Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 70)

  • Manfaat Surat Al-Waqiah...
    Tips
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 14:39 WIB
    Manfaat Surat Al-Waqiah jika dibaca rutin bisa terhindar dari kemiskinan dan mendatangkan rezeki. Selanjutnya, Surat Al-Waqiah termasuk salah satu surat yang membuat Rasulullah beruban.
  • Tobat Hasan Al-Basri...
    Hikmah
    Jum'at, 05 November 2021 - 17:31 WIB
    Imam Hasan Al-Basri sebelum memutuskan bertobat dan menjadi seorang sufi didahului dengan pengalaman rohani yang menggugah hati. Salah satunya adalah kisah ini,
  • Berikut Ini Khasiat...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 15:09 WIB
    Keistimewaan surah Thaha, barangsiapa membawanya lalu dia pergi ke suatu kaum di mana dia ingin menikah dengan anak mereka maka mereka akan menikahkannya.
  • Buah Manis Ukhuwah Islamiyah...
    Tausyiah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 08:40 WIB
    Apalah artinya berukhuwah jika kamu tidak membantu saudaramu ketika memerlukan dan menolongnya ketika dia ditimpa oleh cobaan, serta belas kasihan kepadanya ketika ia lemah.
  • Khasiat Surat Al-Lahab,...
    Hikmah
    Jum'at, 08 September 2023 - 13:21 WIB
    Khusus keistimewaan surah Al-Lahab, Sayyid Al-Muqaddam mengatakan, hendaklah dibacakan pada orang yang terkena berbagai penyakit, terutama sakit perut (mulas) insyaAllah dia akan sembuh.
  • Surat Al-Jumu’ah Ayat...
    Tausyiah
    Kamis, 17 Maret 2022 - 14:43 WIB
    Di hari yang teramat mulia ini, umat Islam diperintahkan untuk melakukan sembahyang secara berjamaah yang kemudian kita kenal dengan sholat Jumat
  • Jalan Kaum Sufi Menurut...
    Hikmah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:24 WIB
    Sufisme adalah ajaran sebaik persaudaraan kaum Sufi, orang-orang mistis yang berbagi keyakinan bahwa pengalaman batiniah bukanlah bagian dari kehidupan, tetapi kehidupan itu sendiri.
  • Syeikh Ahmad Al-Misri...
    Tausyiah
    Kamis, 30 April 2020 - 09:00 WIB
    Riya merupakan salah satu perbuatan tercela yang dibenci oleh Allah Taala dan Rasul-Nya. Penyakit ini termasuk syirik kecil yang wajib dijauhi setiap muslim.
  • Berkurban Atas Nama...
    Tips
    Senin, 19 Juli 2021 - 10:30 WIB
    Salah satu rukun sah dari berkurban adalah membaca niat dalam berkurban. Lalu, bagaimana hukumya jika niat berkurban atas nama orang tua atau nama keluarga yang lain? Lantas, bagaimana pahalanya untuk yang berkurban?
  • Mengontruksi Ulang Tafsir...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 19:29 WIB
    Ada yang mengartikan al-thair dengan sejenis serangga atau dewasa ini sering disebut dengan virus. Virus atau mikroba ini disebarkan melalui angin yang memusnahkan seluruh pasukan gajah Abrahah.
  • Hukum Ciuman Pasutri...
    Tausyiah
    Senin, 04 April 2022 - 15:22 WIB
    Hubungan seks pasangan suami istri di siang hari pada Ramadhan tak sekadar membatalkan puasa melainkan juga wajib membayar denda atau kaffarat. Lalu bagaimana dengan ciuman pasangan suami istri?
  • Sejarah Kedatangan Muslim...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Oktober 2023 - 10:30 WIB
    Sebelum masa Islam, negeri Syam mengenal tiga entitas Arab. Pertama adalah kemunculan kabilah Anbath di wilayah selatan, Tadmur di wilayah utara dan kabilah Ghassan berada antara kedua kabilah tersebut.
  • Tafsir Surat Al-Kahfi...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 15:54 WIB
    Ashabul Kahfi tidur dalam gua selama 300 tahun menurut perhitungan ahli kitab berdasarkan tahun syamsiah atau 309 tahun menurut perhitungan orang Arab berdasar bilangan tahun qamariah.
  • Pandangan Islam Terhadap...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Sistem Komunis menghilangkan pemilikan pribadi secara mutlak, kecuali sebagian barang-barang ringan, seperti perkakas rumah dan kendaraan.
  • Cara Wudhu yang Benar...
    Tips
    Sabtu, 18 September 2021 - 21:11 WIB
    Cara wudhu yang benar menurut Al-Quran dan Sunnah perlu diketahui setiap muslim. Wudhu yang sempurna akan membuat kita beribadah lebih khusyu. Berikut tata caranya.
  • Al-Qasim: Derita Panjang...
    Hikmah
    Rabu, 23 September 2020 - 13:35 WIB
    Orang-orang banyak belajar kepada cucu Abu Bakar Ash-Shiddiq ini dengan penuh perhatian. Sementara beliau memberikan ilmunya tanpa pamrih atau jual mahal.
  • 12 Laporan Kritis tentang...
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:57 WIB
    Setidaknya ada 12 laporan kritis lembaga dunia, termasuk PBB, tentang pelanggaran hak azasi manusia yang dilakukan Israel. Sayangnya, laporan itu tak menjadikan kebrutalan Negeri Yahudi itu mereda hingga kini.
  • Bagaimana Hukum Seorang...
    Muslimah
    Kamis, 06 Juli 2023 - 13:18 WIB
    Bagaimana hukum wanita atau seorang istri yang tidak mau hamil lagi? Haruskah ada alasan syari atau tidak? Bagaimana Islam memandang hal tersebut?
  • Karomah Habib al-Ajami,...
    Hikmah
    Jum'at, 22 Oktober 2021 - 16:43 WIB
    Kisah ini berisi tentang karomah Habib Al-Ajami sebagaimana diuturkan Farid al-Din Attar. Seorang ibu sangat merindukan anaknya yang tengah merantau. Berkat doa Habib sang pemuda langsung mudik.
  • 3 Sebab Ulama Haramkan...
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:02 WIB
    Mengapa para ulama, fikih mutaakhirin lebih bersikap keras untuk melarang lagu-lagu terutama dengan alat-alat musik, daripada ulama fikih masa lalu? Syaikh Yusuf Al-Qardhawi menyebebut beberapa sebab.