Topik Terkait: Keutamaan 4 Surat Yasin Ar Rahman Al Waqiah Dan Al Mulk (halaman 60)

  • 4 Tips Menyambut Bulan...
    Muslimah
    Minggu, 11 April 2021 - 10:37 WIB
    Di bulan Ramadhan adalah cara mendekatkan diri kepada Rabb yang paling baik dengan melakukan ibadah, ketaatan, penyucian jiwa, pembersihan hati dari berbagai macam bentuk keburukan.
  • Quraish Shihab: Al-Quran...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Maret 2023 - 17:48 WIB
    Al-Quran Al-Karim memperkenalkan dirinya dengan berbagai ciri dan sifat. Salah satu di antaranya adalah bahwa ia merupakan kitab yang keotentikannya dijamin oleh Allah, dan ia adalah kitab yang selalu dipelihara.
  • Mengucap Salam, Amalan...
    Tips
    Senin, 01 November 2021 - 18:31 WIB
    Ada amalan ringan yang kini sudah sangat memudar dan jarang diamalkan lagi, yakni amalan menebarkan salam (ifsyaus salaam). Padahal dengan menebarkan salam, akan menumbuhkan rasa saling cinta.
  • Piagam Madinah: Dokumen...
    Dunia Islam
    Jum'at, 05 Agustus 2022 - 16:58 WIB
    Piagam Madinah dibuat setelah kaum Yahudi mengeluh atas terbunuhnya Kaab bin al-Asyraf. Rasulullah mengajak mereka menuliskan kesepakatan yang harus dipatuhi bersama-sama dan mereka setuju.
  • Qariah Disawer Saat...
    Dunia Islam
    Minggu, 08 Januari 2023 - 09:05 WIB
    Peristiwa Qariah disawer beberapa laki-laki saat tilawah Al-Quran pada acara Maulid Nabi di Pandeglang Banten menuai sorotan para ulama. Ini dianggap musibah dalam peradaban Islam.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Dalil-dalil Pentingnya...
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:18 WIB
    Kurban atau berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Iduladha. Ibadah kurban adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama menghukuminya sebagai sunnah.
  • Biografi Imam Hasan...
    Hikmah
    Rabu, 01 Maret 2023 - 23:37 WIB
    Sosok Imam Hasan Al-Bashri sangat masyhur di kalangan ulama dan penuntut ilmu. Beliau adalah salah satu ulama Tabiin yang paling banyak dinukil nasihat dan petuahnya.
  • Kisah Uwais Al-Qarni...
    Muslimah
    Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:53 WIB
    Salah satu kisah yang perlu kita ceritakan dan kita sampaikan kepada anak-anak adalah kisah Uwais Al-Qarni. Ini tentang kebaktian seorang anak kepada orang tua.
  • Kisah Hikmah: Jodoh...
    Muslimah
    Selasa, 01 Maret 2022 - 09:56 WIB
    Jodoh adalah rahasia Illahi, tak ada seorang pun yang bisa mengethui dan menentukannya. Namun, menyikapi datang jodoh bergantung pada ikhtiar dan doa-doa kita sendiri.
  • Teguran Syaikh Abdul...
    Hikmah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 06:29 WIB
    Perempuan tua itu tidak menyebarkan tentang tindakan bodoh si Faqih.. Ia akhirnya bermaksud memetik manfaat secara baik barangkali suatu kesempatan yang tepat akan muncul.
  • Keutamaan dan Manfaat...
    Tips
    Minggu, 21 Agustus 2022 - 14:36 WIB
    Menjenguk orang sakit merupakan salah satu ibadah ghairu mahdhah yang dianjurkan bagi umat muslim, karena dalam aktivitas ini terdapat keutamaan yang agung, berpahala dan merupakan hak setiap muslim.
  • Keutamaan Bulan Safar...
    Tausyiah
    Selasa, 06 Agustus 2024 - 09:06 WIB
    Selamat datang bulan Safar, bulan kedua dalam kalender Hijriah. Tahun ini umat Islam memasuki bulan Safar 1446 hijriah. Meski tidak seagung bulan Muharram, bulan Safar memiliki keutamaan tersendiri
  • Mengenal 15 Nama-nama...
    Hikmah
    Senin, 15 Juli 2024 - 09:47 WIB
    Setidaknya ada 15 nama-nama surga dalam Al-Quran. Nama-nama ini ada yang tersusun dari satu kata dan ada pula yang tersusun dari dua kata. Nama apa saja?
  • Tajwid Surat Al Falaq,...
    Tips
    Kamis, 01 Agustus 2024 - 15:03 WIB
    Tajwid Surat Al Falaq ini perlu dipahami oleh setiap muslim, mengingat surah ini termasuk suratan pendek yang kerap dibaca ketika shalat fardhu atau sunnah.
  • Mengenal Syaikh Abdul...
    Hikmah
    Rabu, 09 November 2022 - 20:42 WIB
    Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani adalah sosok ulama panutan yang merupakan simbolnya para Wali. Beliau pun digelari Sulthanal Auliya (pemimpin para Waliyullah).
  • 7 Doa Penangkal Sihir...
    Tips
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 06:30 WIB
    Sihir disebut juga guna-guna, santet dan ilmu hitam. Berikut 7 (tujuh) amalan doa penangkal sihir dan santet yang bersumber dari Al-Quran dan Hadis.
  • Al-Quran Tegas Melarang...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juni 2024 - 13:25 WIB
    Al-Quran juga secara tegas melarang perkawinan dengan orang musyrik seperti Firman-Nya dalam surat Al-Baqarah (2): Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman.
  • Hukum Membakar Mushaf...
    Tausyiah
    Selasa, 31 Januari 2023 - 15:41 WIB
    Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon, KH Yahya Zainul Maarif atau yang akrab disapa Buya Yahya menjelaskan hukum membakar mushaf Al-Quran.
  • Maryam binti Imran :...
    Muslimah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 08:45 WIB
    Maryam binti Imran merupakan satu-satunya nama perempuan mulia yang disebut dalam Al-Quran, bahkan namanya diabadikan menjadi salah satu nama surat dalam kitab suci umat Islam ini
  • Amalan Penarik Rezeki...
    Tips
    Selasa, 17 Mei 2022 - 12:31 WIB
    Amalan penarik rezeki atau pembuka pintu rezeki, banyak kita temukan di dalam Al-Quran maupun Hadis Nabi. Dalam Al-Quran, Allah Taala menegaskan dalam firman-Nya bahwa Dia adalah Zat yang Maha Pengasih dan Pemberi rezeki.