Topik Terkait: Keutamaan Puasa Daud Bagi Wanita (halaman 3)

  • Amalan agar Wanita Haid...
    Muslimah
    Kamis, 13 April 2023 - 10:41 WIB
    Malam Al-Qadr atau Lailatulqadar adalah malam terbaik di antara malam-malam lain dalam setahun, yang beribadah di dalamnya bernilai lebih dari 1000 bulan. Apakah wanita haid bisa mendapatkan keutamaannya?
  • Hikmah Puasa Ramadan...
    Tausyiah
    Minggu, 12 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Hikmah puasa Ramadan dan manfaatnya bagi tubuh penting diketahui umat muslim. Puasa berasal dari kata shaum atau shiyam yang artinya menahan. Berikut ulasannya.
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tips
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 23:16 WIB
    Jadwal puasa sunnah Oktober 2022 merupakan moment yang baik untuk menghidupkan ibadah puasa. Apalagi bertepatan dengan bulan kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Keutamaan Menyegerakan...
    Tausyiah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 16:15 WIB
    Ternyata ada kebaikan bila kita menyegerakan berbuka puasa. Karena menyegerakan berbuka puasa adalah sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Kenapa demikian?
  • Keutamaan Puasa Rajab...
    Tips
    Selasa, 01 Februari 2022 - 22:47 WIB
    Keutamaan puasa Rajab terdapat dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Imam Abu Dawud dan Ibnu Majah. Nabi berpesan, berpuasalah pada bulan-bulan haram.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Puasa Ramadhan dan Hukum...
    Muslimah
    Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:02 WIB
    Salah satu yang termasuk dosa besar adalah meninggalkan dengan sengaja Puasa Ramadhan. Sebab Puasa Ramadhan adalah bagian dari tegaknya syariat Allah Taala di muka bumi.
  • Manfaat Puasa Saat Hamil...
    Muslimah
    Minggu, 13 Desember 2020 - 10:53 WIB
    Salah satu manfaat terbesar puasa adalah agar setiap orang Islam mendapat predikat muttaqin, yakni orang yang bertakwa. Karena dengan ketakwaanlah seseorang akan mendapat ridha Allah dan pahala surganya Allah Taala.
  • Bolehkah Puasa Rajab...
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:41 WIB
    Bolehkah puasa Rajab hanya 1 hari? Berapa sebenarnya jumlah puasa sunnah di Bulan Haram ini? Pertanyaan tersebut kerap muncul, terlebih di saat sudah akan memasuki salah satu bulan Haram tersebut.
  • Persamaan Makna Khalifah...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Agustus 2024 - 13:01 WIB
    Adam juga dinamai khalifah. Beliau, sebagaimana Daud, juga diberi pengetahuan --Wa allama Adam al-asma kullaha-- yang kekhalifahan keduanya berkaitan dengan Al-Ardha.
  • Sebelum Puasa Ramadan...
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Kewajiban puasa kaum muslim sebelum puasa Ramadan disyariatkan cara berpuasanya tidak sebulan penuh. Mereka melakukan puasa tiga hari setiap bulan.
  • Jadwal Puasa Arafah...
    Tips
    Senin, 19 Juni 2023 - 22:59 WIB
    Jadwal puasa Arafah 2023 perlu diketahui umat muslim agar tidak terlewat begitu saja. Berdasarkan hasil sidang Isbat Kemenag, puasa Arafah jatuh Hari Rabu 28 Juni 2023.
  • 3 Keutamaan Sedekah...
    Tips
    Senin, 11 April 2022 - 18:25 WIB
    Di dalam ayat Al-Quran disampaikan bahwa sedekah memiliki banyak keutamaan. Sedekah juga adalah amalan yang senantiasa dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
  • Bagi Muslim, Puasa Merupakan...
    Hikmah
    Senin, 13 Mei 2024 - 15:27 WIB
    Ibadah puasa ternyata adalah perisai atau tameng yang akan melindungi seorang hamba dari api neraka di akhirat kelak dan hal-hal buruk lainnya.
  • 6 Hikmah Puasa Ramadhan,...
    Muslimah
    Senin, 21 Maret 2022 - 08:05 WIB
    Bulan Ramadhan akan segera kita sambut dengan gembira. Ibadah puasa di bulan suci ini, selain merupakan bagian dari rukun dan pilar yang membangun Islam, juga terkandung banyak hikmah yang sangat agung.
  • Bacaan Zikir dan Doa...
    Tips
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 15:00 WIB
    Berdoa saat buka puasa Ramadan merupakan waktu mustajab dikabulkannya doa dan hajat. Berikut bacaan zikir dan doa buka puasa lengkap Arab, latin dan keutamaannya.
  • Bolehkah Kaum Muslimah...
    Muslimah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 15:59 WIB
    Seluruh ulama sepakat (ijma) bahwa kaum wanita muslimah tidak wajib mengerjakan sholat berjamaah, akan tetapi syariat tetap membenarkan atau membolehkan mereka melakukan sholat secara berjamaah.
  • Benarkah Puasa Syawal...
    Muslimah
    Kamis, 20 Mei 2021 - 16:08 WIB
    Amalan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal, seringkali disebut seperti puasa setahun penuh. Benarkah demikian? Apa saja keistimewaan puasa sunnah ini?
  • Jadwal Puasa Sunnah...
    Tausyiah
    Selasa, 01 Juni 2021 - 08:01 WIB
    Jadwal puasa sunnah di bulan Juni 2021 bertepatan dengan Syawal dan Dzulqadah, salah satu bulan haram (bulan yang diagungkan Allah). Berikut jadwalnya.
  • Inilah Mahram Bagi Wanita...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Januari 2021 - 09:16 WIB
    Mahram berasal dari kata haram yang artinya adalah orang-orang yang haram untuk dinikahi, baik keharaman itu bersifat selamanya maupun bersifat temporer.
  • Niat, Dalil dan Keutamaan...
    Tips
    Sabtu, 01 Juni 2024 - 09:43 WIB
    Puasa Arafah termasuk puasa sunah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam. Puasa ini dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah atau sehari menjelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah.