Topik Terkait: Jenis Najis

  • Cara Menyucikan Najis-Najis Sesuai Petunjuk Dalil
    Tips
    Senin, 18 Desember 2023 - 11:05 WIB
    Dalam Islam, najis adalah semua benda yang dihukumi kotor oleh syariat seperti bangkai,darah, nanah, kotoran dan sebagainya. Lantas bagaimana cara menyucikan najis tersebut berdasarkan dalil?
  • Benarkah Keputihan Termasuk Najis? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 17:59 WIB
    Benarkah keputihan (cairan putih yang sering dialami wanita) termasuk najis? Apakah juga bisa membatalkan wudu? Pertanyaan soal fiqih tersebut seringkali ditanya kaum muslimah.
  • Macam-macam Najis yang Perlu Diketahui Umat Muslim, Lengkap dengan Cara Menyucikannya
    Tips
    Selasa, 12 September 2023 - 10:15 WIB
    Ada beberapa macam najis yang perlu diketahui umat Muslim. Tak hanya namanya yang berbeda, cara menyucikannya pun juga tidak sama. Apa saja jenisnya?
  • Cara Membersihkan Pakaian Najis di Mesin Cuci
    Tausyiah
    Senin, 01 Maret 2021 - 10:38 WIB
    Ada yang bertanya tentang hukum mencampur pakaian yang terkena najis di dalam mesin cuci. Apakah boleh mencampurnya dengan dengan pakaian lain?
  • Sebenarnya Darah itu Suci atau Najis?
    Muslimah
    Selasa, 03 November 2020 - 12:49 WIB
    Sebenarnya darah ini, termasuk suci atau najis? Hal ini penting diketahui kaum muslim, karena menyangkut masalah yang berkaitan dengan thaharah (bersuci).
  • Dalam Keadaan Normal, Haram Hukum Berobat dengan Benda Najis
    Tausyiah
    Selasa, 23 Maret 2021 - 18:59 WIB
    Para ulama mazhab empat bersepakat akan keharaman berobat dengan benda najis dalam keadaan normal alias bukan darurat. Hanya saja, mereka berbeda pendapat dalam keadaan darurat.
  • Membedakan Jenis  Najis dan Cara Membersihkannya
    Muslimah
    Jum'at, 20 November 2020 - 17:57 WIB
    Sebagai muslim, jangan sampai karena tidak tahu, lantas menganggap kotoran biasa menjadi najis, atau menganggap sepele hal yang sebenarnya najis menurut syariat islam.
  • Apakah Hukum Air Mani Suci atau Najis?
    Tips
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:19 WIB
    Apakah hukum air mani suci atau najis? Para ulama berbeda pendapat tentang status air mani, ada yang berpendapat itu tergolong benda yang najis dan ada yang berpendapat itu suci.
  • Simak! Perbedaan Hadas dan Najis
    Tips
    Senin, 11 September 2023 - 18:45 WIB
    Hadas dan najis ternyata adalah dua perkara yang berbeda dalam Islam meski konteksnya sama - sama hal yang menggagalkan kesucian. Apa saja perbedaannya? Yuk Simak!
  • Hukum Pakaian yang Terkena Keputihan, Najis atau Tidak?
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 12:29 WIB
    Dalam Islam, keputihan atau ifrazat adalah lendir yang umumnya bening, keluar dari organ reproduksi wanita, namun bukan madzi dan mani, baik karena syahwat maupun ketika aktivitas normal.
  • Hati-hati, 3 Jenis Cinta  Ini Menyeret Manusia ke Neraka
    Muslimah
    Selasa, 06 April 2021 - 18:37 WIB
    Rasa cinta merupakan fitrah alami manusia. Namun, sebagai muslim, kita dianjurkan berhati-hati dalam hal mencinta ini, karena cinta dapat juga menjerumuskan pada azab dan neraka.
  • Jenis-jenis Hewan Kurban, Lengkap dengan Syaratnya!
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 10:23 WIB
    Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak jenis hewan kurban yang biasa dikonsumsi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua hewan ternak bisa menjadi hewan kurban.
  • Doa Orang Didzalimi dan Balasan Perbuatan Dzalim
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 08:28 WIB
    Doa orang yang didzalimi adalah salah satu doa yang sangat mustajab, karena doa orang yang terdzalimi akan dikabulkan oleh Allah azza wajalla. Untuk itu, kita harus hati-hati jangan sampai segala ucapan atau perbuatan dapat mendzalimi orang lain.
  • Najiskah Jilbab Terkena Lumpur atau Tanah?
    Muslimah
    Minggu, 06 Desember 2020 - 08:46 WIB
    Jika badan najis maka disucikannya dengan berwudhu atau membersihkan badan yang terkena najis. Sedangkan jika najisnya ada di pakaian, maka pakaian wajib di cuci atau dibasuh dengan air
  • Apakah Air Banjir Masuk Kategori Najis?
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:59 WIB
    Bencana alama banjir saat ini melanda berbagai daerah di Indonesia. Bagaimana hukum air banjir menurut pandangan syariat, apakah masuk kategori najis atau boleh digunakan berwudhu?
  • Hukum Darah Istihadhah yang Penting Diketahui Kaum Muslimah
    Muslimah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 14:32 WIB
    Darah istihadhah atau keluar darah bukan pada saat masa haid atau nifas, sering dialami sebagian kaum wanita. Atau diartikan bahwa istihadhah adalah darah yang keluar di luar waktu haid dan nifas.
  • Hukum Air Kencing yang Sudah Kering, Najiskah?
    Tausyiah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 14:35 WIB
    Apabila ada kencing anak kecil di kursi atau di lantai, tapi sudah kering. Apakah ketika kita duduk di kursi atau di lantai tersebut, pakaian dan kaki kita menjadi najis?
  • Jangan Salah Paham, Ini Beda Hadas dan Najis
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 11:13 WIB
    Hadas dan najis adalah dua istilah yang sering kita dengar di setiap kajian ilmu thaharah (bersuci). Kedua istilah ini sering diartikan sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.
  • Jenis-Jenis Puasa Sunnah, Syarat Sah, dan Rukun Puasa
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 19:47 WIB
    Definisi rukun adalah: Sesuatu yang jika ia tidak ada maka suatu amalan dianggap tidak ada. Namun dengan adanya dia, belum tentu suatu amalan dianggap ada, yang ia terletak di dalam amalan.
  • Lantai Rumah Sering Dikencingi Anak Kecil? Begini Cara Mengatasi Najisnya
    Tausyiah
    Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:30 WIB
    Ketika lantai-lantai rumah sering dikencingi anak kecil, tidak jarang air kencingnya hanya dilap saja, tanpa dibasuh dengan air dan menjadi mengering dengan sendirinya.