Topik Terkait: Kerukunan Beragama (halaman 2)

  • Imam Besar Masjid Istiqlal Hadiri Dialog Lintas Agama, Ini Pesannya
    Dunia Islam
    Kamis, 11 November 2021 - 20:48 WIB
    Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof KH Nasaruddin Umar hadir memberikan paparannya saat Dialog Lintas Agama di Aula Al-Fattah Masjid Istiqlal Jakarta.
  • Merawat Kebhinekaan dan Toleransi Jadi Wujud Syukur kepada Allah
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:04 WIB
    Ketua Umum PB Mathlaul Anwar, KH Embay Mulya Syarief menyatakan takdir yang diberikan oleh Allah SWT berupa perbedaan merupakan rahmat bagi bangsa Indonesia.
  • Perlunya Memahami Esensi Silaturahmi untuk Jaga Kerukunan Kebangsaan
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Mei 2022 - 15:37 WIB
    Mudik ke kampung halaman, halal bi halal, saling memaafkan dan berkumpul bersama menjadi tradisi unik dalam memaknai hari kemenangan sepanjang bulan Syawal.
  • Maulid Nabi, Peringatan Keteladanan Rasulullah dalam Menyempurnakan Akhlak Manusia
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 September 2023 - 10:00 WIB
    Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dinilai merupakan bentuk kecintaan umat Islam terhadap Rasulullah yang menjadi penanda berakhirnya zaman jahiliyah karena membawa risalah penuntun umat manusia.
  • Berikut ini Kunci Sikap Toleransi Menurut Gus Baha
    Tausyiah
    Senin, 07 Juni 2021 - 12:52 WIB
    Pikiran saya sederhana, ilmu itu melahirkan sikap. Jika punya referensi yang cukup tentang toleransi maka kita hidup di mana saja maka akan tetap toleransi, ucap Gus Baha
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Merajut Rekonsiliasi di Bulan Suci Ramadan, Ormas Keagamaan Berperan Penting
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 20:57 WIB
    Bulan suci Ramadan menjadi momen penuh berkah bagi umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa dan waktu yang tepat merekatkan kembali persatuan lintas agama.
  • TGB: Menerima Keragaman dalam Islam Itu Otentik Bukan Siasat
    Dunia Islam
    Selasa, 31 Mei 2022 - 15:32 WIB
    Ketua Organisasi Internasional Alumni Al Azhar (OIAA) Indonesia TGB HM Zainul Majdi mengatakan, keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah anugerah. Keragaman ini pun harus disyukuri dan diterima dengan baik.
  • Kisah Sultan Utsmaniyah Selim I Taklukkan Yerusalem dan Jamin Kebebasan Beragama
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 16:45 WIB
    Setelah Sultan Selim mendirikan otoritas atas Suriah, Mesir, termasuk Makkah dan Madinah, dia memutuskan tidak boleh ada lagi gereja atau tempat ibadah baru yang dibangun di wilayah tersebut.
  • 208.819 Calhaj Lunasi Biaya Haji, Partai Perindo: Kegairahan Beragama di Indonesia Luar Biasa Tinggi
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 19:56 WIB
    Perindo menilai antusiasme beragama di Indonesia masih sangat tinggi lantaran 208.819 calhaj sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H/2023 M.
  • Gara-gara Sebuah Pisang!
    Tausyiah
    Rabu, 21 September 2022 - 00:55 WIB
    Jika saya ingin menyebutkan berbagai inisiatif interfaith atau dialog antarpemeluk agama yang saya lakukan di Kota New York tentu lumayan banyak.
  • Umat Islam Indonesia Harus Terus Gaungkan Sikap Ramah, Moderat, dan Toleran
    Dunia Islam
    Senin, 10 April 2023 - 08:17 WIB
    JMM bersama IAID Al Karimiyah menggelar dialog keagamaan Ramadan 1444 H bertemakan Membumikan Islam Ramah, Menangkal Ideologi Radikal di Bumi Pancasila, di Aula IAID, Depok.
  • Berpuasa Perkuat Pengendalian Diri dan Toleransi
    Dunia Islam
    Sabtu, 01 Mei 2021 - 12:36 WIB
    Ramadhan adalah rahmat bagi semesta agar seluruh bumi dan seisinya bisa merasakan indahnya bulan suci ini.
  • Pra-Islam: Mengapa Orang Arab di Syam dan Irak Lebih Memilih Beragama Nasrani?
    Hikmah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 17:17 WIB
    Pada era pra-Islam orang-orang Arab Irak tidak sampai menganut Majusi Persia kendati hubungan mereka sangat erat dan mereka mengagumi kebudayaannya.
  • Imam Besar Masjid Istiqlal Ajak Guru Madrasah Sebarkan Islam yang Toleran
    Dunia Islam
    Sabtu, 27 November 2021 - 14:22 WIB
    Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof Nasaruddin Umar mengajak guru madrasah dan pesantren untuk menyebarkan Islam toleran.
  • Stafsus Menag: Paling Penting Multikulturalisme Adalah Menghargai Perbedaan
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juni 2023 - 17:36 WIB
    Multikulturalisme merupakan bagian dari program prioritas Kementerian Agama (Kemenag) yakni moderasi beragama. Tujuannya agar kehidupan beragama di Indonesia menjadi berkualitas dan lebih baik.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.
  • Doa Mohon Perlindungan Diri Saat Menjenguk Orang Sakit
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 16:30 WIB
    Doa merupakan benteng dan perlindungan kepada Allah Taala supaya terhindar dari keburukan termasuk penyakit yang membahayakan. Berikut doa perlindungan diri saat menjenguk orang sakit.
  • Amalkan Qunut Nazilah Secara Pribadi, Jangan Disertai  Kutukan
    Tausiyah
    Kamis, 02 April 2020 - 08:56 WIB
    Muhammadiyah menganjurkan umat Islam banyak beristighfar, bertaubat,&nbsp dan berdoa kepada Allah dalam menghadapi wabah virus corona. Selain itu, meningkatkan membaca al-Quran, berzikir, bersalawat atas Nabi, dan membaca qunut nazilah secara individu.
  • Mendalami Al-Quran Kini Lebih Mudah dengan Layanan Tafsir Digital
    Hikmah
    Rabu, 01 April 2020 - 20:13 WIB
    Al-QURAN diturunkan ke dunia oleh Allah Taala sebagai petunjuk jalan yang benar. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan isi Al-Quran.