengucap hamdalah sekilas terkesan remeh, padahal di dalamnya ada keutamaan besar. Berikut kisah Imam Abu Dawud mendoakan orang bersin.
  • Tak Melulu Wanita, Para Suami Juga Dianjurkan Berdandan untuk Istrinya
    Muslimah
    Rabu, 20 Oktober 2021 - 16:06 WIB
    Allah Subhanahu wa taala Maha Adil, dan Dia memerintahkan kepada keadilan dalam seluruh urusan. Di antara keadilan yang harus ditunaikan dalam rangka menggapai takwa adalah adil dalam hak dan kewajiban antara pasangan suami istri (pasutri).
  • Di Rumah Tak Menghalangi Perempuan Tetap Produktif
    Muslimah
    Kamis, 10 September 2020 - 06:42 WIB
    Bagi kaum perempuan, Work from Home (WFH) saat ini bisa jadi pembuktian bahwa dengan di rumah mereka bisa membangun karier dan bermanfaat tidak hanya untuk diri dan keluarganya, tetapi mungkin bagi orang lain.
  • Khulu, Hak Istri Meminta Cerai kepada Suaminya
    Muslimah
    Minggu, 18 September 2022 - 10:50 WIB
    Al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan apabila keretakan rumah tangga terjadi dari pihak perempuan saja, maka diperbolehkan baginya mengajukan khulu dan membayar fidyah.
  • Khutbah Jumat: Membangun Keluarga yang Islami, Menggapai Ridha Ilahi
    Tausyiah
    Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB
    Berikut adalah materi khutbah Jumat yang mengingatkan kepada kaum muslimin agar senantiasa berupaya membangun keluarga yang islami untuk menggapai ridha ilahi.
  • Inilah 7 Hak Istri Atas Diri Suaminya
    Muslimah
    Kamis, 18 November 2021 - 14:40 WIB
    Bagi istri, selain kewajiban yang harus dijalankan, ada hak-hak tertentu yang ia harus dapat dari suaminya. Soal hak-hak istri atas suaminya ada dalam firman Allah Taala surat al Baqarah ayat 228.
  • KDRT Diharamkan dalam Islam! Suami dan Istri Harus Pahami Hakikat Pernikahan
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 21:14 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan
  • Sering Diabaikan, Inilah 6  Hak Muslim Terhadap Muslim Lainya
    Muslimah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 07:16 WIB
    Islam selalu mengajurkan kepada kehormatan, kemuliaan dan kedamaian kepada umatnya, serta selalu mengadakan hubungan antara sesama mereka. Untuk menjalin hubungan ini, selain kewajiban terdapat hak atas setiap pribadi muslim terhadap muslim lainnya..