Topik Terkait: Keutamaan Doa Setelah Adzan (halaman 389)

  • Amalan Baik di Bulan...
    Muslimah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 06:00 WIB
    Pada bulan Dzulhijjah ini, umat muslim menjalankan ibadah haji yang termasuk rukum Islam kelima. Selain itu, segala amalan yang dilakukan di bulan Dzulhijjah juga dilipatgandakan pahalanya.
  • Ancaman Bagi yang Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 10:50 WIB
    Banyak dalil dan riwayat Nabi SAW yang menganjurkan ibadah berkurban. Saking mulianya ibadah berkurban, syariat memberi ancaman kepada mereka yang enggan berkurban ketika memiliki kelapangan rezeki.
  • Inilah Syarat dan Cara...
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 11:15 WIB
    Seluruh ulama sepakat (ijma) bahwa kaum wanita tidak wajib mengerjakan salat berjamaah. Tetapi syariat tetap membenarkan mereka boleh melakukan salat secara berjamaah.
  • Fadhillah Surah Al-Kahfi,...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 22:52 WIB
    Selain menghidupkan Salawat, ada satu amalan istimewa pada malam Jumat dan hari Jumat yaitu membaca Surah Al-Kahfi atau Gua. Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Kitab suci Al-Quran.
  • Hagia Sophia Saksi Tingginya...
    Hikmah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 08:09 WIB
    Sesungguhnya, agama Nasrani yang berada di bawah pemerintahan Islam memperoleh semua hak-hak mereka. Dan setiap agama memiliki pemimpin sendiri yang langsung berurusan dengan Sultan.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Perang Covid-19, Haedar...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 14:30 WIB
    Haedar Nashir mengatakan banyaknya panorama corak pandang keagamaan di kalangan umat Islam menyebabkan penyelesaian wabah covid-19 menjadi tidak mudah.
  • Guru Spiritual di Balik...
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 08:08 WIB
    Sultan melihat gurunya bangkit dari sujudnya dengan berlinangan air mata. Beliau bermunajat dan berdoa kepada Allah agar menurunkan pertolongan dan memberi kemenangan.
  • Kenali Ciri Wanita Nusyuz...
    Muslimah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 13:24 WIB
    Terkadang di dalam rumah tangga, seorang laki-laki diuji dengan kedurhakaan istri. Di dalam istilah agama disebut dengan nusyuz. Wanita nusyz kepada suami artinya membangkang dan bersikap buruk (kitab Mujamul Wasith
  • Bolehkan Patungan untuk...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 13:27 WIB
    Bagaimana hukum patungan untuk berkurban? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib (pengajar Rumah Fiqih Indonesia) dalam bukunya Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syafii.
  • Allah Taala Maha Indah:...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 05:01 WIB
    Mengapa warna kesenian Islami tidak tampak dengan jelas pada masa Nabi dan para sahabatnya. Bahkan mengapa terasa adanya semacam pembatasan yang menghambat perkembangan kesenian?
  • Wasiat Al-Fatih kepada...
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 08:04 WIB
    Wasiat ini melukiskan gambaran tentang jalan hidup, nilai- nilai, dan prinsip-prinsip keyakinan, serta impian-impiannya kepada pemimpin penggantinya.
  • Wasiat Al-Fatih kepada...
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 15:57 WIB
    Sesungguhnya akibat menjauhkan diri dari Syariat Allah dan hukum-hukum-Nya akan tampak pada kehidupan umat ini, dalam realitas keagaman, sosial, politik, dan ekonomi.
  • Wasiat Al-Fatih kepada...
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 13:29 WIB
    Al-Fatih dan para pendahulunya telah mempersiapkan umat melalui persiapan jihad. Dia telah menunaikan kewajibannya untuk memerangi orang-orang kafir yang menghadang Islam.
  • Ustaz Dokter Zaidul:...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 21:38 WIB
    Ustaz Dokter Zaidul Akbar mengajarkan kita tentang hakikat hidayah. Dalam tausiyahnya beliau mengatakan bahwa hidayah itu harus dijemput, bukan ditunggu.
  • Mana yang Lebih Utama,...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Juli 2020 - 20:37 WIB
    Pertanyaan fiqih kurban yang satu ini sering muncul di kalangan umat Islam. Lebih utama mana kurban sapi atau kambing? Berikut penjelasan Ustaz Muhammad Ajib.
  • Wasiat Al-Fatih kepada...
    Hikmah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 11:58 WIB
    Dalam setiap peperangan, Al-Fath tidak melupakan bahwa dirinya adalah seorang dai yang menyeru manusia ke jalan Islam. Dia selalu mendorong para komandan menyebarkan Islam.
  • Pamer Kemesraan di Medsos...
    Muslimah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 13:52 WIB
    Islam sebagai agama yang memberi rahmat kepada seluruh alam (rahmatan lil alamin), memberi perhatian yang maksimal terhadap masalah menjaga akhlak.
  • Ketika Malaikat Maut...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 06:15 WIB
    Setelah memeras otak bagaimana caranya menghindarkan diri dari maut, ia memutuskan bahwa apabila ia menjauhkan diri dari Bagdad tentunya Maut tak akan bisa mencapainya.
  • 3 Dosa yang Paling Dimurkai...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 15:23 WIB
    Di antara dosa yang tidak disukai Allah Taala ada tiga perbuatan yang tergolong ke dalam dosa paling besar. Ketiga dosa ini merupakan dosa paling dimurkai Allah Taala.
  • Dialah Tokoh Penggerak...
    Hikmah
    Senin, 27 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Pan-Islamisme tidak muncul dalam pergulatan politik, kecuali di masa pemerintahan Sultan Abdul Hamid II, atau lebih tepatnya ketika Sultan Abdul Hamid naik ke singgasana Utsmani.