Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 19)

  • Niat Qadha Puasa Ramadan...
    Tips
    Senin, 15 Januari 2024 - 14:21 WIB
    Niat qadha puasa Ramadan dan tata caranya ini penting diketahui kaum muslim. Karena menunaikan qadha puasa Ramadan hukumnya wajib bagi yang memiliki utang puasa.
  • Aspek Hukum Puasa bagi...
    Tausyiah
    Selasa, 21 Maret 2023 - 14:38 WIB
    Sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka. Ibnu Sirin, pernah ditemui makan di siang hari bukan Ramadan, dengan alasan jari telunjuknya sakit.
  • Hukum Mengimami Anak...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Mei 2023 - 20:37 WIB
    Hukum mengimami anak yang belum baligh ketika salat berjamaah penting untuk diketahui.
  • Aspek Hukum Puasa: Pengertian...
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 08:12 WIB
    Puasa dimulai dengan terbitnya fajar, dan berakhir dengan datangnya malam. Persoalan yang juga diperbincangkan oleh para ulama adalah pengertian malam.
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Desember 2023 - 17:30 WIB
    Ayat sebelumnya telah dijelaskan adab dan etika etika memasuki rumah yang berpenghuni. Pada tadabbur ayat selanjutnya Allah menguraikan etika memasuki rumah yang tak berpenghuni.
  • Sedekah Apakah Paling...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 17:07 WIB
    Keutamaan bersedekah selain dapat meredam murkanya Allah, juga dapat menghapus dosa-dosa. Muncul pertanyaan, apakah sedekah yang paling afdhol (paling utama)?
  • Berikut Amalan Penghapus...
    Tips
    Rabu, 23 Februari 2022 - 11:54 WIB
    Amalan penghapus dosa zina adalah tobat yang sebenar-benarnya tobat atau taubatan nasuha. Dalam Islam, zina adalah dosa yang sangat besar dan sangat keji.
  • Kurban Wajib bagi yang...
    Tausyiah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 15:22 WIB
    Adapun orang-orang yang menyelisihi pendapat wajibnya kurban, maka syubhat mereka yang paling besar untuk menunjukkan (bahwa) menyembelih kurban hukumnya sunah adalah sabda Nabi.
  • Adab Berhias bagi Muslimah...
    Muslimah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 09:35 WIB
    Sebagai muslimah, sudah sepatutnya kita memahami adab dalam berhias. Adanya adab berhias dalam Islam ini semata-mata untuk memberikan kebaikan sekaligus menunjukkan salah satu karakter atau ciri-ciri beriman kepada Allah.
  • Bagaimana Hukum Seorang...
    Muslimah
    Rabu, 10 Januari 2024 - 15:30 WIB
    Bagaimana hukumnya bila seorang wanita muslimah menampakkan perhiasan? Adakah batasan dan aturanya tentang menapilkan perhiasan atau aksesoris ini?
  • Larangan Menyentuh Kemaluan...
    Tausyiah
    Kamis, 25 Februari 2021 - 12:10 WIB
    Islam adalah agama fitrah yang membimbing manusia kepada kebaikan. Semua perkara ibadah dan adab-adabnya diatur oleh syariat termasuk akhlak terhadap anggota tubuh.
  • Hukum Kurban Online,...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Bernazar Tak Ingin Hamil...
    Muslimah
    Minggu, 04 April 2021 - 05:00 WIB
    Sebagaian kaum perempuan terutama seorang istri, memiliki rasa trauma ketika proses melahirkan. Kondisi itu, terkadang membuat mereka mengucapkan atau bernazar tak ingin hamil lagi.
  • Hukum Membunuh Tanpa...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 15:38 WIB
    Islam melarang keras untuk menzalimi orang yang tidak bersalah, apalagi merenggut nyawanya. Syariat menggolongkan pembunuhan sebagai dosa besar kedua setelah syirik.
  • Cara Menabung untuk...
    Tips
    Selasa, 07 Juni 2022 - 17:16 WIB
    Cara menabung untuk berkurban, merupakan alternatif agar menunaikan ibadah kurban bisa terwujud. Lalu, bagaimana hukumnya tentang tabungan kurban ini, serta bagaimana cara melaksanakannya?
  • Argumen yang Membolehkan...
    Tausyiah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Terlarangkah mengucapkan salam semacam itu? Bukankah Al-Quran telah memberikan contoh? Bukankah ada juga salam yang tertuju kepada Nuh, Ibrahim, Musa, Harun, keluarga Ilyas, serta para nabi lainnya?
  • Cak Nur: Sistem Hukum...
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Prasyaratnya ialah, kaum Muslim harus mampu terlebih dahulu menangkap pesan dasar agamanya, dan berdasarkan itu, mengembangkan pemikiran hukum yang akan menjawab tuntutan zaman dan tempat.
  • Hukum Seorang Istri...
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.
  • Pengangguran: Hukum...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Juli 2024 - 21:04 WIB
    Tidak halal juga seorang muslim hanya menggantungkan dirinya kepada sedekah orang, padahal dia masih mampu berusaha untuk memenuhi kepentingan dirinya sendiri dan keluarga serta tanggungannya.
  • Doa dan Amalan Penghapus...
    Tips
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 12:57 WIB
    Doa dan amalan penghapus dosa zina, merupakan ikhtiar agar kita diampuni dosa dosa karena perbuatan zina. Dalam Islam, zina termasuk dosa besar yang memiliki hukuman yang berat baik di dunia maupun di akhirat.