Topik Terkait: Jamuan Makan (halaman 2)

  • Hukum Makan Sebelum...
    Tips
    Minggu, 01 Mei 2022 - 03:30 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui hukum makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Seperti diketahui 1 Syawal merupakan waktu yang diharamkan untuk berpuasa.
  • Sejarah Disyariatkannya...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 04:05 WIB
    Makan sahur saat puasa Ramadan merupakan sunnah Nabi dan bagian dari syiar Islam. Berikut sejarah disyariatkannya makan sahur bagi umat muslim.
  • Keberkahan Nasi dan...
    Tips
    Kamis, 12 Mei 2022 - 05:07 WIB
    Disebutkan bahwa nasi memiliki keberkahan dan keistimewaan. Nasi bisa menjadi obat apabila sebelum memakannya dibacakan sholawat atas Baginda Nabi.
  • Memilih Tidak Makan...
    Muslimah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 13:03 WIB
    Pada saat Idul Adha kaum muslimin dianjurkan untuk menikmati makanan dan minuman, terutama daging kurban yang berasal dari hewan seperti kambing, sapi atau unta. Lantas bagaimana bila seseorang mengaku tidak memakan daging? Bagaimana Islam memandang persoalan ini?
  • 3 Pengaruh Tata Cara...
    Tausyiah
    Kamis, 10 November 2022 - 14:35 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya tata cara kehidupan yang Islami itu dapat mewujudkan masyarakat Islam dengan sejumlah keistimewaan (karakteristik) dan pengaruh yang positif.
  • Sahur adalah Pembeda...
    Tips
    Sabtu, 16 April 2022 - 03:00 WIB
    Sebelum menjalankan ibadah puasa sepanjang hari di bulan Ramadhan, umat Islam disunnahkan sahur terlebih dahulu. Kenapa harus sahur? Dan bagaimana keutamaan serta hukum sahur ini?
  • Hukum Makan Sahur bagi...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Dr Nashir, sahur hukumnya adalah mustahab (disunnahkan) bagi orang yang berpuasa karena Nabi SAW: Bersahurlah kalian karena dalam bersahur tersebut terdapat keberkahan..
  • Adab Makan yang Diajarkan...
    Tips
    Minggu, 08 Januari 2023 - 13:43 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mengajarkan adab makan karena di dalamnya terdapat keberkahan dan nilai ibadah.
  • Syaikh Abdul Qadir:...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani mengatakan barangsiapa lebih menyukai tidur daripada salat malam yang membawa ke arah ketakwaan, berarti ia memilih sesuatu yang buruk
  • Mengapa Islam Melarang...
    Tausyiah
    Selasa, 30 Mei 2023 - 18:29 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Tentu ada hikmah dibalik larangan tersebut. Apa dan bagaimana hikmahnya?
  • Batalkah Wudhu Jika...
    Tips
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 15:33 WIB
    Batalkah wudhu jika makan? Begitu juga minum, dapatkah membatalkan wudhu kita? Para ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Begitu pentingnya berwudhu hingga akan batal atau sia-sia shalat seseorang jika wudhunya tidak sempurna.
  • Datang ke pesantren,...
    Hikmah
    Selasa, 23 Juli 2013 - 08:59 WIB
    Hampir setiap hari di bulan Ramadan lantunan ayat-ayat suci Alquran riuh terdengar di Pesantren Annihayah, Desa Sukamerta, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang. Tapi ada yang tidak biasa dengan para santrinya pada kegiatan tersebut.
  • Jemaah Haji Indonesia...
    Dunia Islam
    Senin, 26 Juni 2023 - 23:32 WIB
    Jemaah haji Indonesia dipastikan mendapat makan selama prosesi puncak haji di Arafah dan Mina. Hal ini dikatakan Kasi Konsumsi Daker Makkah, Beny Darmawan.
  • Mengenal Makanan Sehat...
    Tips
    Selasa, 09 November 2021 - 16:49 WIB
    Islam sangat memerhatikan bagaimana mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh. Terlalu vegetarian atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan hewani bisa jadi tidak baik bagi tubuh. Al Quran telah menjelaskan semuanya tentang pola makanan sehat ini.
  • Berapa Kali Jemaah Haji...
    Dunia Islam
    Rabu, 22 Mei 2024 - 17:13 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan selama di Tanah Suci, jemaah haji Indonesia mendapat layanan katering yang diberikan setiap hari. Selama di Tanah Suci, jemaah mendapat makan 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam.
  • Islam Sangat Melarang...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Agustus 2023 - 12:29 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan . Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Suami yang Menyuapi...
    Muslimah
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 17:54 WIB
    Menyuapi istri saat makan, ternyata amalan bagi suami yang akan diganjar pahala luar biasa dari Allah Taala. Amalan ringan ini sangat mudah dilakukan, namun sayangnya jarang sekali diamalkan, bahkan cenderung diabaikan
  • Inilah Hikmah Dibalik...
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:24 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Rindu Ketemu Rasulullah...
    Hikmah
    Rabu, 01 September 2021 - 05:15 WIB
    Anakku, pada Jumat malam nanti, banyak-banyaklah kau makan ikan asin, tunaikan salatmu, dan langsunglah engkau pergi tidur tanpa minum air setetes pun. Keinginanmu akan terpenuhi.
  • Selama Puncak Haji,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 13:15 WIB
    Jemaah haji Indonesia hari ini mulai diberangkatkan ke Arafah untuk melaksanakan wukuf pada 9 Zulhijah atau Sabtu (15/6/2024).