Topik Terkait: Ilmuwan Perempuan Islam

  • Asy-Syifa binti Abdullah, Sosok Ilmuwan Wanita Pertama dalam Islam
    Muslimah
    Jum'at, 12 November 2021 - 09:03 WIB
    Sosok Asy-Syifa binti Abdullah bin Abdi Syams merupakan tokoh ilmuwan wanita pertama dalam Islam. Ia adalah seorang muslimah yang terkenal dengan kepandaian dan kebaikannya sejak zaman Jahiliyah
  • Syaikh Al-Qardhawi: Islam Menghargai Perempuan sebagai Manusia yang Terhormat
    Muslimah
    Minggu, 10 September 2023 - 16:46 WIB
    Merupakan izzah dan kemuliaan Islam, karena dia telah memuliakan wanita dan menegaskan eksistensi kemanusiaannya serta kelayakannya untuk menerima taklif (tugas) dan tanggung jawab, pembalasan, dan berhak pula masuk surga
  • Islam Pinggirkan Perempuan? Begini Jawaban Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 19:02 WIB
    Andaikan sejarah mencatat tentang siapa orang pertama yang beriman, secara mutlak--tidak melihat kelompok dan golongan--pasti yang muncul adalah nama perempuan, yakni Sayyidah Khadijah Kubro.
  • 5 Ilmuwan Muslim, Peletak Ilmu Dasar Teknologi Kecantikan Masa Kini
    Dunia Islam
    Jum'at, 18 Juni 2021 - 17:03 WIB
    Di era modern saat ini, tak dipungkiri kaum wanita yang melakukan perawatan kecantikan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada seperti sulam alis, extension bulu mata, sedot lemak hingga operasi plastik.
  • Abbas Bin Firnas, Inspirator Ilmuwan Barat untuk Kembangkan Pesawat
    Dunia Islam
    Minggu, 14 November 2021 - 18:47 WIB
    Keberhasilan Abbas bin Firnas (Ibnu Firnas) menguji dan menerbangkan alat buatannya pada tahun 852 telah memberi inspirasi kepada ilmuwan-ilmuwan Barat untuk mengembangkan pesawat.
  • Keistimewaan Mendidik Anak-anak Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 09:28 WIB
    Ada keistimewaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menekankan dan mengingatkan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan.
  • Perempuan dalam Keluarga Menurut Syariat: Berhak Memilih Suami dan Meminta Cerai
    Muslimah
    Kamis, 07 September 2023 - 11:27 WIB
    Islam menegaskan bahwa wanita berhak memilih suami dan berhak meminta cerai jika dia memang tidak menyukai suaminya, walaupun dia tidak dirugikan oleh suaminya.
  • Begini Persamaan Kedudukan Perempuan dan Lelaki dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 05:15 WIB
    Perempuan dan laki-laki, misalnya, memiliki kedudukan yang sama dalam kebebasan kewajiban beragama dan beribadah. Di dalam masalah takalif agama dan sosial yang pokok, Al Quran juga menyamakan antara keduanya
  • 30 Perempuan Australia Masuk Islam Terinspirasi Perjuangan Rakyat Palestina
    Dunia Islam
    Kamis, 22 Februari 2024 - 11:11 WIB
    Setidaknya 30 wanita mengumumkan masuk Islam di Masjid Meadow Heights di Melbourne, Australia, setelah menyaksikan kuatnya keimanan warga Palestina di tengah serangan militer Israel belakangan ini.
  • Khitan Bagi Perempuan Mencerahkan, Bagaimana Hukumnya?
    Tausyiah
    Senin, 23 November 2020 - 05:00 WIB
    Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang khitan bagi wanita. Namun yang jelas khitan merupakan bagian syariat bagi wanita, terlepas hukumnya wajib ataupun sunnah,
  • Bolehkah Wanita Berjihad, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?
    Muslimah
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:51 WIB
    Terjadinya perang Palestina dan Zionis Israel, membangkitkan kembali semangat jihad kaum muslim. Bagaimana dengan muslimah? Bolehkah ia berjihad dan bagaimana hukumnya?
  • Mengapa Wanita Dimuliakan dalam Islam? Begini Penjelasan Al-Quran dan Hadis
    Muslimah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 13:10 WIB
    Dalam Islam, seorang wanita kedudukannya sangat dimuliakan. Kemuliaan kaum Hawa ini dalam semua fase kehidupan yang mereka lalui. Mengapa demikian?
  • Batasan Wanita Karier dalam Islam, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:56 WIB
    Batasan wanita karier dalam Islam perlu dipahami oleh kaum muslimah yang memilih bekerja di luar rumah. Batasan ini penting, karena wanita karier akan menghabiskan lebih banyak waktunya di luar rumah.
  • Nama Bayi Perempuan Menurut Islam dan Al-Quran
    Muslimah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 14:39 WIB
    Inspirasi nama bayi perempuan menurut Islam dan Al-Quran, bisa kita ambil untuk buah hati kita yang baru lahir. Banyak kata dalam Al-Quran yang bermakna dan mengandung arti kata kebaikan.
  • Kisah Khalifah Jafar al-Mutawakkil Berdebat dengan Perempuan yang Mengaku Nabi
    Hikmah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 18:13 WIB
    Kisah nabi palsu berjenis kelamin perempuan ini disampaikan Shalih Abdul Hamid dalam bukunya berjudul Tharaif minat Turats. Konon ini terjadi pada masa pemerintahan Khalifah Jafar al-Mutawakkil.
  • Karunia Indah Punya Anak Perempuan, Ini Keistimewaannya
    Tausyiah
    Selasa, 23 Mei 2023 - 16:36 WIB
    Dai yang juga pengasuh Mahad Subuluna Bontang Kalimantan Timur, Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq mengemukakan beberapa keistimewaan memiliki anak perempuan.
  • Begini Cara Mendidik Anak dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 21 Februari 2022 - 18:09 WIB
    Berikut cara mendidik anak dalam Islam yang patut diketahui para orang tua. Tips ini dikutip dari Kitab Kaifa Nurabbi Auladana Tarbiyatan Islamiyatan Shahihatan.
  • Kesetaraan Perempuan Dalam Islam
    Muslimah
    Rabu, 21 April 2021 - 10:44 WIB
    Momen peringatan Hari Kartini, selalu membahas tentang kesetaraan perempuan. Padahal bila menengok sejarah awal Islam, kesetaraan perempuan dengan lelaki ini telah ada di masa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Islam, Agama Tauhid  yang  Memuliakan  Perempuan
    Muslimah
    Rabu, 12 Agustus 2020 - 06:05 WIB
    Islam membawa pengaruh yang luar biasa terhadap kedudukan perempuan. Dengan misi tauhidnya Islam mengajarkan bahwa semua manusia adalah setara di hadapan Tuhan.
  • Kiprah Perempuan dalam Dakwah,  Wajibkah?
    Muslimah
    Rabu, 22 September 2021 - 18:03 WIB
    Kiprah perempuan dalam berdakwah saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena kehadirannya tidak bisa dinafikkan untuk kebaikan umat dan generasi penerus bangsa.