Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 11)

  • 8 Keutamaan Surat Al...
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:35 WIB
    Surat Al Kautsar merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.
  • 29 Jenis Hukum Tajwid...
    Tips
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:23 WIB
    Jenis Hukum Tajwid ini perlu dipahami oleh setiap muslim, mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah dan akan menjadi fardhu ain atau wajib dalam pengamalannya ketika membaca Al Quran.
  • Surat-surat Al Quran...
    Tips
    Rabu, 21 September 2022 - 12:40 WIB
    Ada beberapa surat dalam Al Quran yang digunakan untuk ruqyah. Ruqyah sendiri adalah salah satu metode penyembuhan secara Islam yang menggunakan bacaan yang bersumber pada Al-Quran dan hadis.
  • Hukum Kurban Online,...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Keutamaan Membaca Surat...
    Tips
    Minggu, 16 Oktober 2022 - 20:12 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Waqiah 3 kali sehari sangat luar biasa, terutama bagi yang rutin mengamalkannya maka ia tidak akan ditimpa kefakiran atau kemiskinan selamanya.
  • Berikut Ini Ayat-Ayat...
    Muslimah
    Kamis, 24 Agustus 2023 - 13:25 WIB
    Prof Dr Abdul Halim Abu Syuqqah menukil ayat-ayat al-Quran terkait kedudukan perempuan dalam keluarga antara lain terkait bahwa wanita adalah ketenteraman bagi laki-laki.
  • Bani Israil, Bangsa...
    Hikmah
    Sabtu, 04 November 2023 - 10:25 WIB
    Bani Israil merupakan bangsa yang paling sering diceritakan dalam al-Quran. Terhitung 41 kali kata Bani Israil diulang, juga terdapat dua ayat yang hanya menyebutkan kata israil.
  • Al-Quran Membebaskan...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Juli 2024 - 18:28 WIB
    Prof Dr M Quraish Shihab mengatakan Al-Quran membebaskan manusia untuk memilih kedua jalan --baik dan buruk-tetapi ia sendiri yang harus mempertanggungjawabkan pilihannya
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hukum Islam yang dicita-citakan umat Islam bukanlah fikih salah satu mazhab pada masa tertentu. Hukum Islam yang diinginkan adalah kaidah-kaidah dan hukum-hukum yang pokok yang telah ditetapkan oleh Al Quran dan Sunnah.
  • Hukum Melepas Alas Kaki...
    Tips
    Kamis, 10 Juni 2021 - 11:48 WIB
    Seringkali ada adab yang terlupa ketika berziarah kubur ini, salah satunya yakni melepas alas kaki ketika di kuburan. Bagaimana sebenarnya hukum melepas alas kaki di kuburan ini?
  • Sejarah Nuzulul Quran,...
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:14 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah
  • Surat Al-Kafirun, Surat...
    Muslimah
    Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:49 WIB
    Beberapa surat pendek yang sering kita baca saat melaksanakan salat, ternyata banyak memiliki keutamaan dan fadhilah. Salah satunya adalah surat Al-Kafirun.
  • Tiga Penghafal Quran...
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 16:10 WIB
    Ada tiga penghafal quran pertama dalam sejarah Islam yang memiliki andil mengumpulkan lembaran Alquran sepeninggal Rasulullah SAW.
  • Hukum Berkurban untuk...
    Tausyiah
    Sabtu, 11 Juni 2022 - 21:25 WIB
    Hukum berkurban untuk orang yang sudah meninggal perlu diketahui umat Islam supaya tidak salah kaprah dalam menafsirkan hukum. Begini penjelasannya.
  • Kisah Ngerinya Hari...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:02 WIB
    Kisah ngerinya hari Kiamat pada Surah Al-Qariah perlu ditadabburi umat muslim sebagai peringatan untuk menyiapkan bekal iman dan takwa. Berikut gambarannya.
  • Begini Pesan Al-Azhar...
    Tausiyah
    Sabtu, 04 April 2020 - 10:52 WIB
    Syaikh Ahmad Al-Tayyeb berpesan agar kita semua melakukan tindakan pencegahan dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh para ilmuwan, dan mengajak untuk memperbanyak sedekah serta berserah diri pada Allah dengan salat dan doa
  • Keutamaan Tadarus Al-Quran...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 05:10 WIB
    Tadarus Al-Quran pada malam-malam Ramadan sudah menjadi tradisi bagi muslim di Indonesia. Tadarus Al-Quran ini memiliki keutamaan apalagi dilakukan secara berjamaah.
  • 3 Pendapat Mengenai...
    Tausyiah
    Senin, 27 Maret 2023 - 12:03 WIB
    Salah satu pokok perselisihan di kalangan umat Islam yang terkait erat dengan masalah tawil ialah adanya ayat-ayat suci al-Quran yang muhkamat dan yang mutasyabihat.
  • 3 Surat Al-Quran yang...
    Tips
    Rabu, 14 September 2022 - 10:29 WIB
    Doa untuk ibu merupakan salah satu wujud menghormati dan berbakti kepada orang tua. Di dalam Al Quran dan hadis pun jelas disebutkan perintah untuk menghormati kedua orangtua, terutama Ibu
  • Habib Ahmad dan Majlis...
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 21:48 WIB
    Pondok Pesantren Al Hawthah Al Jindaniyah menggelar acara Doa Bersama sebagai ungkapan syukur dan terima kasih kepada para donatur yang telah memberi perhatian dan bantuannya.