Topik Terkait: Hubungan Pasutri Dalam Alquran (halaman 3)

  • Sunnatullah dalam Al-Quran Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 12:06 WIB
    KH Ali Yafie mengatakan sunnatullah yang diperkenalkan al-Quran tidaklah terbatas pada ketentuan-ketentuan yang mengatur alam materi saja, tapi juga menjangkau alam nonmateri.
  • Berikut Ini Ayat-Ayat Al-Quran Terkait Kedudukan Perempuan dalam Keluarga
    Muslimah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 13:25 WIB
    Prof Dr Abdul Halim Abu Syuqqah menukil ayat-ayat al-Quran terkait kedudukan perempuan dalam keluarga antara lain terkait bahwa wanita adalah ketenteraman bagi laki-laki.
  • 3 Tanda Orang yang Benar-benar Tawakkal
    Tausyiah
    Rabu, 14 Juli 2021 - 16:51 WIB
    Tawakkal merupakan bagian dari buah tauhid. Salah satu tanda orang mukmin sejati adalah memiliki sikap tawakkal kepada Allah Taala. Berikut tiga tandanya.
  • Syura dalam Al-Quran: Mementingkan Musyawarah dalam Setiap Persoalan yang Dihadapi
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Februari 2024 - 06:48 WIB
    Al-Quran menggunakan kata syura dalam tiga ayat. Pertama, surat Al-Baqarah ayat 233. Adapun ayat kedua dan ketiga yaitu surat Ali-Imran ayat 159 dan Asy-Syura ayat 38.
  • Penggunaan Takwil dan Metafora dalam Menafsirkan Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 11 Mei 2023 - 07:16 WIB
    Pada masa al-salaf al-awwal, ulama-ulama enggan menggunakan takwil atau memberi arti metaforis bagi teks-teks keagamaan. Imam Malik (w. 795 M), misalnya, enggan membenarkan seseorang berkata langit menurunkan hujan.
  • Surat Yasin Ayat 53-54: Penggiringan Massal dalam Proses Pengadilan Akhirat
    Tausyiah
    Kamis, 13 Januari 2022 - 20:31 WIB
    Surat Yasin ayat 53-54 termasuk dalam kelompok ayat yang membicarakan tentang keingkaran orang-orang kafir terhadap hari kebangkitan serta peneguhan kebenaran hari kebangkitan tersebut.
  • Fadhillah Membaca 100 Ayat Al-Quran dalam Salat Malam
    Tausyiah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 15:53 WIB
    Dalam banyak riwayat, Allah Taala memberikan keutamaan bagi mereka yang suka membaca Al-Quran, menyimak dan mentadabburinya. Berikut keutamaan bagi yang membaca 100 ayat dalam salat malam.
  • Gambaran Bidadari Surga dalam Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 10 November 2021 - 19:27 WIB
    Allah Subhanhu wa taala telah menjanjikan bidadari surga sebagai kenikmatan bagi setiap hambanya yang bertakwa dan beriman. Dan bidadari diciptakan tanpa celah, tiada bandingannya jika bersanding dengan perempuan-perempuan dunia
  • Mengenal 3 Wanita Muslimah yang Dikisahkan dalam Surat At Tahrim
    Muslimah
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 18:43 WIB
    Surat at-Tahrim yang terletak di akhir juz dua puluh delapan. Merupakan surat yang Allah turunkan untuk mengingatkan nabi dan istri-istri nabi yaitu Aisyah dan Hafshah yang cemburu kepada Zainab.
  • Kelakuan Tengil Anjing  dan Kucing di Bahtera Nabi Nuh
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 22:46 WIB
    Perintah Nabi Nuh AS dituruti oleh semua penumpang yang ada di bahtera, kecuali anjing. Binatang ini mengawini betinanya. Kucing pun mengadu kepada Nabi Nuh.
  • Bolehkah Menjual Mahar Nikah? Simak Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 19:11 WIB
    Mahar nikah merupakan salah satu bagian dari wajib nikah yang harus dipenuhi oleh laki-laki kepada perempuan. Karena itu prosesi pemberian mahar ini tak dapat dilepaskan dalam sebuah prosesi pernikahan dalam Islam.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Mujadilah, Salah Satunya Dapat Meredakan Sakit
    Tips
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 16:46 WIB
    Surat Al-Mujadilah memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui kaum muslim. Surat yang diturunkan setelah Surat Al-Munafiqun ini memiliki arti wanita yang mengajukan gugatan.
  • Menjadi Istiqamah dalam Ketaatan Setelah Ramadhan Berlalu
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:00 WIB
    Ramadhan akan segera berlalu, dan merupakan karunia besar bagi hamba-hamba yang beriman adalah bisa bertemu dengan Ramadhan serta dapat menyempurnakan ibadah di dalamnya hingga akhir bulan Ramadhan
  • Doa Khotmil Quran, Arab, Latin dan Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia
    Tips
    Selasa, 19 Maret 2024 - 16:27 WIB
    Doa Khatam Quran lengkap Arab, Latin dan terjemah dalam Bahasa Indonesia perlu diketahui umat Islam karena isi doa tersebut sangat mulia dan menghendaki rahmat Allah Taala.
  • Wanita Sangat Dimuliakan dalam Islam, Ini 4 Fase Kemuliannya
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 13:00 WIB
    Kaum wanita hidup dengan penuh kemuliaan dalam agama Islam. Mereka dimuliakan dalam semua fase kehidupan yang mereka lalui, dan diberikan hak-hak khusus oleh Islam. Apa saja kemuliaannya?
  • Nabi Idris Trauma Setelah Plesir ke Neraka Jahanam
    Hikmah
    Kamis, 30 April 2020 - 17:22 WIB
    Allah mengizinkan malaikat maut untuk melakukan perjalanan itu. Maka, dibawalah Nabi Idris oleh Malaikat Maut datang ke malaikat penjaga neraka.
  • Selain Makkah dan Madinah, 8 Kota Ini Tercantum dalam Al Quran
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 14:50 WIB
    Ada kisah-kisah dalam Al Quran yang berlatar di kota-kota yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.
  • Menolak Sujud Kepada Adam, Malaikat  Azazil Jadi Setan Terkutuk
    Hikmah
    Senin, 04 Mei 2020 - 02:32 WIB
    Ketika itu, bentuk Iblis berubah, dia menjadi setan yang terkutuk. Sebelumnya dia bernama Azazil dan merupakan salah satu di antara malaikat yang terpandang.
  • Inilah Makna Doa yang Disebutkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Kamis, 29 Juni 2023 - 19:22 WIB
    Doa adalah sebuah untaian kalimat yang dipanjatkan seorang hamba kepada sang penciptanya. Lantas, apa makna doa itu sendiri? Dan bagaimana makna doa dalam pandangan Al-Quran?
  • Ketika Ada Dusta Di Antara Pasutri, Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:06 WIB
    Kesalahan atau aib masa lalu yang kita tutupi rapat-rapat tiba-tiba tersingkap oleh pasangan, bolehkah seorang istri atau suami berdusta? Atau ketika ada masalah rumah tangga kemudian takut membesar, maka berbohong tentangnya? Bolehkah berdusta?