Topik Terkait: Jamuan Makan (halaman 3)

  • Hikmah di Balik Larangan...
    Tips
    Kamis, 13 Januari 2022 - 17:16 WIB
    Karena serba mudah, saat ini pola hidup berlebihan lebihan termasuk dalam hal makanan menjadi terbiasa. Padahal, Islam sangat melarang makan berlebihan ini.
  • 5 Keutamaan Memberi...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 April 2023 - 04:00 WIB
    Keutamaan memberi makan orang berbuka puasa bertabur pahala melimpah. Tak hanya mendapat ganjaran pahala orang yang berpuasa, tetapi juga menjadi sebab diampuninya dosa-dosa.
  • Doa Setelah Makan Ini...
    Tips
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 12:35 WIB
    Seorang muslim hendaknya memperhatikan adab-adab ketika makan, salah satunya mengawalinya dengan berdoa kemudian menutupnya dengan pujian syukur dan doa.
  • Hukum Puasa Tanpa Makan...
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 02:00 WIB
    Salah satu kenikmatan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah makan di waktu sahur. Lalu, bagaimana hukum berpuasa tanpa makan sahur? Berikut penjelasannya.
  • Pola Makanan Sehat Menurut...
    Muslimah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 07:21 WIB
    Islam sangat memerhatikan pola makanan sehat. Tidak hanya baik secara unsur tapi juga harus halal secara zat dan perolehannya. Dalam Islam, tidak semua makanan atau minuman boleh dimakan. Ada yang diharamkan oleh Allah Taala.
  • Mengenal Makanan Sehat...
    Tips
    Selasa, 09 November 2021 - 16:49 WIB
    Islam sangat memerhatikan bagaimana mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh. Terlalu vegetarian atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan hewani bisa jadi tidak baik bagi tubuh. Al Quran telah menjelaskan semuanya tentang pola makanan sehat ini.
  • 3 Pengaruh Tata Cara...
    Tausyiah
    Kamis, 10 November 2022 - 14:35 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan sesungguhnya tata cara kehidupan yang Islami itu dapat mewujudkan masyarakat Islam dengan sejumlah keistimewaan (karakteristik) dan pengaruh yang positif.
  • Cara Makan Rasulullah...
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 19:23 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) adalah sosok teladan dalam segala hal. Tidak ada dalam diri seseorang yang tersimpan kesempurnaan kecuali ada pada diri Rasulullah SAW.
  • Hukum Balas Dendam saat...
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 17:33 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak, tidak bisa mengontrol diri, karena tubuh terlalu lemas dan lapar saat siang hari.
  • Cara Makan Rasulullah...
    Hikmah
    Senin, 10 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Baginda Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang paling sehat. Salah satu rahasia kesehatan Rasulullah adalah menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsinya.
  • Orang Gemuk dalam Pandangan...
    Tips
    Rabu, 01 Desember 2021 - 09:10 WIB
    Pada hakekatnya, Islam tidak melihat fisik dan bentuk tubuh seseorang, apakah Anda orang yang tampan atau cantik, demikian juga apakah tubuh Anda tinggi semampai, atau pendek. Lalu bagaimana dengan orang gemuk?
  • Doa yang Dibaca Saat...
    Tips
    Rabu, 06 April 2022 - 03:00 WIB
    Doa yang dibaca saat sahur sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW ada dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabaran sebagai berikut ini.
  • Idul Fitri, Bukan Sekadar...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 05:51 WIB
    Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idul Fitri pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Cara Makan Rasulullah...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Salah satu rahasia kesehatan Rasulullah SAW adalah pola makan dan makanan yang dikonsumsinya. Rasulullah memberi banyak teladan kepada keluarga dan para sahabatnya dalam hal makan.
  • Pesta Makan di Hari...
    Muslimah
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 14:39 WIB
    Di hari Tasyrik umat Islam dianjurkan untuk banyak makan, minum dan berzikir. Meski perintahkan untuk makan makan, namun tetap harus memerhatikan pola makannya, terutama pola makan yang sesuai dengan Al Qur an dan hadis.
  • Menjelang Subuh, Waktu...
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 17:46 WIB
    Tujuan dari mengakhirkan sahur bukan semata makan dan minum, tetapi diiringi dengan ibadah lainnya seperti salat, zikir, dan berdoa. Sebab itulah waktu terbaik untuk beribadah.
  • Memberi Makan Berbuka...
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 16:40 WIB
    Buka puasa bersama atau bukber lazim diselenggarakan banyak pihak di masa Ramadan. Selain menggalang silaturahim, pahala memberi makan untuk berbuka puasa amat besar.
  • Hukum Makan Lele yang...
    Tips
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 22:32 WIB
    Ikan lele termasuk makanan favorit dan banyak dijumpai di rumah makan atau warung. Bagaimana hukum mengonsumsi ikan lele yang diberi pakan kotoran manusia?
  • Hukum Makan Sahur bagi...
    Tausyiah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Dr Nashir, sahur hukumnya adalah mustahab (disunnahkan) bagi orang yang berpuasa karena Nabi SAW: Bersahurlah kalian karena dalam bersahur tersebut terdapat keberkahan..
  • Hukum Makan Bekicot...
    Tausyiah
    Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:49 WIB
    Hukum makan bekicot menurut empat madzhab besar ini perlu diketahui oleh setiap muslim, karena terdapat perbedaan pendapat mengenai boleh tidaknya untuk setiap pemeluk ajaran Islam.