Topik Terkait: Kisah Arab Badui Memeluk Islam

  • Kisah Seorang Arab Badui Bertanya Apakah ALLAH Dekat Atau Jauh
    Hikmah
    Jum'at, 25 September 2020 - 21:56 WIB
    Ada satu kisah seorang laki-laki Arab Badui ingin mengetahui keberadaan Allah Azza wa Jalla. Dengan rasa penasaran yang tinggi laki-laki itu mendatangi Rasulullah dan mengutarakan pertanyaannya.
  • Kisah YouTuber Inggris Jay Palfrey Memeluk Islam Setelah Traveling
    Dunia Islam
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 22:16 WIB
    Kisah YouTuber asal Inggris Jay Palfrey jadi muallaf menarik untuk disimak. YouTuber terkenal ini mendapat hidayah Islam setelah traveling ke banyak negara di belahan dunia.
  • Kisah Orang Badui yang Lantang kepada Nabi Muhammad Akhirnya Masuk Islam
    Hikmah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 23:37 WIB
    Kisah sekumpulan Arab Badui yang lantang kepada Rasulullah shollallohu alaihi wasallam menarik untuk disimak. Berkat kebijaksanaan Rasulullah, akhirnya mereka masuk Islam.
  • Kisah Lucu Penuh Ibrah, Seorang Arab Badui Tak Hafal Rakaat Sholat
    Hikmah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 06:45 WIB
    Kisah seorang Arab Badui yang tak mampu menghafal jumlah rakaat sholat termasuk kisah lucu yang penuh ibrah. Kisah ini diketengahkan dalam buku 100 Kisah Menarik Penuh Ibrah.
  • Kisah Menakjubkan Ketika Abu Bakar Memeluk Islam
    Hikmah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 05:10 WIB
    Sosok Abu Bakar radhiallahu anhu (RA) adalah sahabat yang mendapat tempat tertinggi di sisi Rasulullah SAW. Beliau termasuk orang-orang yang paling awal memeluk Islam (As-Sabiqun Al-Awwalun).
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Renungan: Memeluk Dunia, Belajar dari Burung Pelatuk
    Hikmah
    Kamis, 15 April 2021 - 04:59 WIB
    Burung pelatuk adalah burung yang halus, dan orang bijak senantiasa bersikap halus. Jika kita telah menjadi bijaksana dan halus, kita akan memahami dunia.
  • Kisah Doktor Ilmu Kesehatan Prancis, Percaya Kebenaran Syahadat sebelum Memeluk Islam
    Dunia Islam
    Senin, 26 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Sebelum saya memeluk agama Islam, saya telah percaya atas kebenaran kalimat syahadat pertama yang berbunyi Asyhadu an laa ilaaha illallah dan ayat-ayat Al-Quran Surat Al-Ikhlas.
  • Kisah Pemuka Yahudi Memeluk Islam, Pelajaran Berharga yang Diabadikan Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 06:30 WIB
    Abdullah bin Salam adalah seorang pemuka dan pemimpin Yahudi di Madinah yang memeluk Islam di masa Nabi pada Tahun 622 M. Kisahnya diabadikan dalam satu ayat Al-Quran.
  • Pra-Islam, Kisah Abu Bakar Menghindar dari Tradisi Jahiliyah dan Condong ke Agama Ibrahim
    Hikmah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 12:34 WIB
    Pada zaman jahiliyah , Abu Bakar sudah menjauh dari tradisi dan adat istiadat Jahiliyah. Beliau misalnya, menolak menyembah berhala dan minum anggur.
  • Air Surga dari Orang Badui untuk Baginda Harun Al-Rasyid
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 06:17 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Kisah Para Rabi Mengajak Nabi Muhammad SAW Memeluk Agama Yahudi
    Hikmah
    Rabu, 27 Juli 2022 - 15:44 WIB
    Rasulullah kerap mengajak kelompok Yahudi untuk masuk Islam. Beliau mengingatkan akan azab dan siksa Allah. Para rabi justru membalas mengajak Nabi Muhammad masuk Yahudi.
  • Kisah Marwan Al Atway: Pria Arab Saudi yang Amalkan Sebagian Hasil Panen Kebunnya
    Dunia Islam
    Senin, 05 Februari 2024 - 22:09 WIB
    Marwan Al Atway, warga Arab Saudi yang memiliki perkebunan di Tabuk, memberikan sebagian hasil perkebunannya secara gratis kepada mereka yang berminat. Kebun Marwan Al Atway menghasilkan buah-buahan termasuk jeruk.
  • Rahasia Politeisme Orang Arab sebelum Datangnya Islam
    Hikmah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:30 WIB
    Orang Arab sebelum datangnya Islam percaya bahwa setiap makhluk dan setiap gejala tentulah mempunyai penyebab tersendiri, dan bahwa Tuhan Yang Esa tidak mampu menciptakan semuanya.
  • Kisah Penaklukan Islam ke Prancis, Andalusia, dan Spanyol Islam
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 08:09 WIB
    Penaklukan Islam atas semenanjung Iberia merupakan kelanjutan dari penaklukan Islam atas Afrika Utara. Penaklukan-penaklukan ini terjadi sebagai hasil dari ekspedisi-eksedisi militer.
  • Kisah Organisasi Islam Eropa yang Difitnah Menyimpan Rahasia Kotor
    Dunia Islam
    Selasa, 02 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hande Taner mengungkap kisah organisasinya yang difitnah sebagai cabang perekrutan teroris. Padahal organisasi ini secara teratur berkampanye tentang isu-isu yang berkaitan dengan pemuda dan pelajar Islam.
  • Asir Arab Saudi Sandang Identitas Pariwisata Regional
    Dunia Islam
    Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:23 WIB
    Wilayah Asir di Arab Saudi menjadi wilayah pertama di Kerajaan yang menciptakan identitas pariwisata regional, disertai dengan slogan Karam Al-Arouma, atau kemurahan hati masyarakat Asir.
  • Kisah Perempuan Arab Saudi, Kembali ke Sekolah di Usia 110 Tahun
    Dunia Islam
    Senin, 07 Agustus 2023 - 18:26 WIB
    Seorang wanita Arab Saudi telah membuktikan pepatah lama lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali dengan kembali ke sekolah pada usia 110 tahun.
  • Kenapa Imam Al-Ghazali Digelari Hujjatul Islam?
    Hikmah
    Jum'at, 01 Mei 2020 - 07:05 WIB
    Siapa yang tak kenal Imam Al-Ghozali? Beliau adalah tokoh ulama besar, ahli fiqih dan tasawuf yang dikagumi banyak ulama dan kaum muslimin. Kenapa beliau digelari Hujjatul Islam?
  • Kisah Umar bin Khattab Keluarkan Non Muslim dari Jazirah Arab
    Hikmah
    Minggu, 24 Juli 2022 - 15:31 WIB
    Rasulullah SAW mengajak semua orang kepada agama Allah, tidak membeda-bedakan antara Ahli Kitab dengan yang lain. Tetapi orang-orang Yahudi Madinah melihat dakwah ini membahayakan mereka
  • Kisah Amr bin Luhay, Penguasa Kakbah dari Yaman yang Eksportir Patung
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Setelah Amr bin Luhay sukses mengusir suku Jurhum dalam mengelola Kakbah, kerajinan patung di Mekkah maju pesat. Penyembahan berhala kian mewabah, bahkan Mekkah menjadi eksportir patung.