Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 13)

  • Kisah Khalifah Abu Bakar...
    Hikmah
    Rabu, 27 Desember 2023 - 12:48 WIB
    Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq mengutus Ala bin Hadrami kembali ke Bahrain memimpin sebuah brigade dari kesebelas brigade untuk menghadapi golongan murtad di negeri itu.
  • Gara-gara Membongkar...
    Hikmah
    Senin, 27 April 2020 - 16:07 WIB
    Lama Abu Nawas memeras otak, namun belum juga menemukan muslihat untuk membalas Baginda. Makanan yang dihidangkan oleh istrinya tidak dimakan karena nafsu makannya lenyap.
  • Nasib Abu Lahab Ditulis...
    Tausyiah
    Minggu, 01 Agustus 2021 - 20:35 WIB
    Nasib Abu Lahab ditulis dalam Surat Al-Lahab ayat 1-5. Abu Lahab bin Abdul Muthalib bin Hasyim merupakan salah satu paman Nabi SAW. Nama aslinya adalah Abdul Uzza. Lahab berarti yang menyala-nyala.
  • Abu Hurairah: Dasar,...
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 16:05 WIB
    Faedah fiqih kisah ini adalah bahwa makan dan minum di siang bulan puasa dalam keadaan lupa tidaklah membatalkan puasa karena itu bukanlah keinginan dirinya, melainkan anugerah dari Allah.
  • Kisah Utsman bin Affan...
    Hikmah
    Selasa, 08 Oktober 2024 - 05:15 WIB
    Abdur-Rahman bin Auf dapat menjadi saksi, bahwa ketika terjadi peristiwa yang telah menggemparkan kaum Muslimin itu, sorenya ia melihat pisau yang dipakai menikam Umar itu di tangan Hormuzan dan Jufainah.
  • Kisah Hikmah: Tiga Pertanyaan...
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Dia adalah Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan salah seorang sahabat di masa Rasulullah SAW, dan sempat diangkat sebagai salah seorang pencatat wahyu setelah bermusyawarah dengan Malaikat Jibril
  • Kisah Mubahalah dan...
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Juni 2022 - 19:38 WIB
    Hampir saban tahun sejak tahun 175 H, selalu saja ada gejolak keamanan. Pemberontakan terjadi di sejumlah wilayah, mulai dari Mesir di barat, Suriah dan sekitarnya di utara, serta Khurasan di Timur.
  • Ucapan Para Khalifah...
    Hikmah
    Rabu, 09 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Kematian (ajal) adalah sesuatu yang pasti. Berikut ucapan para khalifah dan orang-orang saleh terdahulu ketika menjelang ajalnya yang bersumber dari karya Imam Al-Ghazali.
  • Teladan Sikap Wara Rasulullah...
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Asal arti kata wara adalah menahan diri dari yang diharamkan dan merasa risih dengannya. Berikut ada teladan Rasulullah SAW dan para Khulafaur Rasyidin.
  • Gara-gara Harta Kekayaan,...
    Hikmah
    Selasa, 03 November 2020 - 13:58 WIB
    Umar berkata, demi Allah, jika Allah memberikan yang semacam ini kepada suatu bangsa, pasti mereka akan saling mendengki, saling membenci. Setelah itu permusuhan antara mereka akan berlarut-larut.
  • Kisah Ajaib! Prajurit...
    Hikmah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:55 WIB
    Kisah prajurit Umar bin Abdul Aziz yang hidup meski meski kepalanya dipenggal sarat pelajaran berharga. Kisah ini terjadi ketika pasukannya melawan Romawi.
  • Abu Jahal Itu Pintar...
    Hikmah
    Selasa, 13 Juli 2021 - 12:25 WIB
    Kali ini Ustaz Ahmad Sarwat menceritakan kisah Abu Jahal yang mati dalam keadaan kafir dilansir dari catatan media sosialnya. Sebelummya Abu Jahal dikenal pintar dan berpengaruh.
  • Dia Muslim Tapi Dalam...
    Hikmah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Dalam Perang Badar yang berkecamuk antara kaum muslimin dan kaum musyrikin, Abbas Bin Abdul Muthalib yang berada di pihak musyrikin berhasil ditawan oleh Abui Yusr, Kaab bin Amru
  • Fungsi Manusia sebagai...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 14:55 WIB
    Dalam pandangan akhlak Islam, tidak dibenarkan mengambil buah sebelum matang, atau memetik bunga sebelum mekar, karena hal ini tidak memberi kesempatan kepada makhluk untuk mencapai tujuan penciptaannya.
  • Abu Nawas Bikin Sensasi...
    Hikmah
    Minggu, 28 Juni 2020 - 12:35 WIB
    Anak adalah kekayaan. Saya lebih kaya dari Allah, karena saya mempunyai anak, sedang Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan, jawab Abu Nawas.
  • Biografi Abu Bakar,...
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 09:01 WIB
    Abu Bakar radhiallahu anhu (RA) bernama lengkap Abdullah bin Abu Quhafah atau lebih dikenal dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau salah satu orang yang awal memeluk Islam dan khalifah pertama.
  • Surat Utsman bin Affan:...
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2024 - 08:51 WIB
    Allah telah memerintahkan para pemimpin supaya menjadi gembala, bukan datang untuk menjadi pemungut pajak. Pemimpin umat ini diciptakan sebagai gembala, bukan sebagai pemungut pajak.
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Tausyiah
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 17:00 WIB
    Sayyidah Aisyah tercatat meluruskan sejumlah hadis yang disampaikan para sahabat. Salah satu yang dikoreksi tersebut adalah hadis yang disampaikan Umar bin Khattab dan Ibnu Umar
  • Kisah Teguran Nabi SAW...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 17:49 WIB
    Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, seseorang yang beriman, tentu mempunyai kesalahan dan memiliki sifat buruk yang sukar dihilangkan. Tiada orang Mukmin yang murni atau sempurna.
  • Tamparan Keras Ulama...
    Hikmah
    Jum'at, 23 Oktober 2020 - 21:40 WIB
    Kisah Abu Yazid Al-Busthami ulama sufi berkebangsaan Persia (lahir tahun 188 Hijriyah) dengan seorang muridnya dapat dijadikan pelajaran berharga.