Topik Terkait: Karomah Saad Bin Abi Waqqash (halaman 13)

  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 05:30 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz (684-720 M) adalah sosok pemimpin yang saleh, bijaksana, dan dekat dengan rakyatnya. Ada kisah menarik tentang beliau dan putranya saat merayakan hari raya.
  • Penaklukan Fasa dan...
    Hikmah
    Kamis, 02 Mei 2024 - 10:28 WIB
    Sumber Balazuri mengenai penaklukan Fasa dan Darabgird berbeda dengan Tabari dan mereka yang mengutip dari dia. Mereka menyebutkan bahwa yang memasuki kedua kota itu Sariah bin Zunain.
  • Amru bin Jumuh: Si Pincang...
    Hikmah
    Rabu, 06 April 2022 - 13:39 WIB
    Dia salah satu sahabat yang dijamin Rasulullah SAW masuk surga. Kaki Amru pincang. Meski kondisi fisiknya tidak sempurna, ia memaksakan diri untuk perang perang Uhud.
  • Ini Hakim Pengadilan...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 07:56 WIB
    Aku tidak meragukan kejujuran Anda wahai amirul mukminin. Tetapi harus ada dua orang saksi yang membuktikan kebenaran tuduhanmu, ujar Syuraih kepada Khalifah Ali.
  • Begini Pesan Rasulullah...
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 16:48 WIB
    Rasulullah SAW berkata kepada Ali bin Abi Thalib: Hai Ali! Jangan sampai pandangan yang satu mengikuti pandangan lainnya. Kamu hanya boleh pada pandangan pertama, adapun yang berikutnya tidak boleh.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Sebelum Kenabian, Sepupu...
    Hikmah
    Senin, 01 Juni 2020 - 11:36 WIB
    Zaid bin Amr hidup di zaman sebelum kenabian Muhammad. Tapi ia menolak penyembahan berhala dan hanya memakan sesuatu yang disembelih dengan menyebut nama Allah.
  • Kisah Sahabat Nabi:...
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 18:03 WIB
    Kesalehan Abdullah Bin Umar sering mendapat pujian dari kalangan sahabat Nabi dan kaum muslimin lainnya. Beliau pernah bermimpi diperlihatkan neraka oleh Malaikat.
  • Pesan Habib Ahmad bin...
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 22:21 WIB
    Pengasuh Yayasan Al Hawthah Al Jindaniyah Al-Habib Ahmad bin Novel Salim Jindan menyampaikan nasihat terkait Corona saat pengajian di Ponpes Al-Fachriyah Tangerang (2/4/2020).
  • Kisah Pembebasan Ray...
    Dunia Islam
    Minggu, 28 April 2024 - 17:16 WIB
    Raja Ray ketika itu Siyavakhasy Mihran anak Bahram Chobin. Sesudah mereka bertemu di Waj Ruz ia yakin bahwa pasukan Muslimin tidak akan pulang kembali sebelum menyerangnya untuk menerobos ke dalam ibu kota.
  • 4 Masjid yang Ada di...
    Dunia Islam
    Senin, 02 Januari 2023 - 17:17 WIB
    Masjid yang ada di sekitar Masjid Nabawi cukup banyak. Sebagian dari masjid-masjid itu bersejarah. Berikut ini empat di antaranya, yakni:Masjid Ali bin Abi Thalib, Masjid Abu Bakar, Masjid Ghamamah, dan Masjid Imam Bukhari.
  • Asal Usul Nama Malik...
    Hikmah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 16:44 WIB
    Malik bin Dinar al-Sami adalah putra seorang budak Persia dari Sejestan (atau Kabol). Ia murid Abu Said bin Abul-Hasan Yasar al-Basri, atau biasa disebut Hasan al-Basri, seorang sufi ternama.
  • Keluhan Khalifah Utsman...
    Hikmah
    Senin, 18 Oktober 2021 - 20:38 WIB
    Gerakan oposisi yang masif membuat Khalifah Utsman bin Affan patah arang. Ia mengeluh, dan berkata: Aku rendahkan bahuku dan aku tahan tangan dan lidahku dari menyakiti kalian, tapi kalian jadi berani dan bersikap lancang kepadaku!
  • Kisah Utsman bin Affan...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Biasanya orang menangis dan ketakutan apabila mendengar cerita tentang neraka dan hari Kiamat, namun tidak demikian bagi Sayyidina Utsman bin Affan.
  • Ini Alasan Mengapa Ibrahim...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 14:17 WIB
    Kenapa Ibrahim bin Adham tidak menikah? Wanita mana pun yang aku nikahi akan tetap kelaparan dan telanjang. Jika pun aku dapat (menikah), aku akan menceraikan diriku sendiri, jawabnya.
  • Perang Shiffin: Ini...
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 14:23 WIB
    Sepanjang usia, Abdullah bin Amr tidak pernah lupa sesaat pun kalimat singkat yang disampaikan Rasulullah SAW, Lakukanlah apa yang kuperintahkan dan taatilah ayahmu.
  • Abu Sufyan bin Harits...
    Hikmah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sepupu Nabi SAW ini hampir saja masuk Islam ketika melihat sesuatu yang mengherankan hatinya ketika perang Badar, yakni sewaktu ia berperang di pihak Quraisy. Tapi itu tidak dilakukan.
  • Umair bin Saad, Gubernur...
    Hikmah
    Senin, 13 April 2020 - 15:41 WIB
    Umair mengambil kantong kulitnya. Ia memasukkan bekalnya. Kemudian menggantungkan peralatan itu di bahunya. Ia berjalan kaki dari Himsha menuju Madinah.
  • Kisah Umar Bin Khattab:...
    Hikmah
    Minggu, 17 April 2022 - 19:30 WIB
    Pada saat Islam datang dan Umar menjadi tokoh besar dalam mendakwahkan ajaran itu, perempuan justru kurang berminat dengan dirinya. Umar dianggap terlalu galak, jarang senyum, dan pelit.
  • Kisah Utsman bin Affan...
    Hikmah
    Rabu, 25 September 2024 - 10:03 WIB
    Sesudah dia mendapat berita bahwa Rasulullah SAW menikahkan putrinya Ruqayyah yang cantik dengan sepupunya, Utbah bin Abi Lahab, Utsman menyesal mengapa bukan dirinya yang mengawininya.
  • Kisah Saad Bin Muadz...
    Hikmah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 17:37 WIB
    Saad bin Muadz radhiyallahu anhu adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang memiliki karamah luar biasa. Ketika wafat, jenazahnya diantar 70.000 Malaikat.