Topik Terkait: Khalifah Islam (halaman 2)

  • Kisah Khalifah Al-Mahdi Menumpas Kaum Zindiq, Hakim Al-Muqanna Mengaku Tuhan
    Dunia Islam
    Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB
    Di era Al-Mahdi banyak bermunculan kelompok dengan paham baru yang meresahkan. Salah satunya yang paling terkenal adalah kelompok yang dipimpin tokoh bernama Hakim Al-Muqanna.
  • Khalifah Yazid bin Walid: Kekuasaan 6 Bulan, Buah dari Kudeta Berdarah
    Dunia Islam
    Senin, 14 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Yazid bin Walid bin Abdul Malik atau Yazid III (701-744) adalah Khalifah Bani Umayyah yang naik tahta hanya selama 6 bulan. Kekuasaan itu diperolehnya lewat kudeta.
  • Tragis, Abu Dzar Al-Ghifari Dibuang Khalifah Utsman karena Anti-KKN
    Hikmah
    Jum'at, 08 Januari 2021 - 17:28 WIB
    Abu Dzar dikucilkan dalam pembuangan di Rabadzah. Tak boleh ada seorang pun mengajaknya berbicara dan mengucapkan selamat jalan atau mengantarkannya dalam perjalanan.
  • Nasihat Imam Syafii kepada Pengasuh Putra Khalifah Harun Ar-Rasyid
    Tausyiah
    Senin, 09 Januari 2023 - 16:46 WIB
    Nasihat Imam Syafii (150-204 H) kepada pengasuh putra Khalifah Harun Ar-Rasyid (wafat 809 M) dapat diamalkan oleh kaum muslim. Terlebih bagi yang punya pembantu atau pengasuh anak.
  • Peradaban Islam Menurut John Louis Esposito
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Desember 2022 - 14:17 WIB
    Secara politis, pemerintah-pemerintah Muslim menyadari keterbatasan mereka dan kemajuan banyak kerajaan dan kebudayaan yang ditaklukkan oleh tentara-tentara mereka.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Mengenal Khalifah Abu Abbas As-Saffah, Pendiri Dinasti Abbasiyah
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 23:24 WIB
    Berdirinya Dinasti Abbasiyah sebagai kekhalifahan Islam ketiga tak lepas dari sosok Abdullah bin Muhammad atau dikenal dengan Abu Abbas As-Saffah.
  • Saad bin Ubadah, Pemimpin Anshar yang Gagal Menjadi Khalifah Pertama
    Hikmah
    Senin, 21 Desember 2020 - 05:00 WIB
    Kami tidak akan menyimpang dari perintahmu! teriak kaum Anshar kepada Saad bin Ubaidah. Mereka mengangkat Saad mengganikan Nabi Muhammad SAW.
  • Siapakah Orang Pertama yang Masuk Islam? Berikut Jawabannya
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Umat muslim jangan sekali-kali melupakan sejarah peradaban Islam dimulai dari turunnya wahyu pertama. Inilah sosok orang pertama yang masuk Islam setelah turunnya wahyu.
  • Berakhirnya Dinasti Utsmani: Kisah Turki Menolak Pemakaman Khalifah Terakhir
    Dunia Islam
    Senin, 04 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Satu abad yang lalu, negara Turki yang masih baru mengirim khalifah terakhir, Abdulmecid II, ke pengasingan dan memasukkan institusi Islam ke dalam sejarah.
  • Kisah Umar bin Khattab Meyakinkan Khalifah Abu Bakar tentang Pengumpulan Al-Quran
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 13:13 WIB
    Usul yang dirasakan oleh Abu Bakar sangat tiba-tiba itu dijawab dengan pertanyaan: Bagaimana saya akan melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh Rasulullah Sallallahu alaihi wa sallam?
  • Ketika Orientalis Montgomery Watt Bicara tentang Kesempurnaan dan Kemandirian Islam
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 09:52 WIB
    Orientalis ini bicara tentang kesempurnaan dan kemandirian Islam memulainya dengan kisah nasib perpustakaan Alexandria tatkala pasukan Islam menduduki wilayah itu pada tahun 641 Masehi.
  • Begini Wasiat Umar bin Khattab kepada Khalifah Penggantinya
    Hikmah
    Selasa, 19 Desember 2023 - 13:50 WIB
    Umar tidak cukup hanya menyerahkan majelis syura itu ke tangan keenam tokoh itu bahkan ia ingin sekali berpesan kepada khalifah sesudahnya, yang menurut pendapatnya akan merupakan kebijakan yang lebih baik.
  • 10 Pemimpin Besar dalam Islam yang Patut Diketahui
    Dunia Islam
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:55 WIB
    Pemimpin besar Islam dalam sejarahnya dikenal karena memiliki karakteristik kepemimpinan yang patut dicontoh seperti kejujuran, integritas, dan kesatriaan
  • Kisah Ketawadhuan Khalifah Abu Bakar yang Membuat Umar Takjub
    Hikmah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Ketawadhuan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu anhu benar-benar mengagumkan dan layak diteladani. Umar bin Khattab sendiri dibuat takjub karena tak dapat mendahuluinya.
  • Khalifah Umar Pecat Khalid bin Walid demi Selamatkan Tauhid Umat
    Hikmah
    Rabu, 13 Mei 2020 - 16:32 WIB
    Mendengar keterangan Umar yang tegas menegakkan tauhid itu Khalid menerima kebijakan khalifah dengan ikhlas. Maka besoknya ia kembali ke medan perang.
  • Hukum Hari Valentine Menurut Islam
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 09:13 WIB
    Pada 14 Februari adalah Valentines Day. Bukan hanya di Barat, di negera-negara Islam, macam Arab Saudi, Valentines Day juga dirayakan. Bagaimana Islam memandang masalah ini?
  • Debat Khalifah Abu Bakar dengan Umar Bin Khattab Soal Pembangkang Zakat
    Hikmah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Khalifah Abu Bakar kekeuh mempertahankan pendiriannya itu. Demi Allah, orang yang keberatan menunaikan zakat kepadaku, akan kuperangi, tandasnya.
  • Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Bani Umayyah yang Wafat Karena Diracun
    Dunia Islam
    Minggu, 06 Maret 2022 - 19:28 WIB
    Derajat keadilan dan kebijaksanaan Umar bin Abdul Aziz selama memimpin dianggap menyamai para Khulafah Rasyidin. Itu sebabnya dia kerap dianggap sebagai Khulafah Rasyidin kelima.
  • Kisah Abu Nawas Nyaris Dipenggal Khalifah Gara-gara Isi Syairnya
    Hikmah
    Senin, 10 Juli 2023 - 06:45 WIB
    Abu Nawas merupakan penyair terkenal yang hidup pada zaman Bani Abbasiyah tepatnya saat Khalifah Harun Ar-Rasyid berkuasa. Syairnya pernah bikin jengkel dan marah sang Khalifah.
  • Trilogi Ajaran Ilahi: Islam, Iman, dan Ihsan
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 13:40 WIB
    Ketiga istilah itu memberi umat Islam (Sunni) ide tentang Rukun Iman yang enam, Rukun Islam yang lima dan ajaran tentang penghayatan terhadap Tuhan Yang Maha Hadir dalam hidup.