Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 109)

  • Al-Quran dan Hadis Koreksi...
    Hikmah
    Jum'at, 16 Oktober 2020 - 08:02 WIB
    Barangsiapa membaca kisah Yunus dalam Taurat setelah dia mengetahui kisah yang benar di dalam Al-Quran dan hadis yang sahih, maka dia mengetahui bahwa kisahnya telah diselewengkan
  • Arti Marhaban Ya Ramadhan
    Tausyiah
    Selasa, 29 Maret 2022 - 15:07 WIB
    Kalimat Marhaban Ya Ramadhan bisa diartikan sebagai ucapan selamat datang bagi bulan Ramadhan. Namun, agar lebih jelas sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.
  • Belum Ganti Utang Puasa...
    Tausyiah
    Minggu, 11 Februari 2024 - 09:20 WIB
    Bagi kaum muslim yang maish memiliki utang puasa, bulan Syaban merupakan bulan terakhir untuk mengganti., karena menyegerakan qadha (bayar ganti) puasa itu lebih utama.
  • Hukum Puasa Pada Hari...
    Tips
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 12:51 WIB
    Bagaimana hukum puasa pada hari Jumat? Boleh atau tidak? Mana dalilnya? Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering muncul, tentang ibadah sunnah yang dilaksanakan pada hari Jumat.
  • Cara Membaca Tajwid...
    Tips
    Rabu, 08 November 2023 - 20:52 WIB
    Surat An-Nasr (pertolongan) merupakan surat ke 110 dalam mushaf Al-Quran terdiri 3 ayat. Berikut cara membaca ilmu tajwid Surat An-Nasr ayat 1-3.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Nabi Isa dan Enam...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Desember 2019 - 05:21 WIB
    Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Nabi Isa alaihissalam (Isa Al-Masih) memiliki 6 mukjizat yang diabadikan dalam Al-Quran. Mukjizat itu sebagai tanda dan bukti kenabian beliau.
  • Buya Yahya Ceritakan...
    Tausiyah
    Kamis, 19 Desember 2019 - 17:48 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon, Buya Yahya Zainul Maarif menyampaikan kisah Iblis dan Ikrimah saat Maulid Nabi di Al-Bahjah Buyut.
  • Ini Karamah Syaikh Abdul...
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 05:00 WIB
    Setelah apel dikupas dari tangan al-Jilani terciumlah bau harum dan manis tetapi anehnya kupasan khalifah tercium bau busuk dan penuh dengan ulat.
  • Inilah Konsekuensi Jika...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 11:21 WIB
    Bagi umat Islam yang sudah baligh, ada kewajiban seseorang yang tidak berpuasa di bulan Ramadan berdasarkan sebabnya yakni harus menggantinya di waktu lain. Lantas bagaimana yang tidak mengqadhanya?
  • Zina Panca Indera dan...
    Muslimah
    Minggu, 08 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Zina adalah suatu perbuatan keji dan diharamkan. Dosa pelaku zina bahkan dinyatakan setingkat di bawah pembunuhan yang untuk mendekatinya saja, kita sebagai umat islam sangat dilarang.
  • Argumen yang Membolehkan...
    Tausyiah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Terlarangkah mengucapkan salam semacam itu? Bukankah Al-Quran telah memberikan contoh? Bukankah ada juga salam yang tertuju kepada Nuh, Ibrahim, Musa, Harun, keluarga Ilyas, serta para nabi lainnya?
  • Hukuman Pencuri di Dunia...
    Hikmah
    Senin, 19 Agustus 2024 - 11:19 WIB
    Pencuri dan pencurian jumlahnya semakin meningkat dan merajalela. Mengapa tindakan kriminal ini susah diberantas? Bagaimana hukumannya dan benarkah ada azabnya di akhirat kelak?
  • Keutamaan dan Hukum...
    Tips
    Minggu, 06 November 2022 - 10:04 WIB
    Amien (tamn) adalah perhiasan sholat seperti mengangkat kedua tangan yang merupakan perhiasan sholat. Juga termasuk mengikuti sunnah dan mengagungkan perintah Allah.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Hukum Tajwid Surat Al Maidah ayat 8 ini perlu dipahami oleh setiap muslim supaya mengetahui kapan harus membaca dengan panjang, dengung, atau jelas.
  • Hukum Bersalaman dan...
    Tips
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 20:45 WIB
    Kita sering menyaksikan orang-orang mencium tangan orang alim atau orang saleh ketika bersalaman. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini?
  • Ibnu Mas’ud Suruh...
    Hikmah
    Minggu, 02 Mei 2021 - 04:15 WIB
    Saya tidak khawatir anak-anak saya akan hidup miskin. Rasulullah bersabda, sesiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya.
  • Kisah Hikmah: Tiga Pertanyaan...
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Dia adalah Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan salah seorang sahabat di masa Rasulullah SAW, dan sempat diangkat sebagai salah seorang pencatat wahyu setelah bermusyawarah dengan Malaikat Jibril
  • Luangin Waktu Buat Quran
    Tausiyah
    Minggu, 18 Juni 2017 - 06:00 WIB
    Sering kita ga ada waktu untuk Qur&rsquoan. Giliran kongkow-kongkow, banyak waktu. Giliran liburan siap-siapnya dari beberapa bulan bahkan tahun yang lalu.
  • Menceritakan Nikmat...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:14 WIB
    Allah memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa bersyukur dan mengagungkan nikmat yang dikaruniakan-Nya. Apakah menceritakan nikmat bentuk syukur atau pamer? Simak penjelasannya.
  • Kimia Kebahagiaan Al-Ghazali:...
    Tausyiah
    Senin, 09 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Pengetahuan tentang diri adalah kunci pengetahuan tentang Tuhan, sesuai dengan Hadis: Dia yang mengetahui dirinya sendiri, akan mengetahui Tuhan,