Topik Terkait: Kristen Ortodoks (halaman 6)

  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 09:53 WIB
    Tatkala Khalifah Umar bin Khattab berangkat ke Baitul Maqdis, sempat berhenti di Jabiah. Kala itu, pasukan muslim yang dipimpin Amr bin Ash tengah mengepung Yerusalem. Khalifah mengendarai unta dengan pakaian bertambal.
  • Kisah Dampak Kematian...
    Hikmah
    Selasa, 16 Juli 2024 - 14:57 WIB
    Setelah kematian Heraklius, bala bantuan Romawi ke Kota Iskandariah pun terputus. Padahal kala itu, kota ini dikepung pasukan Muslim di bawah Amr bin Ash.
  • Kisah Amr bin Ash Menaklukkan...
    Hikmah
    Sabtu, 13 Juli 2024 - 09:25 WIB
    Selama tinggal di Naqiyus Amr bin Ash membersihkan semua bekas Romawi. Ia menugaskan Syarik bin Sumayya dengan sebuah satuan untuk mengawasi pasukan Romawi yang lari dari Naqiyus menuju Iskandariah.
  • Mengulik Sejarah Hagia...
    Dunia Islam
    Kamis, 01 Juni 2023 - 11:18 WIB
    Sejarah Hagia Sophia menjadi pembahasan yang menarik untuk diulas. Masjid agung yang berada di Turki ini dulunya diketahui sebagai bangunan Gereja peninggalan Kaisar Bizantium.
  • 3 Cakupan Kepercayaan...
    Tausyiah
    Selasa, 02 Januari 2024 - 18:12 WIB
    Kepercayaan pada Kenabian, dalam pandangan Islam, mencakup salah satunya percaya pada Kenabian Muhammad. Muhammad adalah seorang Nabi yang tidak hanya diutus untuk sebagian bangsa, tetapi untuk seluruh manusia.
  • Penggalangan Tentara...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:28 WIB
    Pada tahun 711, Islam berhasil memasuki Spanyol. Pada masa berikutnya Eropa terancam dari segala arah kecuali arah utara yang dihuni oleh bangsa Viking
  • Orientalis Ini Bilang...
    Dunia Islam
    Rabu, 25 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Sungguhpun kebangkitan Islam ini menyerupai gerakan-gerakan kebangkitan Kristen --meskipun ada perbedaan di antara keduanya-- malahan istilah kebangkitan itu sendiri dapat dipertahankan.
  • Ini Penyebab Romawi...
    Dunia Islam
    Selasa, 20 September 2022 - 05:15 WIB
    Jazirah Arab tidaklah menarik pada era pra-Islam. Romawi dan Persia yang selalu bertempur memperebutkan wilayah jajahan tak sedikitpun melirik negeri ini. Mengapa?
  • Perang Salib II: Bukan...
    Hikmah
    Rabu, 31 Juli 2024 - 15:12 WIB
    Perang Salib II merupakan perang yang diikuti oleh mayoritas kerajaan-kerajaan Kristen di Eropa, tidak seperti Perang Salib sebelumnya yang hanya didominasi oleh orang-orang Prancis.
  • Ramadan di Negeri Minoritas...
    Dunia Islam
    Kamis, 28 Maret 2024 - 11:43 WIB
    Perayaan Ramadan tersebar luas di Timur Tengah, seringkali melibatkan non-Muslim dalam perayaannya di wilayah tersebut. Di negara-negara mayoritas Kristen, partisipasi kurang umum, namun tren ini mulai bergeser.
  • Hukum Menjenguk Ahli...
    Tips
    Minggu, 11 Desember 2022 - 13:32 WIB
    Menjenguk orang nonmuslim yang sedang sakit dibenarkan syariat, bahkan kadang-kadang bernilai qurbah dan ibadah. Lalu bagaimana hukum menjenguk muslim yang ahli maksiat?
  • Syaikh Imran Nazar Hosein:...
    Hikmah
    Kamis, 18 April 2024 - 14:43 WIB
    Syaikh Imran Hosein mengatakan Al-Quran tidak memperlakukan semua orang Kristen dan Yahudi dengan cara yang sama dan telah membuat perbedaan yang sangat penting antara dua jenis Kristen yang berlainan
  • Konteks Larangan Kaum...
    Tausyiah
    Selasa, 10 September 2024 - 11:31 WIB
    Rasyid Ridha, mengkritik dengan sangat tajam pandangan beberapa ulama tafsir yang menjadikan ayat ini sebagai larangan bersahabat dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani secara mutlak.
  • Sejarawan Sylviane A...
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Juni 2023 - 06:20 WIB
    Muslim Afrika-Amerika menggunakannya untuk mengklaim garis keturunan kuno dan komunitas imigran untuk menunjukkan bahwa Islam, jauh dari asing, sama Amerikanya dengan Kristen.
  • Tindakan Momeka Membakar...
    Dunia Islam
    Selasa, 11 Juli 2023 - 08:21 WIB
    Salwan Momeka yang membakar Al-Quran di Swedia itu adalah warga Irak. Dia keturunan minoritas Kristen Irak. Akibat tindakannya, orang-orang Kristen Irak kini dihinggapi rasa takut.
  • Orientalis Montgomery...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Seorang orientalis William Montgomery Watt (1909-2006), membeberkan persepsi Islam, Kristen, dan Yahudi tentang Nabi Muhammad yang telah diramalkan Bibel.
  • Kisah Paus Urbanus II...
    Hikmah
    Kamis, 25 Juli 2024 - 15:09 WIB
    Paus Urbanus II sangat berkeinginan mengembalikan Yerusalem ke pangkuan kekuasaan Kristen. Inilah yang mendorong Paus Urbanus II mendeklarasikan Perang Salib.
  • Kisah Bangsawan Inggris...
    Dunia Islam
    Senin, 12 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Beliau adalah seorang negarawan Inggris yang terkenal, mencapai tingkat kebangsawanan bermacam-macam. Seorang Letnan dalam Royal Defence Corp dan President Salsy Conservative Association.
  • Dialog Ahmeed Deedat-Van...
    Dunia Islam
    Rabu, 27 September 2023 - 14:15 WIB
    Kali ini dialog menjadi monolog ketika Ahmed Deedat lebih banyak menjelaskan mengenai Nabi Ismail as sampai wahyu yang diterima Nabi Muhammad SAW.
  • Kisah Leluhur Bani Israel:...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Oktober 2023 - 06:15 WIB
    Yaqub memiliki saudara kembar bernama Ishu. Kedua saudara kembar ini saling bersaing dan bersengketa. Konflik tersebut membuat kalut keluarga Nabi Ishaq.