Topik Terkait: Kapan Terjadi Kiamat

  • Lelaki Badui Bertanya...
    Hikmah
    Senin, 18 Juli 2022 - 21:56 WIB
    Dalam satu riwayat dari Anas bin Malik diceritakan, ada seseorang lelaki Badui bertanya kepada Rasulullah SAW: Kapan Hari Kiamat terjadi? Ini jawaban Rasulullah.
  • Kapan Kiamat Terjadi?...
    Hikmah
    Senin, 12 Juni 2023 - 23:14 WIB
    Suatu hari orang-orang Quraisy Makkah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, kapan Kiamat terjadi? Maka turunlah wahyu kepada Nabi untuk menjawab pertanyaan kaum musyrik itu.
  • Kemunculan Corona Tanda...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Juli 2021 - 14:35 WIB
    Wabah Corona telah merenggut banyak nyawa di dunia termasuk di Indonesia. Kemunculan virus ini disebut sebagai satu tanda-tanda kecil Kiamat akan terjadi. Benarkah demikian?
  • Mereka Memprediksi Kapan...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 12:26 WIB
    As-Suhailiy memprediksi datangnya hari kiamat dengan menghitung-hitung huruf muqathaah (seperti alif laam miim dan haammiim) yang berada di awal-awal surat dalam Al-Quran.
  • Jika Palestina Menang...
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juli 2021 - 17:24 WIB
    Banyak orang beranggapan apabila Palestina menang dari Israel maka tidak lama lagi Kiamat akan terjadi. Benarkah demikian? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Sarwat.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Keadaan Matahari Bulan...
    Hikmah
    Senin, 30 Mei 2022 - 06:30 WIB
    Kengerian Hari Kiamat sungguh menghilangkan kesadaran akal manusia. Bagaimana keadaan matahari, bulan dan bintang ketika terjadi Kiamat? Berikut ulasannya.
  • Dahsyatnya Hari Kiamat...
    Tausyiah
    Senin, 06 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir memaparkan kejadian-kejadian aneh sebelum terjadinya kiamat, terkait turunnya Nabi Isa ke bumi. Hal itu dipaparkan dalam sejumlah hadits
  • 10 Tanda-tanda Kiamat...
    Tausyiah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 06:45 WIB
    10 tanda-tanda Kiamat besar perlu kita ketahui sebagai ibrah dan motivasi agar lebih taat kepada Allah. Hari Kiamat merupakan perkara yang wajib diyakini setiap muslim.
  • Gus Baha Sebut Salah...
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Desember 2021 - 05:05 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengungkap salah satu tanda-tanda Kiamat sudah terlihat sekarang. Berikut penjelasannya.
  • Kiamat, Perang Melawan...
    Tausyiah
    Senin, 23 Mei 2022 - 18:11 WIB
    Ciri akhir zaman di antaranya adalah kaum muslimin memerangi orang-orang Yahudi. Hal itu terjadi karena orang-orang Yahudi termasuk pasukan Dajjal.
  • Jelang Kiamat, Munculnya...
    Tausyiah
    Selasa, 21 September 2021 - 05:15 WIB
    Ibnu Katsir menyampaikan menjelang datangnya hari kiamat ditandai munculnya binatang melata dari bumi. Binatang tersebut bisa berbicara dengan manusia.
  • 17 Tanda Kiamat Kecil...
    Hikmah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 14:16 WIB
    Di antara tanda-tanda Kiamat kecil yang disebutkan oleh Rasulullah SAW adalah tersebarnya berbagai macam fitnah di akhir zaman. Berikut 17 tanda Kiamat kecil setelah Rasulullah wafat.
  • Waktu Begitu Cepat Berlalu,...
    Hikmah
    Kamis, 17 Juni 2021 - 11:42 WIB
    Kemajuan teknologi dan informasi boleh jadi penyebab pergantian waktu terasa begitu cepatnya. Sejumlah hadis menjelaskan bahwa fenomena seperti ini termasuk di antara tanda-tanda kiamat.
  • Tanda Kiamat Muncul...
    Hikmah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Fenomena di Arab Saudi saat ini boleh jadi sebagai pertanda Kiamat sudah dekat. Tanda-tanda Kiamat ini telah diceritakan oleh Nabi Muhammad sejak 14 abad lebih lalu.
  • Inilah Nama-nama Kiamat...
    Hikmah
    Senin, 29 Januari 2024 - 13:30 WIB
    Hari kiamat ternyata memiliki nama-nama tersendiri yang namanya juga mempunyai makna masing-masing, seperti hari pembangkitan, hari pembalasan, atau hari perhitungan.
  • Mengenal 9 Nama Lain...
    Hikmah
    Selasa, 27 Agustus 2024 - 10:15 WIB
    Tentang hari kiamat banyak dijelaskan dalam sejumlah ayat Al Quran, dan ternyata kiamat ini memiliki banyak nama. Apa saja nama lain dari kiamat ini? Bagaimana pula penjelasannya?
  • Kemunculan Dzu as-Suwaiqatain...
    Hikmah
    Rabu, 15 September 2021 - 05:15 WIB
    Sebuah hadits menyebut, Kiamat tidak akan terjadi hingga ibadah haji tidak ditunaikan. Ibnu Katsir juga menjelaskan tentang kemunculan Dzu as-Suwaiqatain dan penghancuran Kabah.
  • Kiamat Bisa Terjadi...
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 09:45 WIB
    Jikalau setetes dari buah zaqum menetes di dunia, niscaya ia merusak kehidupan seluruh penghidupan penduduk dunia, demikian hadis dari Ibnu Abbas ra menginformaiskan.
  • Gambaran Hari Kiamat...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 07:00 WIB
    Banyak surat Al-Quran menceritakan peristiwa Hari Kiamat, salah satunya Surat An-Naba. Pada surat ini, Allah menyampaikan kebenaran tentang hari kebangkitan (Kiamat).
  • Ilmuwan Bingung Bumi...
    Hikmah
    Senin, 08 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Para ilmuwan dibuat bingung setelah menemukan Planet Bumi berputar lebih cepat dari biasanya. Ini membuat hari lebih pendek dari biasanya. Ada sejumlah hadis yang menyebut fenomena ini sebagai pertanda bahwa kiamat sudah dekat.