Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 162)

  • Perintah Makan dalam...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juni 2024 - 19:46 WIB
    Bertitik tolak dari kedua ayat tersebut dan beberapa ayat lain, para ulama berkesimpulan bahwa pada prinsipnya segala sesuatu yang ada di alam raya ini adalah halal untuk digunakan.
  • Aspek Hukum Puasa: Mereka...
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:44 WIB
    Orang-orang tua atau orang yang mempunyai pekerjaan yang sangat berat, sehingga puasa sangat memberatkannya, sedang ia tidak mempunyai sumber rezeki lain kecuali pekerjaan itu.
  • Hukum Balas Dendam saat...
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 17:33 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak, tidak bisa mengontrol diri, karena tubuh terlalu lemas dan lapar saat siang hari.
  • Cerita Gus Baha Akui...
    Tausyiah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 11:57 WIB
    Ceramah Gus Baha mengakui keilmuan Tuan Guru Bajang menarik untuk disimak. Sebagaimana diketahui, kedua cendekiawan muslim ini memiliki banyak kesamaan.
  • Abu Ubaidah, Komandan...
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 05:15 WIB
    Nama pahlawan Islam ini tak sepopuler Khalid bin Walid. Dia adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Dia pula yang menjadi komandan perang saat Yerusalem takluk di bawah Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab
  • Pandangan Islam Terhadap...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 15:56 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Sistem Komunis menghilangkan pemilikan pribadi secara mutlak, kecuali sebagian barang-barang ringan, seperti perkakas rumah dan kendaraan.
  • Ada 3 Amalan Khusus...
    Tips
    Jum'at, 17 Desember 2021 - 08:03 WIB
    Hari Jumat merupakan hari istimewa bagi umat muslim. Keistimewaan dan kemuliaan hari Jumat ini banyak diriwayatkan dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Senin, 07 Oktober 2024 - 13:34 WIB
    Surat Al-Baqarah ayat 83 merupakan ayat yang sangat penting dalam Al-Quran, terutama dalam membahas hubungan manusia dengan Allah dan sesama manusia.
  • Niat Sholat Jamak Zhuhur...
    Tips
    Jum'at, 29 September 2023 - 21:54 WIB
    Berikut niat sholat Jamak Zhuhur dan Ashar beserta tata caranya. Jamak artinya mengumpulkan dua sholat fardhu dalam satu waktu dan dikerjakan secara berturut-turut.
  • Etika Debat dalam Al-Qur’an:...
    Hikmah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 15:43 WIB
    Formulasi terkait etika diskusi bisa dipahami sebagai jumlah ketentuan moral atau akhlak tentang apa yang baik dan buruk untuk dilakukan dalam hal adu argumentasi demi mendapatkan kebenaran.
  • Baca Surat Al Kahfi...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Maret 2022 - 15:32 WIB
    Hari Jumat selain sebagai hari raya umat Islam, juga menjadi momentum untuk memperbanyak ibadah sunnah. Membaca Surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan sunnah.
  • Makanan Halal: Tidak...
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:29 WIB
    Al-Quran mengharamkan: Memakan sembelihan yang disembelih selain atas nama Allah, Janganlah kamu memakan apa-apa yang tidak disebut nama Allah atasnya, karena yang demikian itu adalah kefasikan
  • Bukti-Bukti Keniscayaan...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 14:36 WIB
    Bukankah makhluk yang termulia adalah makhluk yang berjiwa? Bukankah yang termulia di antara mereka adalah yang memiliki kehendak dan kebebasan memilih?
  • Hukum Bacaan Lam Jalalah...
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:44 WIB
    Hukum bacaan lam jalalah, tafkhim, dan tarqiq menjadi informasi penting untuk diketahui. Khususnya, bagi Anda yang sedang mempelajari ilmu tajwid agar bisa membaca Al Quran dengan benar.
  • Hukum Menggabung Puasa...
    Tausyiah
    Senin, 16 Mei 2022 - 07:30 WIB
    Setelah puasa Ramadhan, umat muslim dianjurkan menunaikan yaitu puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Bolehkah menggabung niat puasa qadha dan puasa Syawal?
  • Manfaat dan Keindahan...
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Apabila jiwa seni itu adalah bagaimana merasakan adanya keindahan dan menghayatinya, maka itulah yang diingatkan oleh Al Quran untuk diperhatikan, dan Al Quran telah menegaskan dalam banyak ayatnya.
  • Mendalami Al-Quran Kini...
    Hikmah
    Rabu, 01 April 2020 - 20:13 WIB
    Al-QURAN diturunkan ke dunia oleh Allah Taala sebagai petunjuk jalan yang benar. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan isi Al-Quran.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 05:15 WIB
    Wajib bagi umat Islam mempelajari dan mengajarkannya serta memperdalam (mengambil spesialisasi), sehingga umat Islam tidak lagi bergantung kepada umat lainnya dan tidak dikuasai oleh umat lain.
  • Kisah Sufi yang Mirip...
    Hikmah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 08:57 WIB
    Kisah ini kemunculan pertamanya ada di dalam Al-Quran, Surat ke-18 (Al-Kahfi). Konon, versi ini berasal dari Jan-Fishan Khan. Anehnya, kisah ini merupakan sumber ilham bagi Hermit, karangan Parnell.
  • Kekeliruan Ahli Kitab...
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 23:21 WIB
    Al-Quran mengabadikan keyakinan keliru Ahli Kitab Yahudi dan Nasrani tentang ilmu Tauhid. Berikut ucapan yang keluar dari mulut mereka.