Topik Terkait: Keadilan Hukum

  • Hukum Mendoakan Keburukan
    Muslimah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 08:11 WIB
    Pada dasarnya Allah melarang kita untuk mendoakan keburukan untuk orang lain, terlebih kepada sesama muslim. Tetapi, khusus terhadap orang-orang yang didzalimi Allah membolehkannya. Kenapa demikian?
  • Doa Memohon Keadilan Bagi yang Dicurangi dalam Pemilu
    Tips
    Jum'at, 16 Februari 2024 - 15:32 WIB
    Doa memohon keadilan ketika merasa dicurangi penting diketahui, bagi mereka yang mengikuti sebuah kompetisi seperti Pemilu (pemilihan umum)
  • Hukum Infak, Sedekah dan Zakat, Berikut Perbedaannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Februari 2021 - 17:48 WIB
    Zakat, infak dan sedekah sangat akrab di telinga kaum muslimin seolah sudah menjadi satu kesatuan. Banyak yang bertanya apakah ketiga istilah itu sama maknanya. Berikut penjelasannya.
  • Hukum Menikahi Sepupu dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Hukum Mewarnai Rambut dalam Islam Beserta Dalilnya
    Tips
    Jum'at, 04 November 2022 - 09:48 WIB
    Hukum mewarnai rambut dalam Islam adalah boleh bahkan dianjurkan. Hal ini berbeda dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani yang tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya.
  • Hukum Membunuh Pelaku Begal Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Rabu, 20 April 2022 - 23:43 WIB
    Hukum membunuh pelaku begal menarik untuk dikaji berdasarkan perspektif Islam. Apalagi belakangan ramai berita seorang korban begal jadi tersangka karena membunuh pelakunya.
  • Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain Beserta Contohnya
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 20:28 WIB
    Hukum bacaan idgham mutamatsilain adalah apabila ada huruf yang bertemu huruf yang sama yang juga memiliki makhroj dan sifat yang sama, huruf yang pertama berharakat sukun dan huruf yang kedua berharakat.
  • Hukum Cadar Menurut Jumhur Ulama, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Selasa, 01 November 2022 - 08:11 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Apa Hukum Salat Kafarat dalam Islam?
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 16:00 WIB
    Tradisi melaksanakan salat kafarat pada Jumat terakhir Ramadan dapat menghapuskan dosa-dosa salat yang ditinggalkan selama 70 tahun. Benarkah demikian dan bagaimana hukum salat kafarat ini?
  • Hukum Kurban Online, Apakah Sah? Simak Ulasannya Supaya Lebih Paham
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Hukum Menqashar Sholat Bagi Musafir, Berapa Lamakah Batasan Waktunya?
    Tips
    Rabu, 28 Desember 2022 - 17:43 WIB
    Musim liburan telah tiba. Bagi umat muslim di Indonesia perlu mengetahui hukum dan batasan waktu meng-qashar sholat ketika bepergian (safar). Berikut penjelasannya.
  • 3 Prinsip yang Berasal dari Azas Keadilan Tuhan Menurut Imam Chirri
    Tausyiah
    Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:37 WIB
    Tidak seorangpun yang bertanggungjawab apa yang dilakukan orang lain, walaupun mereka itu temannya sendiri atau saudaranya, selama perbuatan mereka tidak di bawah kontrol mereka.
  • Hukum Melangkahi Pundak Orang yang Duduk
    Tausyiah
    Sabtu, 18 November 2023 - 23:19 WIB
    Melangkahi pundak orang yang duduk dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah Takhaththi. Para ulama mendefenisikan hal ini dalam beberapa hukum.
  • Makna Kisah Nabi Muhammad SAW Tak Memberi Maaf Pencuri
    Tausyiah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab menjelaskan mengapa Nabi SAW menolak memberikan maaf kepada seorang pencuri setelah diajukan ke pengadilan, walau pemilik harta telah memaafkannya.
  • Bagaimana Hukum Sedekah Online? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 05 April 2023 - 10:19 WIB
    Saat ini hampir seluruh aktivitas kehidupan dilakukan secara online, termasuk dalam bersedekah. Bagaimana sebenarnya hukum sedekah online dalam pandangan Islam ini?
  • Perdebatan Soal Cadar, Ini Pendapat Hukum Jumhur Ulama
    Muslimah
    Senin, 13 Maret 2023 - 09:17 WIB
    Sebenarnya bagaimana hukum cadar menurut jumhur (kesepakatan mayoritas) ulama? Tentu saja untuk menjawabnya, tidak bisa dilepaskan dari jumhur ulama tentang aurat wanita.
  • Hukum Menyerobot Tanah Menurut Islam
    Tausyiah
    Senin, 04 Maret 2024 - 14:33 WIB
    PT Berau Coal melalui mitranya PT Kaltim Diamond Coal (KDC) diduga melakukan penyerobotan tanah milik Universitas Muhammadiyah Berau. Bagaimana hukumnya dalam Islam?
  • Pentingnya Suami Istri Memahami Hukum Perceraian dalam Islam
    Muslimah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 10:16 WIB
    Dalam Islam, ppasangan suami-istri hendaknya memahami hukum perceraian, syarat sah, aturan, dan dalil yang mengikutinya agar solusi talak bagi keduanya tetap dalam koridor hukum yang ditetapkan Allah SWT
  • Hukum Mencabut dan Mewarnai Uban, Haram Atau Makruh?
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 15:12 WIB
    Hukum mencabut dan mewarnai uban telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sejak 14 abad lalu. Berikut penjelasan rinci dari berbagai Hadis Nabi.
  • Hukum Tajwid Surat Al Maidah Ayat 15
    Tips
    Selasa, 11 Juli 2023 - 18:58 WIB
    Terdapat sejumlah hukum tajwid dalam surat Al Maidah ayat 15 yang penting dipahami seluruh umat Islam agar tidak mengalami salah baca yang dapat menimbulkan salah arti dan makna.