Topik Terkait: Kaum Anshar (halaman 500)

  • Kisah Ibrahim bin Adham yang Bertobat karena Burung Gagak
    Hikmah
    Selasa, 21 Januari 2020 - 18:09 WIB
    Ibrahim bin Adham (wafat 160 Hijriyah/777 Masehi) adalah ulama sufi yang dikenal zuhud. Kisah pertobatannya layak dijadikan iktibar bagi mereka yang jauh dari Allah Taala.
  • Keutamaan Berlaku Jujur dan Bahaya Dusta
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Kejujuran merupakan mukaddimah akhlak mulia yang akan mengarahkan pemiliknya kepada akhlak tersebut sebagaimana dijelaskan Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Orang Saleh Ketika Menghadapi Bala dan Ujian (1)
    Hikmah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 15:30 WIB
    Dalam Kitab Al-Hikam, Syeikh Ibnu Athoillah (1250-1309) menceritakan beberapa kisah orang beriman saat diberi ujian bala berupa penyakit.
  • Umat Terbaik Itu Harus Berwawasan Kebangsaan
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 17:48 WIB
    Kali ini saya akan sampaikan karakteristik terakhir dari ummatan wasathan (masyarakat madani atau Islami). Sengaja saya tuliskan karakter terakhir ini secara terpisah.
  • Cerita Ustaz Yusuf Mansur Ketika Terlilit Utang, Ini Amalannya!
    Tausiyah
    Rabu, 22 Januari 2020 - 20:41 WIB
    Ustaz Yusuf Mansur bercerita tentang pengalaman hidunya saat pengajian Jalsatul Itsnain Majelis Rasulullah Jawa Timur di Kota Surabaya 20 Januari 2020.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Orang Saleh Itu Selalu Khawatir Amalnya Tidak Diterima
    Tausiyah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 14:47 WIB
    Setiap muslim diwajibkan untuk beramala saleh sebelum datangnya hari penyesalan. Perlu diwaspadai agar seseorang tidak jatuh ke dalam sifat riya atau berbangga-bangga dengan amalan.
  • Siapakah Muslim yang Paling Baik? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat
    Tausiyah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 17:05 WIB
    Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute, Ustaz Adi Hidayat memberi nasihat pentingnya menuntut ilmu dalam kajiannya di Masjid Nurul Bahri, Jakarta Utara.
  • Kalam Indah Habib Hasan As-Syathiri Ulama Besar Yaman
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 09:00 WIB
    Sebuah kalam indah berisi nasihat yang menggugah hati disampaikan oleh salah satu ulama besar kharismatik asal Yaman, Al-Habib Hasan bin Abdullah bin Umar As-Syaathiri.
  • Inilah Sahabat yang Mengkhatamkan Al-Quran Dalam Salat Malamnya
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 16:51 WIB
    Al-Quran terdiri dari 114 surat dan 1.027.000 huruf (menurut Imam Syafii). Jika 1 huruf sama dengan 10 kebaikan, maka berapa kebaikan yang kita dapat ketika membaca dan mengkhatamkannya?
  • 7 Ciri-ciri Rumah Tangga Islami
    Tausiyah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 17:47 WIB
    Dalam Kitab Uqudulujain karya Syeikh Nawawi Al-Bantani, ulama besar asal Banten yang berdakwah di Makkah menjelaskan 7 ciri-ciri rumah tangga islami.
  • Derbent, Gerbang Masuknya Islam ke Rusia pada 642 Masehi (1)
    Hikmah
    Jum'at, 24 Januari 2020 - 21:27 WIB
    Paskaruntuhnya Uni Soviet pada akhir 1991 dan berdirinya Federasi Rusia, kehidupan beragama termasuk Islam telah berkembang dengan sangat cepat di negeri ini.
  • Virus Wuhan Ditakuti, Penyakit Wahn Dicintai
    Tausiyah
    Senin, 27 Januari 2020 - 06:45 WIB
    Ulama yang juga pengasuh Ponpes As-Shidqu Kuningan, Al-Habib Quraisy Baharun, memberi pandangan terkait virus Corona mematikan dari Wuhan, China.
  • PCNU Jakpus Gelar Silaturrahmi, Ini Pesan Kiyai Yusuf Aman
    Hikmah
    Senin, 27 Januari 2020 - 17:08 WIB
    Pengurus Cabang NU Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar acara silaturrahmi sekaligus persiapan pelantikan pengurus dan lembaga NU Cabang Kota Jakarta Pusat, (26/1/2019).
  • Pertanyaan Pertama kepada Suami dan Istri di Hari Kiamat
    Tausiyah
    Senin, 27 Januari 2020 - 17:50 WIB
    Ulama besar asal Banten yang wafat di Makkah, Syeikh Muhammad bin Umar bin Nawawi Al-Bantani (wafat 1316 H) menjelaskan bagaimana hak dan kewajiban para suami dan istri.
  • Orang-orang yang Mati Syahid Menurut Hadis Nabi
    Hikmah
    Selasa, 28 Januari 2020 - 14:13 WIB
    Semua umat muslim pasti menginginkan wafat dalam keadaan syahid. Sebab, mereka yang mati syahid akan mendapatkan keutamaan dan kemuliaan besar di sisi Allah Taala.
  • Rahasia Musibah dan Amalan yang Harus Dihidupkan
    Hikmah
    Rabu, 29 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Dai yang juga Founder Syameela, Ustaz Oemar Mita mengatakan dalam tausiyahnya bahwa musibah adalah hal yang pasti dialami seseorang. Namun, tak seorang pun tahu kapan ujian itu datang.
  • Kenapa Ada Mazhab dalam Islam? Begini Kisahnya
    Tausiyah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 17:07 WIB
    Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia (RFI) Ustaz Ahmad Sarwat mengulas tentang fiqih perbandingan mazhab saat mengisi kajian di Masjid An-Nabawi, Cipondoh, Tangerang.
  • Amalan yang Bisa Membentengi Diri dari Setan
    Hikmah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 17:31 WIB
    Allah Azza wa Jalla memerintahkan Yahya bin Zakariya alaihissalam dengan lima kalimat agar diamalkan, dan memerintahkan Bani Israil agar mereka mengamalkannya.
  • Nama-nama Rasulullah SAW yang Jarang Diketahui Orang
    Hikmah
    Kamis, 30 Januari 2020 - 22:43 WIB
    Banyaknya nama menunjukkan mulianya si pemilik nama tersebut sebagaimana Allah Taala memiliki banyak nama-nama indah. Demikian halnya Nabi Muhammad SAW.
  • 7 Amalan Harian Rasulullah SAW
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Januari 2020 - 07:00 WIB
    Ustaz Yakub Amin mengulas 7 amalan harian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam (SAW) saat kajian bakda Subuh di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.