Topik Terkait: Khalifah Umar Bin Abdul Azis (halaman 2)

  • Wasiat Umar bin Khattab Menjelang Wafat: Pilih 6 Sahabat untuk Menggantikannya
    Hikmah
    Selasa, 19 Desember 2023 - 13:40 WIB
    Menurut Haekal, dalam keadaan semacam ini Umar lebih banyak menyadari daripada yang lain, bahaya yang sedang mengancam Arab dan kedaulatan yang baru tumbuh itu.
  • Kisah Ajaib! Prajurit Khalifah Umar Tetap Hidup Meski Kepalanya Dipenggal
    Hikmah
    Kamis, 11 Agustus 2022 - 23:55 WIB
    Kisah prajurit Umar bin Abdul Aziz yang hidup meski meski kepalanya dipenggal sarat pelajaran berharga. Kisah ini terjadi ketika pasukannya melawan Romawi.
  • Tahun Abu: Begini Teladan Umar bin Khattab Saat Negara Menghadapi Bencana
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:26 WIB
    Khalifah Umar bin Khattab berkata: Bagaimana saya akan dapat memperhatikan keadaan rakyat jika saya tidak ikut merasakan apa yang mereka rasakan.
  • Umar bin Abdul Aziz: Lebaran Bukan bagi Orang yang Memakai Pakaian Baru
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 18:57 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz berkata: Hari raya itu bukan bagi orang yang memakai pakaian baru. Akan tetapi hari raya bagi mereka yang takut terhadap hari pembalasan
  • Perang Irak di Era Khalifah Umar bin Khattab, Jalankan Wasiat Abu Bakar
    Hikmah
    Senin, 21 September 2020 - 13:31 WIB
    Abu Ubaid berangkat dari Madinah dengan empat ribu orang, yang dalam perjalanan kemudian anggota pasukannya bertambah jumlahnya menjadi sepuluh ribu.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Khalifah Umar Bebaskan Baitul Maqdis, Palestina Aman dan Damai
    Dunia Islam
    Sabtu, 11 November 2023 - 21:24 WIB
    Masih ingat sosok Khalifah Umar bin Khattab dan Shalahuddin al-Ayyubi? Keduanya dikenal sebagai pahlawan pembebas Al-Aqsha (Baitul Maqdis) dalam sejarah Islam.
  • Kisah Khalifah Umar bin Abdul Aziz dan Putranya Saat Merayakan Hari Raya
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 05:30 WIB
    Khalifah Umar bin Abdul Aziz (684-720 M) adalah sosok pemimpin yang saleh, bijaksana, dan dekat dengan rakyatnya. Ada kisah menarik tentang beliau dan putranya saat merayakan hari raya.
  • Tausiyah Aa Gym tentang Kelembutan Khalifah Umar Bin Khattab
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 13:45 WIB
    Khalifah Umar Bin Khattab radhiyallahu anhu terkenal dengan watak keras dan tegas. Namun ternyata beliau memiliki hati yang lembut terhadap rakyatnya. Simak kisahnya.
  • Tahun Abu: Kisah Umar bin Khattab Menangis dan Berdoa Meminta Allah Menurunkan Hujan
    Hikmah
    Senin, 18 Desember 2023 - 07:18 WIB
    Selama 9 bulan itu ia mengimami salat isya dan setelah pulang ke rumah ia masih melanjutkan dengan salat sampai larut malam, memohon kepada Allah jangan sampai kehancuran umat berada di tangannya.
  • Kisah Umar bin Khattab Ditikam Abu Luluah Orang Kafir Persia
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:54 WIB
    Baru saja ia mulai niat salat hendak bertakbir tiba-tiba muncul seorang laki-laki di depannya berhadap-hadapan dan menikamnya dengan khanjar tiga atau enam kali yang sekali mengenai bawah pusar.
  • Kisah Khamar Diharamkan, Salah Satu Peran Umar bin Khattab
    Hikmah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 13:41 WIB
    Tidak jarang orang-orang Yahudi dan kaum munafik menggunakan kesempatan minum minuman itu untuk membangkitkan pertentangan lama antara Aus dengan Khazraj.
  • Kisah Khalifah Umar Bin Abdul Aziz Mendorong Pembukuan Hadis, Cikal Bakal Ahlussunah
    Hikmah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 14:42 WIB
    Dorongan pembukuan hadis dilakukan pertama kali oleh Khalifah Umar Ibn Abdul Aziz (w. 102 H.) dari Bani Umayyah. Dari sinilah menjadi cikap bakal paham ahlussunah wal jamaah.
  • Para Suami Tirulah Sikap Romantis Umar bin Khattab
    Muslimah
    Kamis, 08 Oktober 2020 - 06:07 WIB
    Umar bin Khattab merupakan sosok mukmin yang memiliki karakter tegas dan keras dalam membela kebenaran. Figur pemberani dalam membela kebenaran sekaligus hatinya penuh kelembutan ketika bermuamalah dengan istrinya.
  • Pesan Khalifah Umar Ketika Menaklukkan Yerusalem
    Hikmah
    Senin, 28 Mei 2018 - 10:00 WIB
    Alif Lam Mim, Ghulibathir-ruum... (Bangsa Romawi telah dikalahkan, di negeri yang terdekat dan mereka setelah kekalahannya itu akan menang, dalam beberapa tahun lagi.
  • Kisah Umar bin Khattab Mengata-ngatai Hajar Aswad
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 16:08 WIB
    Hajar aswad merupakan salah satu batu intan permata dari beberapa intan permata di surga. Pada mulanya warnanya putih mengilap, lebih putih dari air susu. Menjadi hitam akibat dosa-dosa manusia.
  • Kisah Khalifah Umar Merindukan Mati Syahid, Berikut Doanya
    Hikmah
    Rabu, 02 Juni 2021 - 18:07 WIB
    Kesyahidan Khalifah Umar Bin Khattab saat memimpin kaum musimin merupakan buah dari doanya yang memohon agar diwafatkan dalam keadaan Syahid. Berikut doanya.
  • Pesan Umar bin Khattab: Belajarlah Agama Sebelum Menjadi Pejabat
    Tausyiah
    Rabu, 16 Juni 2021 - 05:00 WIB
    al-Bukhari dalam Shahihnya menyatakan, Dan setelah menjadi penjabat (pemimpin), karena sesungguhnya para sahabat Nabi Muhammad SAW tetap belajar di usia senja mereka.
  • Khalifah Al-Walid bin Abdul-Malik, Ketika Upeti Membanjiri Dinasti Umayyah
    Dunia Islam
    Rabu, 02 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Al-Walid bin Abdul-Malik, khalifah yang berkuasa pada tahun 705715. Sejarawan mencatat pada masa inilah Dinasti Umayyah mengalami masa keemasan.
  • Tak Mudah bagi Umar bin Khattab untuk Jalankan Wasiat Khalifah Abu Bakar
    Hikmah
    Rabu, 09 September 2020 - 16:30 WIB
    Khalifah Umar berencana mengadakan mobilisasi pasukan ke Irak, sebagaimana diwasiatkan Khalifah Abu Bakar. Hanya saja, umat Islam menyambut dingin rencana tersebut.
  • 10 Karomah Sayyidina Umar Bin Khattab (1)
    Hikmah
    Selasa, 16 Juni 2020 - 06:10 WIB
    Dibalik keberhasilannya menjabat khalifah sekaligus Amirul Mukminin, Sayyidina Umar ternyata memiliki karomah yang luar biasa. Ada 10 karomah (kelebihan dan kemuliaan) beliau.