Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 90)

  • Cara Menabung untuk...
    Tips
    Selasa, 07 Juni 2022 - 17:16 WIB
    Cara menabung untuk berkurban, merupakan alternatif agar menunaikan ibadah kurban bisa terwujud. Lalu, bagaimana hukumnya tentang tabungan kurban ini, serta bagaimana cara melaksanakannya?
  • Hukum Gadai dalam Pandangan...
    Tips
    Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:15 WIB
    Gadai biasanya dilakukan bagi orang yang meninggalkan jaminan berupa barang untuk utang. Berikut hukum gadai dalam pandangan syariat Islam.
  • Adakah Sanksi Syariat...
    Hikmah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:20 WIB
    Hukum melaksanakan kurban adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan bagi yang mampu). Karena itu makruh bagi orang yang mampu jika ia tidak melaksanakannya. Namun, ada khilaf tentang hukum berkurban dimana Imam Abu Hanifah mewajibkannya.
  • Waktu dan Cara Lempar...
    Tips
    Minggu, 26 Juni 2022 - 10:52 WIB
    Lontar jumrah adalah kegiatan melontar dengan batu kerikil pada jumrah Ula, Wusta, Aqabah. Jika lontaran meleset maka dianggap tidak sah dan wajib diulang.
  • Kisah Sufi: Mereka yang...
    Hikmah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 16:17 WIB
    Mereka yang telah mengembangkan nilai-nilai batiniah tertentu niscaya memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap masyarakat daripada mereka yang berusaha mengamalkan prinsip-prinsip moral secara kering.
  • Ternyata Begini Hukum...
    Tips
    Jum'at, 04 Agustus 2023 - 14:50 WIB
    Alis diciptakan memiliki peran penting dalam melindungi mata dari debu dan keringat yang bisa mengganggu penglihatan. Namun tak jarang wanita mencukur alisnya untuk memenuhi unsur estetika. Lantas bagaimana hukum mencukur alis wanita dalam Islam?
  • Penyebab Hijrah Tidak...
    Tausiyah
    Selasa, 24 September 2019 - 16:06 WIB
    Belakangan kata Hijrah menjadi fenomena bagi anak muda, namun banyak belum memahami hakikat hijrah.&nbsp
  • Nabi Sulaiman Saja Meminta...
    Hikmah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 13:40 WIB
    Islam tidak melarang manusia meminta bantuan kepada jin. Jika bisa menundukkan dan meminta bantuan kepada makhluk gaib ini, untuk melakukan hal-hal tertentu asal bukan perbuatan haram, maka tidak masalah.
  • Kisah Sufi Ahmad Al-Badawi:...
    Hikmah
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 13:22 WIB
    Menurut riwayat darwis, Ahmad Al-Badawi dituduh menyebarkan agama Kristen oleh orang Islam ia pun ditolak oleh orang Kristen karena tak mau menerima dogma-dogma Kristen secara harafiah.
  • Menikahlah, Katakan...
    Muslimah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 08:58 WIB
    Kebanyakan muslim dan muslimah yang berpacaran, banyak melanggar syariat yang dilarang Allah dan Rasul-Nya. Mereka saling bersentuhan dan kadang mereka nampak asyik mengumbar kemesraan.
  • Tanpa Lelaki, Perempuan...
    Tausyiah
    Jum'at, 16 Agustus 2024 - 21:12 WIB
    Pandangan ini, kemudian melahirkan pandangan negatif terhadap perempuan, dengan menyatakan bahwa perempuan adalah bagian dari lelaki. Tanpa lelaki, perempuan tidak akan ada.
  • Bahaya Riya dan Doa...
    Tips
    Minggu, 04 September 2022 - 15:08 WIB
    Riya adalah kebalikan dari ikhlas. Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam memberi peringatan tentang bahaya riya ini. Berikut doa yang diajarkan Nabi.
  • Zakat Fitrah Menurut...
    Tausyiah
    Selasa, 19 April 2022 - 23:53 WIB
    Dalam menunaikan zakat fitrah hendaknya umat muslim mengetahui hal-hal berikut. Bagi Mazhab Syafii, zakat fitrah tidak dianjurkan dengan uang.
  • Siapa Saja yang Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juni 2024 - 14:50 WIB
    Biasanya wanita dinikahi karena hartanya, atau keturunannya, atau kecantikannya, atau karena agamanya. Jatuhkan pilihanmu atas yang beragama, (karena kalau tidak) engkau akan sengsara.
  • Niat Sholat Idul Fitri...
    Tips
    Senin, 17 April 2023 - 13:57 WIB
    Niat sholat Idul Fitri dapat dilakukan dalam hati sebelum melaksanakan sholat Ied. Bagaimana lafadz niat sholat Iidul Fitri ini dalam bahasa arab dan terjemahannya?
  • Gus Baha: Sampai Kiamat...
    Dunia Islam
    Selasa, 14 November 2023 - 20:43 WIB
    Gus Baha memberikan pandangannya mengenai konflik Palestina dan Israel. Menurut ulama asal Rembang itu, kedua belah pihak tidak akan berdamai bahkan sampai hari Kiamat.
  • Akibat Meninggalkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 18 Desember 2021 - 05:07 WIB
    Amar Makruf Nahi Mungkar adalah perintah menegakkan kebenaran (al-Haq) dan melarang kemungkaran (bathil). Bahaya meninggalkannya salah satunya doa tertolak.
  • Hati-hati, Menempelnya...
    Tausyiah
    Kamis, 02 November 2023 - 10:27 WIB
    Hati-hati, ternyata ada jenis riya yang bisa menempel dalam ibadah yang kita lakukan. Riya tanpa sadar ini, justeru akan menjerumuskan ke dalam dosa
  • Peristiwa Muharram:...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:12 WIB
    Pada 10 Muharram, diyakini sebagai hari Allah Taala mengampuni Nabi Daud setelah beliau bertaubat dengan terus-menerus bersujud kepada Allah selama 40 hari 40 malam tanpa makan dan minum.
  • 4 Hal yang Diambil Ketika...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Januari 2022 - 22:16 WIB
    Tahukah Anda, ada empat hal yang diambil Allah ketika seseorang mengalami sakit. Namun setelah sembuh, Allah mengembalikan semuanya kecuali perkara yang keempat.