Topik Terkait: Hikmah Poligami (halaman 3)

  • Kisah Hikmah : Makhluk yang Lebih Buruk dari Iblis dan Firaun
    Muslimah
    Rabu, 09 Maret 2022 - 16:15 WIB
    Ada sebuah kisah yang termaktub dalam kitab an-Nawadir karya Syekh Syihabuddin Ahmad bin Salamah Al Mishri Al Qalyubi asy-Syafii. Kisah yang menceritakan pertemuan iblis dan Firaun.
  • Inilah Hikmah Besar Dibalik Ibadah Umrah
    Hikmah
    Sabtu, 22 Juli 2023 - 14:19 WIB
    Melaksanakan ibadah haji dan umrah adalah sebuah momentum besar. Haji dan umrah juga memiliki kesamaan, yakni sama-sama menunaikan ibadah ke KakBah atau Baitullah.
  • Memetik Hikmah dari Kisah Kesabaran Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:47 WIB
    Sabar bagi sebagian orang, awalnya terasa pahit dan akhirnya manis. Berikut sepenggal kisah Sayyidina Ali bin Abi Thalib yang dapat kita petik hikmah dan pelajaran berharga.
  • Kisah Hikmah : Jangan Berdusta Walaupun Hal Ringan
    Hikmah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 14:40 WIB
    Ada kisah ringan dari seorang shahabiyah (sahabat perempuan Nabi SAW) Asma binti Umais. Ia adalah salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam.
  • Kisah Hikmah : Meninggalkan Sesuatu karena Allah
    Hikmah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 17:29 WIB
    Terkadang seorang muslim dituntut untuk meninggalkan sesuatu karena Allah subhanahu wataala. Pada saat itulah, ada salah satu kaidah penting dalam kehidupan seorang muslim yang perlu untuk kita yakini bersama.
  • Kisah Hikmah : Golongan yang Selamat karena Takwa
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:19 WIB
    Banyak kisah dalam Al Quran yang memberikan pelajaran dan hikmah bagi hamba-hamba yang beriman. Salah satunya tentang hamba-hamba atau golongan yang selamat dari berbagai musibah dan ujian karena ketakwaan mereka kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Kisah Hikmah: Husain Cucu Rasulullah SAW Kehausan Jelang Sakaratul Maut
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 10:47 WIB
    Saat itu, Husain, cucu Rasulullah SAW yang kehausan meminta si pembunuh agar memberikannya air. Husain mencoba meraih air Sungai Efrat, namun dihalang-halangi.
  • Kisah Hikmah : Obat Jiwa Gelisah dari Ibnu Masud RA
    Hikmah
    Kamis, 16 Mei 2024 - 11:41 WIB
    Ada sebuah kisah yang penuh hikmah dari seorang sahabat Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam, yakni Ibnu Masud Radhiyallahuanhu. Bagaimana kisahnya?
  • Hikmah Mengembalakan Kambing dan Kecaman Bagi yang Menghina Para Nabi
    Hikmah
    Selasa, 03 Desember 2019 - 15:05 WIB
    Dalam sebuah hadis sahih yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah diutus seorang Nabi, terkecuali mereka pernah mengembalakan kambing.
  • Kisah Hikmah : Hukuman si Lelaki Penggoda
    Hikmah
    Jum'at, 03 November 2023 - 11:01 WIB
    Bermula dari kisah Khalifah Umar bin Khattab yang menghukum seorang lelaki yang sangat tampan, sehinga banyak perempuan tergoda karenanya. Sang Amirul Mukminin pun memberikan hukumannya berkali-kali.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Pukullah pada Tanda Ini
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 06:10 WIB
    Dzun-Nun, orang Mesir itu, menulis tentang cara menemukan pengetahuan yang tersembunyi dalam prasasti-prasasti peninggalan Firaun dengan perumpamaan.
  • Kisah Sufi Abdur-Rahtuan Jami: Si Bebal di Kota Agung
    Hikmah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 12:45 WIB
    Kisah ini juga dalam kumpulan lelucon Mulla Nasruddin. Kisah ini termuat dalam karya klasik spiritual Salaman dan Absal karya penulis dan ahli mistik abad kelima belas, Abdur-Rahtuan Jami.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Cara Menangkap Kera
    Hikmah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 05:40 WIB
    Tangan kera itu bebas dari botol, namun ia tertangkap oleh Si Pemburu. Si Pemburu memanfaatkan buah ceri dalam sebuah botol, dan ia sama sekali tidak kehilangan kedua benda itu.
  • Hikmah dari Doa yang Belum Diijabah, Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Senin, 06 November 2023 - 09:13 WIB
    Ketika doa belum terkabul atau belum diijabah oleh Allah Subhanahu wa taala, seringkali kita putus asa. Padahal, ada banyak hikmah dari belum terkabulnya doa tersebut.
  • Cara Jitu Menjebak Anak-Anak  Serakah ke Jalan yang Benar
    Hikmah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 06:46 WIB
    Guru, yang menghadapi ketidaksabaran dan keserakahan murid-murid, harus mengarahkan mereka kepada suatu kegiatan yang bisa bermanfaat dan konstruktif bagi mereka.
  • Kisah Sufi Najmudin Kubra: Latihan Orang yang Mudah Marah
    Hikmah
    Jum'at, 10 Desember 2021 - 14:17 WIB
    Kisah sufi ini konon tentang Najmudin Kubra, salah seorang ulama Sufi yang terbesar. Ia mendirikan Kubrawi (Persaudaraan yang Lebih Agung). Berikut kisahnya.
  • Penderitaan Hidup: Apakah Kita Air Dalam Gelas atau Sebuah Danau
    Hikmah
    Kamis, 08 April 2021 - 14:24 WIB
    Sebagian dari kita menghadapi persoalan hidup dalam penderitaan. Hidup serba kekurangan dan sering mendapatkan penghinaan. Baru jatuh cinta langsung putus. Baru menjabat tiba-tiba tergusur.
  • Cerita Sufi: Si Tolol dan Unta yang Sedang Makan Rumput
    Hikmah
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:44 WIB
    Salah satu petuah Maulana Majdud, adalah, pada cermin rusak dalam pikiranmu, bidadari bisa tampak mempunyai wajah setan.
  • Sang Raja dan Anak Miskin
    Hikmah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 06:36 WIB
    Sendirian saja, orang tidak akan bisa menempuh jalan dalam perjalanan batinnya. Kau tidak usah mencoba menempuhnya sendirian, sebab harus ada pembimbingmu.
  • Kisah Hikmah : Batal Puasa karena Lihat Istri
    Hikmah
    Selasa, 12 April 2022 - 14:32 WIB
    Syariat yang Allah Subhanahu wa taala turunkan kepada umat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tidak untuk menyulitkan. Justru sebaliknya. Allah Taala menjadikan ketetapan-Nya agar sesuai dengan kemampuan setiap orang.