Topik Terkait: Keselamatan (halaman 64)

  • Asal Mula Adzan dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan Muadzin
    Hikmah
    Selasa, 13 Oktober 2020 - 20:13 WIB
    Bagaimana sejarah munculnya adzan ini hingga disyariatkan dalam Islam? Berikut ulasan Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir Lc MA (pengajar Rumah Fiqih Indonesia).
  • Inilah Musibah Terbesar yang Menimpa Orang Beriman
    Muslimah
    Selasa, 08 Desember 2020 - 20:32 WIB
    Di antara musibah paling besar dan ujian paling besar yang menimpa kepada seseorang ketika seseorang terkena ujian musibah yang menimpa kepada agamanya
  • Begini Doa Lengkap untuk Orang yang Meninggal Dunia Sesuai Sunnah Nabi
    Tausyiah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 12:48 WIB
    Segala doa atau kiriman bacaan Al-Quran akan sampai untuk orang yang telah wafat. Berikut ini adalah doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW bagi orang yang meninggal, laki-laki maupun perempuan.
  • Cerita Ajaran: Siti Fatimah dan Binatang
    Hikmah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 09:56 WIB
    Fatimah menghabiskan hari-hari baiknya dengan menyebut keinginannya ke kusen di dinding, Mihrab, berilah aku kekuatan untuk memahami dan berbicara dengan binatang.
  • Taubat Sebagai Jalan Keluar Masalah
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 07:13 WIB
    Hampir setiap hari manusia melakukan perbuatan salah, baik yang disadari atau pun tidak disadari. Oleh karena itulah Allah Taala memberikan jalan kepada manusia untuk senantiasa membersihkan diri dari noda-noda dosa, yakni taubat.
  • Mengatasi Problem Rumah Tangga dengan Tuntunan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 10 Desember 2020 - 09:22 WIB
    Islam telah mengajarkan tuntunannya dalam memanjemen konflik sebuah rumah tangga. Bagaimana hendaknya sikap seorang suami, istri, bahkan mertua dalam menyikapi perselisihan yang ada di rumah tangga.
  • Cerita Ajaran: Musa dan Penggembala
    Hikmah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 11:08 WIB
    Ini adalah penjelasan dari sebuah kutipan pendek yang penting dari Matsnawi, karya ar-Rumi, yang telah disampaikan oleh Khawja Fidai dari Kars, dalam Meditations on the Couplet of Our Master Jalaludin ar-Rumi.
  • Sifat Malu yang Sangat Dicintai Allah Taala
    Muslimah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 08:50 WIB
    Islam menggambarkan wajah yang dihiasi dengan rasa malu bagaikan permata yang tersimpan dalam sebuah bejana bening. Tidak ada seorang pun yang memakai perhiasan lebih indah dan memukau daripada perhiasan rasa malu.
  • Takdir, Becermin dari Tujuan Politis Penguasa Dinasti Umayah
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Desember 2020 - 13:07 WIB
    Yang jelas, menurut Prof Quraish, Nabi dan sahabat-sahabat utama beliau, tidak pernah mempersoalkan takdir sebagaimana dilakukan oleh para teolog itu.
  • Ketakutan Terkadang Menimbulkan Keajaiban
    Hikmah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 08:42 WIB
    Melihat angsa itu lari, Taimurlank menoleh pada Nashruddin dan berkata, mengapa engkau masih mau berdusta padaku? Bukankah telah kau lihat sendiri angsa itu berjalan dengan sepasang kaki?
  • Canda Ala Sufi: Sepotong Daging dan Sebilah Pisau
    Hikmah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 06:45 WIB
    Suatu hari, Nashruddin bertanya pada istrinya, Mengapa setiapkali aku membawakan daging pasti selalu habis dan aku tidak pernah menikmatinya? Kau kemanakan daging itu?
  • Saat Nabi Yusuf Terjepit, Beliau Selamat Berkat Burhan Tuhan
    Tausyiah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 11:26 WIB
    Ketika Yusuf Alaihissalam menghadapi godaan dari oknum istri pejabat Mesir, kita bertanya apa yang menjadikan beliau mampu melepaskan diri dari situasi terjepit itu?
  • Manfaat Puasa Saat Hamil : Sehat dan Bergelimang Pahala
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
    Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Taala.
  • Takluknya Brandal Lokajaya kepada Sunan Bonang
    Hikmah
    Senin, 14 Desember 2020 - 15:18 WIB
    Setelah diusir ayahnya, Raden Said mengembara tanpa tujuan pasti. Pada akhirnya dia menetap di hutan Jatiwangi. Selama bertahun-tahun dia menjadi perampok budiman.
  • Imam Syafii Pernah Dirantai dan Dipenjara, Beliau Tetap Mulia di Sisi Allah
    Tausyiah
    Senin, 14 Desember 2020 - 17:30 WIB
    Nama besar Al-mam mujtahid, Al-Imam Muhammad bin Idris as-Syafii atau lebih dikenal dengan nama Imam as-Syafii terdengar menggaung di negeri-negeri Islam.
  • Canda Ala Sufi: Percaya pada Keledai, Bukan Jenggot Beruban
    Hikmah
    Selasa, 15 Desember 2020 - 14:52 WIB
    Tetangga itu lalu berkata padanya, Wahai Syaikh, suara keledaimu telah menggema ke seluruh penjuru dunia, namun engkau tidak mengakui keberadaannya.
  • Inilah Waktu-waktu yang Dianjurkan Membaca Shalawat
    Muslimah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 08:48 WIB
    Bershalawat merupakan salah satu cara kaum muslim untuk mengekspresikan kecintaan terhadap Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Dan inilah waktu-waktu yang tepat dianjurkannya membaca shalawat.
  • Sunan Kalijaga (5): Mubaligh yang Seniman dan Budayawan
    Hikmah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 09:38 WIB
    Jasa Sunan Kalijaga sangat sukar dihitung karena banyaknya. Beliau dikenal sebagai mubaligh, pakar seni, budayawan, ahli filsafat, dalang, pencipta wayang kuli sebagainya.
  • Ngerinya Perasaan Dendam, Dapat Menghancurkan Pikiran dan Akhlak
    Muslimah
    Rabu, 16 Desember 2020 - 18:49 WIB
    Makin besar dendam, maka seseorang akan semaksimal mungkin mencari cara untuk mencemarkan dan mencelakakan orang lain. Dicari sedemikian rupa cara agar orang yang membuat kecewa itu bisa merasakan hal serupa.
  • Syaikh Abdul Qadir AL-Jilani: Tiada Maqam Setelah Wali dan Badal Selain Maqam Nabi
    Tausyiah
    Kamis, 17 Desember 2020 - 16:57 WIB
    Keseluruhan dirinya menjadi kehendak Allah Yang Mahakuasa lagi Mahaagung. Maka tiada janji atau pun pengingkaran janji dalam hal ini, karena hal ini ada pada orang yang berkeinginan.