Topik Terkait: Ijtima Ulama (halaman 33)

  • Kisah Rabi, Pemuda Saleh...
    Hikmah
    Senin, 24 Agustus 2020 - 16:52 WIB
    Di antara banyak kisah pemuda yang sering diceritakan di berbagai majelis ilmu adalah Rabi bin Khaitsam. Kesalehan Rabi membuat seorang wanita penggodanya akhirnya bertobat.
  • Tatkala Dua Pembesar...
    Hikmah
    Sabtu, 20 Maret 2021 - 16:35 WIB
    Saat didapuk menjadi imam, Buya Hamka yang ketua pertama Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu justru tanpa ragu membaca doa qunut. Kedua ulama itu menerapkan akhlakul karimah
  • Seruan MUI Membaca Qunut...
    Tausiyah
    Selasa, 17 Maret 2020 - 07:28 WIB
    Salah satu poin fatwa MUI kemarin (16/3/2020) terkait wabah Corona adalah mengajak umat Islam untuk membaca Qunut Nazilah di setiap salat fardhu. Berikut lafaznya.
  • Ada Ribuan Mukjizat...
    Dunia Islam
    Senin, 21 November 2022 - 12:40 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mendukung dan menguatkan Nabi-Nya Shallalahu Alaihi wa Sallam dengan mukjizat-mukjizat yang nyata dan ayat-ayat yang jelas.
  • Kisah Imam Hasan Al-Bashri...
    Hikmah
    Minggu, 05 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Imam Hasan Al-Bashri salah satu ulama yang doanya mustajabah. Ulama generasi Tabiin yang menetap di Basrah Irak ini juga dikenal sebagai ulama Sufi yang doanya Mustajab.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Habib Luthfi Bin...
    Hikmah
    Minggu, 18 April 2021 - 15:33 WIB
    Kisah ulama kharismatik Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya ini boleh jadi pelajaran berharga bagi yang mencintai akhlak dan menjunjung tinggi adab para kaum sholihin.
  • Karya Pengurus MUI dalam...
    Dunia Islam
    Sabtu, 29 Oktober 2022 - 22:46 WIB
    Beberapa pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut berkontribusi dalam penulisan buku tentang G20. Dalam waktu dekat akan dipamerkan di Abu Dhabi Forum for Peace.
  • Kisah Al-Qanabi Belajar...
    Hikmah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 22:12 WIB
    Kisah Al-Qanabi belajar Hadis bisa kita jadikan pelajaran betapa pentingnya adab sebelum menunut ilmu. Kisah ini salah satu kisah menarik dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • Habib Ahmad Bin Novel:...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 21:03 WIB
    Salah satu penyakit hati yang dapat menggerogoti amal saleh adalah merasa bangga dengan diri sendiri (ujub) dan merendahkan orang lain. Berikut pesan Habib Ahmad.
  • Bolehkah Menyematkan...
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:22 WIB
    Penyematan gelar haji sepulang dari menunaikan ibadah haji, biasanya umum dilakukan masyarakat kita. Dan pada dasarnya hal itu tidak ada perintah dan tidak ada juga larangan. Kenapa demikian?
  • Kisah Imam Abu Hanifah...
    Hikmah
    Selasa, 13 Juni 2023 - 21:17 WIB
    Kisah Imam Abu Hanifah menolak jabatan enak termasuk di antara kisah unik. Di saat banyak orang menginginkan jabatan dan kekuasaan, ulama pendiri Mazhab Hanafi ini justru menolaknya.
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Tausiyah
    Selasa, 26 November 2019 - 07:30 WIB
    Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafii.
  • Imam Nawawi Murka karena...
    Hikmah
    Senin, 13 September 2021 - 17:51 WIB
    Imam An-Nawawi membenci gelar muhyiddin. Boleh jadi ini karena sikap tawadhu beliau. Aku tidak akan memaafkan orang yang menggelariku Muhyiddin.
  • Kisah Habib Rizieq Ketika...
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 10:57 WIB
    Ada seorang anak yatim beragama Islam, setelah lulus SD Tahun 1975 ia disarankan Ibundanya masuk sekolah ke SMP Kristen Bethel Petamburan, Tanah Abang Jakarta.
  • Kisah Sultan Murad IV...
    Hikmah
    Rabu, 11 Desember 2019 - 17:36 WIB
    Sultan Murad Ahmad atau Murad IV (1623-1640) adalah seorang Khalifah Turki Utsmani yang terkenal tegas memberantas korupsi dan segala kemungkaran.
  • Mengenal Lebih Dekat...
    Tausiyah
    Senin, 25 November 2019 - 20:55 WIB
    Berikut ini ulasan Ustaz Muhammad Ajib, pengajar Rumah Fiqih Indonesia (RFI) mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Mazhab Syafii.
  • Inilah Sebab-sebab Perbedaan...
    Tausiyah
    Jum'at, 20 Desember 2019 - 18:15 WIB
    Apa sih penyebab adanya perbedaan ulama ahli fiqih ini. Sebelumnya telah dijelaskan tiga sebabnya, berikut lanjutannya.
  • 5 Kalam Indah Habib...
    Tausyiah
    Senin, 21 Juni 2021 - 10:27 WIB
    Pemimpin Majelis Rasulullah (MR) Habib Munzir bin Fuad Al-Musawa telah berpulang 8 tahun lalu, namun nasihatnya tetap dikenang oleh umat muslim Indonesia.
  • Perbedaan Cara Niat...
    Tausyiah
    Rabu, 23 Maret 2022 - 19:33 WIB
    Dalam melaksanakan ibadah puasa, hal paling penting diperhatikan adalah niat. Berikut perbedaan cara niat menurut ulama 4 mazhab yang perlu diketahui umat muslim.
  • Penjelasan Ulama tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:21 WIB
    Islam mengajarkan agar jangan menunda-nunda sedekah. Karena sejatinya, semua harta adalah milik Allah Subhanahu wa Taala. Dan ketika Allah Taala menganjurkan sedekah, maka umat Islam tidak boleh lagi menunda-nunda, harus segera dilaksanakan.