Topik Terkait: Keutamaan Puasa Daud Bagi Wanita (halaman 19)

  • Mengenal 20 Sifat Wajib...
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 19:19 WIB
    Allah Azza wa Jalla memiliki banyak sifat dan nama-nama terbaik. Ada 20 sifat wajib bagi Allah yang patut diketahui umat muslim berikut dalil dan artinya.
  • Hakikat Puasa Ramadhan...
    Tausiyah
    Rabu, 15 Mei 2019 - 14:55 WIB
    Sejatinya, puasa bagi kaum sufi telah menjadi salah satu aktivitas ruhani untuk menghidupkan hati dan membuka tabir-tabir makrifat.
  • Pahala Puasa Syawal...
    Hikmah
    Senin, 22 April 2024 - 13:26 WIB
    Pahala puasa enam hari di bulan Syawal setelah berpuasa Ramadan, seolah-olah ia berpuasa setahun penuh. Mengapa demikian? Puasa enam hari di bulan Syawal setelah Ramadan hukumnya sunnah.
  • Hukum Menggabung Puasa...
    Tips
    Minggu, 29 Mei 2022 - 23:40 WIB
    Apakah boleh menggabungkan puasa Syawal dengan puasa qadha Ramadhan? Para ulama memiliki dasar untuk ketentuan menggabungkan dua ibadah dalam satu niat.
  • Baca Rutin di Malam...
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 19:41 WIB
    Para ulama mengatakan, barang siapa yang membaca 2 ayat terakhir surat Al-Baqarah di malam hari, maka ia akan mendapat keutamaan luar biasa untuk urusan dunia dan akhiratnya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Wanita Keputihan Apakah...
    Muslimah
    Sabtu, 19 September 2020 - 21:24 WIB
    Persoalan fiqih yang satu ini sering ditanyakan oleh kaum perempuan. Apakah keputihan itu najis dan membatalkan wudhu? Berikut penjelasan Ustaz Farid Numan Hasan.
  • Keutamaan Hari Jumat...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 22:01 WIB
    Selain fadhillah Surah Al-Kahfi, Yasin dan baca sholawat, ternyata masih banyak keistimewaan lain Hari Jumat yang perlu diketahui kaum muslimin. Berikut keterangannya.
  • 7 Keutamaan Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Selasa, 11 Oktober 2022 - 23:53 WIB
    Keutamaan Nabi Muhammad SAW (shollallohu alaihi wasallam) dibanding Nabi yang lain penting diketahui umat Islam. Berikut tujuh keutamaan sebagai tanda kekhususan beliau.
  • Ancaman Azab Bagi Pelanggar...
    Muslimah
    Kamis, 20 Agustus 2020 - 15:14 WIB
    Batasan aurat perempuan sangatlah penting untuk tidak terlihat oleh orang lain yang bukan mahramnya. Bahkan, Nabi Muhammad SAW mengingatkan agar telapak bawah kaki tertutup auratnya.
  • Bolehkah Puasa Rajab...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:41 WIB
    Bolehkah puasa Rajab hanya 1 hari? Berapa sebenarnya jumlah puasa sunnah di Bulan Haram ini? Pertanyaan tersebut kerap muncul, terlebih di saat sudah akan memasuki salah satu bulan Haram tersebut.
  • Kapan Batas Akhir Puasa...
    Tips
    Kamis, 12 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Kapan batas akhir puasa Syawal tahun ini? Untuk diketahui, hari ini kita memasuki hari ke-11 Syawal 1443 Hijriyah bertepatan Kamis (12/5/2022).
  • Keutamaan Orangtua yang...
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 22:45 WIB
    Allah Taala akan memberi ganjaran dan pahala besar bagi para orangtua yang sabar mengajarkan kitabullah kepada anaknya. Berikut keutamaan orangtua yang mengajarkan Al-Quran kepada anaknya.
  • Sholat Muslimah, Lebih...
    Tips
    Rabu, 11 Agustus 2021 - 17:27 WIB
    Sholat adalah ibadah yang sangat mendasar bagi kaum muslimin. Ibadah ini hukumnya fardhu ain, yaitu tidak boleh ditinggalkan ataupun diwakilkan kepada orang lain.
  • Memaknai Keberkahan...
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 22:59 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan kedekatan dan perekat hubungan (relasi). Tentu hubungan yang dimaksud mencakup dua aspek yaitu hablun-minallah dan hablun-minannas.
  • Inilah Kebaikan dalam...
    Tips
    Jum'at, 16 April 2021 - 14:32 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, dan ada nilai nilai kebaikan lainnya.
  • Keutamaan Sholat Subuh...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Maret 2023 - 18:26 WIB
    Sholat Subuh dan Ashar berjamaah memiliki keutamaan tersendiri. Siapa yang istiqomah mengerjakan kedua sholat ini secara berjamaah maka ia akan mendapatkan fadhilah besar.
  • Hikmah Puasa Menurut...
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 11:55 WIB
    Seseorang (yang berpuasa) menahan dirinya dari syahwatnya dan kesenangannya sebulan penuh, yang di balik itu ia tidak mengharapkan apa apa kecuali Wajah Allah Taala
  • Inilah Konsekuensi Jika...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Mei 2024 - 11:21 WIB
    Bagi umat Islam yang sudah baligh, ada kewajiban seseorang yang tidak berpuasa di bulan Ramadan berdasarkan sebabnya yakni harus menggantinya di waktu lain. Lantas bagaimana yang tidak mengqadhanya?
  • Niat Puasa Ramadhan...
    Tips
    Selasa, 29 Maret 2022 - 08:29 WIB
    Niat puasa Ramadhan merupakan keinginan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Niat sendiri adalah hal yang sangat mendasar dalam setiap ibadah, termasuk dalam puasa.
  • Ibadah Puasa Merupakan...
    Tausyiah
    Selasa, 22 Maret 2022 - 08:30 WIB
    Dalam Islam, ibadah puasa ternyata adalah perisai yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak dan hal-hal buruk lainnya.