Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 59)

  • Dilarangnya Tidak Tidur...
    Muslimah
    Selasa, 13 April 2021 - 20:03 WIB
    Kondisi perut yang kenyang dan rasa kantuk yang masih tersisa kerap membuat seseorang memilih kembali tidur usai santap sahur. Padahal, baik secara kajian agama maupun kesehatan prilaku ini termasuk dalam kategori yang kurang baik.
  • Benarkah Pahala Bacaan...
    Tausiyah
    Senin, 16 Desember 2019 - 15:20 WIB
    Sebelumnya telah dipaparkan ulama yang menyatakan pahala bacaan Alquran sampai kepada mayit. Adapun ulama yang mengatakan pahala bacaan Alquran tidak sampai kepada mayit yaitu:
  • 15 Ramadhan Tahun Ini...
    Hikmah
    Minggu, 26 April 2020 - 02:32 WIB
    Menurut Gus Miftah, saat ini yang paling penting adalah mengumpulkan bekal untuk menghadapi kiamat. Taubat dan perbanyak amal saleh sehingga kita punya bekal.
  • Ini Mengapa Nabi dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan yang jelas, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Islam Sangat Melarang...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:29 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan . Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan...
    Muslimah
    Selasa, 27 September 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad Yusuf Qardhawi mengatakan 3 hal yang dapat mengeluarkan perempuan dari batas tabarruj atau kesopanan Islam. Pertama adalah Ghadh-dhul Bashar.
  • Apa Hukum Berzikir di...
    Tausiyah
    Selasa, 29 Mei 2018 - 17:19 WIB
    Mereka yang salat Tarawih berjamaah membaca beberapa zikir di sela-sela dua atau empat rakaat Tarawih. Apa pendapat Islam dalam masalah ini? Beriktu penjelasan Ustaz Abdul Somad.
  • Dalil dan Asal-usul...
    Tausyiah
    Rabu, 20 September 2023 - 16:53 WIB
    Anjuran untuk membunuh cecak dalam Islam menjadi topik pembahasan yang menarik diulas. Meski terdengar kejam, namun anjuran membunuh cecak memang ada dan diperkuat dengan sejumlah dalil.
  • Awal Rajab Jatuh Kamis?...
    Tausyiah
    Rabu, 02 Februari 2022 - 14:59 WIB
    Penetapan awal Bulan Rajab 1443 Hijriyah tahun ini dilaporkan terjadi perbedaan. Bagaimana hukum orang yang terlanjur puasa sunnah Rajab hari ini?
  • Ibu Hamil Masih Punya...
    Muslimah
    Kamis, 16 Maret 2023 - 10:00 WIB
    Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa termasuk di Bulan Ramadan nanti. Tapi kalo masih ada utang puasa, bagaimana cara menggantinya?
  • Hukum Bersedekah untuk...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 17:01 WIB
    Mungkin banyak yang bertanya apakah bersedekah atas nama orangtua yang sudah meninggal itu dibolehkan atau tidak. Berikut penjelasan betrdasarkan Hadis Nabi.
  • Berikut Ini Pendapat...
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:03 WIB
    Ahlul Madinah berpendapat dan ulama yang sependapat dengan mereka dari kalangan Zhahiriyah serta jamaah dari kaum shufi bahwa menyanyi itu diperbolehkan, meskipun dengan gitar dan biola.
  • Ibnu Taimiyah (2): Obrak-abrik...
    Hikmah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 15:55 WIB
    Dalam perjalanan hidupnya, Ibnu Taimiyah juga terjun ke masyarakat menegakkan amar maruf dan nahi munkar. la tak mengambil sikap uzlah melihat merajalelanya kemaksiatan dan kemungkaran.
  • Tanda-Tanda Kiamat Sudah...
    Tausyiah
    Minggu, 29 Mei 2022 - 18:47 WIB
    Tidak semua yang Nabi SAW kabarkan tentang tanda-tanda kiamat, otomatis menjadi haram atau tercela. Contohnya berlomba meninggikan bangunan, tersebarnya harta kekayaan dan lainnya.
  • Ini Alasan Mengapa Orang...
    Tausyiah
    Rabu, 16 November 2022 - 23:00 WIB
    Mungkin ada yang bertanya mengapa para Ulama atau orang alim tidak mau tinggal di kampung terpencil. Berikut penjelasan Ustaz Amru Hamdany dalam satu kajiannya.
  • 3 Golongan yang Tidak...
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 16:32 WIB
    Dalam satu hadis Nabi disebutkan ada tiga golongan manusia yang tidak dipandang Allah pada Hari Kiamat. Berikut sabda Rasulullah SAW sebagaimana dijelaskan Ustaz Rikza Maulan.
  • Doa Agar Anak Nurut...
    Tips
    Selasa, 07 Desember 2021 - 11:37 WIB
    Doa agar anak nurut perkataan orang tua perlu kita amalkan agar mereka menjadi anak saleh/saleha. Berikut doanya bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
  • Hukum Bercadar Ketika...
    Muslimah
    Kamis, 25 Juli 2024 - 12:40 WIB
    Cadar, umumnya dipakai kaum muslimah untuk menutupi muka dan hanya menampakkan kedua mata saja. Bagaimanakah bila cadar dipakai untuk salat ? Bagaimana hukumnya?
  • Zakat Fitri Wajib Bagi...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Mei 2021 - 04:39 WIB
    Disukai mengeluarkan zakat fitri bagi janin, maka zakat itu hanyalah dikeluarkan bagi janin yang telah ditiupkan ruh padanya. Sedangkan ruh, belum ditiupkan kecuali setelah empat bulan.
  • Berjilbab Bukan Pemaksaan...
    Muslimah
    Selasa, 04 Oktober 2022 - 13:01 WIB
    Benarkah jilbab merupakan pemaksaan syariat terhadap kaum perempuan? Adakah dalil-dalil Al-Quran yang menegaskan jilbab sebagai kewajiban bagi muslimah?