Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 105)

  • Bagaimana Hukum Salat...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 10:25 WIB
    Bagaimana hukumnya jika salat fardhu dilakukan ketika azan baru saja berkumandang? Haruskah ada jeda atau menunggu iqomat terlebih dahulu?
  • Bolehkah Anak Kecil...
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 04:30 WIB
    Haji merupakan salah satu rukun Islam yang cara pelaksanaannya berbeda dengan empat rukun Islam lainnya. Ibadah yang satu ini hanya bisa dilaksanakan di Tanah Suci Makkah.
  • Kapan Hari Akhir Tiba?...
    Tausyiah
    Senin, 28 Februari 2022 - 18:08 WIB
    Al-Quran dan hadis-hadis Nabi SAW yang berbicara panjang lebar tentang hari akhir, tidak membicarakan sedikit pun tentang masa kedatangannya. Lalu, kapan hari kiamat itu tiba?
  • Tak Ada Sholat Qabliyah...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 19:36 WIB
    Dalam sholat idul fitri tidak ada azan dan iqamah. Juga tanpa shalat qabliyah dan bakdiyah. Sejak malam Id takbir sudah dikumandangkan berulang-ulang, semua bersuka cita menyambut datangnya hari raya Idul Fitri.
  • Tafsir Surat Al-Mulk...
    Tausyiah
    Kamis, 10 November 2022 - 20:50 WIB
    Selain menerangkan kekuasaan Allah dalam menciptakan langit, Surat Al-Mulk juga berisi peringatan kepada orang-orang kafir yang mendustakan Allah dan Rasul-Nya.
  • Al-Quran Salah Satu...
    Hikmah
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:47 WIB
    Imam Chirri menjelaskan bahwa banyak faktor yang menyebabkan meluasnya Islam. Saya tidak akan menyebutkan semuanya, tetapi saya dapat menunjukkan beberapa faktor, ujarnya lalu menyebut salah satunya adalah al-Quran.
  • Cara Meruqyah Diri Sendiri...
    Tausiyah
    Rabu, 20 November 2019 - 17:47 WIB
    Ruqyah syariyyah adalah sebuah wasilah dengan membacakan ayat-ayat Alquran dan doa untuk kesembuhan suatu penyakit dan upaya mencegah diri dari gangguan jin dan setan.
  • Jangan Asal Bicara Tentang...
    Dunia Islam
    Sabtu, 11 November 2023 - 19:09 WIB
    Ulama asal Mesir yang kini bermukim di Indonesia, Syaikh Ahmad Al-Misry mengkritik sejumlah tokoh dan Dai di Tanah Air yang asal bicara tentang Palestina.
  • Kisah Tobat Imam Ibnu...
    Hikmah
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 22:18 WIB
    Kisah tobat Imam Ibnu Aqil Al-Hanbali (wafat 513 H) dari paham Mutazilah termasuk di antara kisah hikmah yang sarat pelajaran berharga. Simak kisahnya.
  • Rasulullah SAW Membaca...
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 11:24 WIB
    Di antara hikmah membaca kedua surat di atas ialah untuk mengingat penciptaan Adam dan kondisi hari kiamat, karena keduanya terjadi pada hari Jumat
  • Ramadhan Itu Bulan Hidayah...
    Tausiyah
    Kamis, 23 Mei 2019 - 19:34 WIB
    Ini adalah cerita yang telah berkali-kali saya sampaikan dalam banyak kesempatan. Tapi sebagai pengingat dan penguat, saya sampaikan sekali lagi.
  • Jelang Kiamat Akan Muncul...
    Hikmah
    Sabtu, 26 November 2022 - 14:25 WIB
    Di akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari Qahthan, orang-orang taat kepadanya, dan berkumpul padanya. Hal itu terjadi ketika zaman telah berubah.
  • Canda Ala Sufi: Membacakan...
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 06:41 WIB
    Orang-orang meminta kepada Nashruddin untuk membacakan talqin untuk almarhum. Nashruddin menolak lalu bilang, dia tidak akan mendengarkan omonganku.
  • Anak Hasil Perzinaan,...
    Muslimah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 07:37 WIB
    Perzinaan sepertinya sudah dianggap biasa di kalangan muda-muda saat ini. Akhirnya, banyak wanita dengan menahan malu telah memiliki isi dalam perutnya, lalu lahirlah anak tanpa hasil pernikahan sah tersebut.
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Sabtu, 11 November 2023 - 17:50 WIB
    Hukum tajwid Surat Al-Qasas Ayat 81 menarik untuk dipelajari. Terlebih, bagi kaum muslim yang sedang belajar tahsin dan ilmu tajwid. Berikut penjelasannya.
  • Kalimat Kedua Syahadatain,...
    Tausyiah
    Senin, 08 Februari 2021 - 19:22 WIB
    Kedua kalimat ini dikenal dengan nama Syahadatain atau dua kalimah kesaksian. Kalimat kedua merupakan jembatan hati antara setiap Muslim dengan al-Quran
  • Pesan Habib Ali Al-Jufri...
    Tausyiah
    Minggu, 17 Januari 2021 - 10:17 WIB
    Ulama kharismatik asal Uni Emirat Arab (UEA) Al-Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman Al-Jufri (Habib Ali Al-Jufri) menyampaikan pesan takziyah atas wafatnya Habib Ali Assegaf.
  • Manfaat Membaca Al-Kahfi...
    Tips
    Senin, 07 November 2022 - 16:57 WIB
    Manfaat membaca Al-Kahfi setiap hari secara rutin boleh jadi banyak. Apalagi dengan membaca Al-Quran saban hari. Hanya saja, tidak ada tuntunan khusus tentang membaca surat Al-Kahfi secara rutin setiap hari tersebut.
  • Ada Tidaknya Mahram...
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:52 WIB
    Bentuk safar yang ketiga adalah Safar Wajib. Contoh dari safar wajib ini seperti melakukan perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji , menolong orang sakit, dan berbakti kepada orang tua
  • Ini Mengapa Perempuan...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 September 2023 - 08:53 WIB
    Masalah jabatan peradilan dan politik, Abu Hanifah memperbolehkan kaum wanita menempati jabatan hukum sepanjang diperbolehkan memberikan kesaksian di situ, maksudnya selain masalah-masalah kriminalitas.