Topik Terkait: Makhluk Yang Pertama Diciptakan

  • 6 Makhluk Mistis dalam Islam yang Menarik untuk Diketahui
    Dunia Islam
    Rabu, 03 Mei 2023 - 12:10 WIB
    Dalam ajaran Islam, terdapat beberapa makhluk mistis yang dianggap berasal dari Al-Quran dan hadis. Meskipun belum terbukti keberadaannya, namun keberadaan mereka menjadi bagian dari sejarah dan budaya Islam
  • Kisah Jin yang Pertama Kali Mendengar Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:58 WIB
    Kisah Jin yang pertama kali mendengar Al-Quran mengingatkan kita kepada salah satu surat dalam Al-Quran. Allah menceritakan kisah jin yang mendengarkan bacaan Al-Quran.
  • Berlindung Diri dari Gangguan Makhluk Halus Berdasarkan Sunnah Nabi
    Tausyiah
    Senin, 22 Maret 2021 - 15:49 WIB
    Berlindung dari apapun yang membahayakan kita hanya kepada Allah adalah cerminan tauhid. Berikut bagaimana Rasulullah memberikan keteladanan kepada kita selaku umatnya.
  • Makhluk Terakhir yang Dimatikan pada Hari Kiamat
    Hikmah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 22:01 WIB
    Hari Kiamat adalah peristiwa hancurnya alam semesta ditandai dengan peniupan Sangkakala oleh Malaikat Israfil. Inilah makhluk terakhir yang dimatikan Allah pada Hari Kiamat.
  • Rezeki-rezeki yang Sering Dilupakan dan Diabaikan
    Muslimah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Sebagian besar manusia yang dikaruniai pikiran masih berpendapat bahwa rezeki Allah hanya berupa materi atau dalam bentuk harta saja. Padahal rezeki Allah Taala tidak sesempit itu dan banyak dilupakan atau diabaikan manusia.
  • Mengupas Permulaan Penciptaan (1): Inilah Makhluk yang Pertama Kali Diciptakan
    Hikmah
    Rabu, 29 September 2021 - 19:19 WIB
    Permulaan penciptaan termasuk salah satu ilmu yang jarang diungkap ke publik. Siapa sebenarnya yang pertama kali diciptakan oleh Allah Azza wa Jalla? Berikut ulasannya.
  • Amalan yang Sangat Dianjurkan dalam 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juli 2021 - 09:26 WIB
    Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah musim kebaikan. Untuk itu, sudah selayaknya setiap muslim memberikan perhatian yang lebih terhadapnya dengan meningkatkan amal shalehnya pada waktu tersebut.
  • Amalan-amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah dan Iduladha
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juni 2023 - 04:50 WIB
    Amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah penting diketahui umat Islam agar tidak terlewat begitu saja. Hari ini kita memasuki hari ke-8 Dzulhijjah bertepatan dengan Hari Tarwiyah.
  • Inilah Manusia Pertama yang Membuka Pintu Surga
    Muslimah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 20:02 WIB
    Ketika hari kiamat nanti, semua orang akan menunggu masuk surga atau neraka. Bila masuk surga pun, tetap harus menunggu seseorang yang akan membukanya. Dan, ada seseorang yang diberi otoritas oleh Allah Taala untuk mengetuknya. Siapa dia?
  • Amalan yang Konsisten
    Tips
    Minggu, 22 Agustus 2021 - 14:12 WIB
    Amalan yang paling dicinta Allah Taala adalah amalan yang konsisten, berkelanjutan, dan terus-menerus meskipun sedikit, apalagi kalau amalannya banyak dan istiqomah itu sangatlah istimewa.
  • Surat Al Alaq: Ayat Al-Quran yang Pertama Kali Turun
    Hikmah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Surat Al Alaq, ayat Al-Quran yang pertama kali turun ke bumi sekaligus menandai dimulainya periode kenabian. Gua Hira Jabal Nur menjadi saksi turunnya wahyu itu kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Menambal Amal yang Cacat
    Muslimah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 06:42 WIB
    Ternyata salah satu penyebab orang dimasukan ke neraka adalah sebab amalan yang banyak dan beragam tapi penuh cacat, baik motif dan niatnya, maupun kaifiyat yg tidak sesuai dengan sunnah.
  • Pembebasan Irak: Kontroversi Banjir Darah yang Diciptakan Khalid bin Walid
    Hikmah
    Kamis, 18 Januari 2024 - 14:16 WIB
    Kejadian-kejadian di Ullais dan Amgasyia, beberapa penulis sejarah menyatakan penyesalannya bahwa seorang jenderal jenius sekaliber Khalid telah melakukan perbuatan yang begitu biadab.
  • Inilah Orang-Orang yang Beruntung Karena Didoakan Malaikat
    Muslimah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 08:38 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menciptakan malaikat dari cahaya atau nur, karenanya malaikat adalah makhluk yang paling suci. Maka, ketika mendapat doa yang baik dari malaikat, adalah sebuah keberuntungan tersendiri bagi seorang Mukmin.
  • Dirindukan Makhluk
    Tausiyah
    Senin, 28 Juli 2014 - 13:30 WIB
    Di perumahan saya tinggal di kawasan Cibubur terdapat satu keluarga yang selalu dirindukan. Semua warga selalu menyapa keluarga ini.
  • Hati-hati dengan Pandangan Mata yang Khianat
    Muslimah
    Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:39 WIB
    Pandangan mata yang khianat, apa maksudnya? Benarkah ia sama dengan zina mata atau zina hati? Bagaimana hukumnya dalam pandangan Islam?
  • Syarat Diterimanya Amal yang Harus Diketahui Muslimah
    Muslimah
    Kamis, 07 Januari 2021 - 08:59 WIB
    Allah Taala bahkan menyuruh perempuan mukmin beribadat dan beramal saleh dan melarang beribadat selain-Nya dan juga melarang berbuat kemaksiatan.
  • Inilah Kelelahan yang Dicintai Allah Taala
    Muslimah
    Selasa, 16 Maret 2021 - 15:53 WIB
    Kelelahan-kelelahan yang dialami setiap manusia semuanya akan dipertanggungjwabakan kelak di Yaumul Hisab. Ada sekelompok manusia yang kelelahan karena menjalankan dan ketaatannya kepada Allah, pun sebaliknya.
  • 5 Amalan 10 Hari Pertama Ramadhan, Nomor 2 Ganjarannya Berlipat
    Tausyiah
    Rabu, 06 April 2022 - 08:15 WIB
    Hari ini Rabu (6/4/2022) kita memasuki hari ke-4 Ramadhan 1443 H atau hari ke-5 menurut perhitungan Hisab. Ada lima amalan yang dapat kita hidupkan pada 10 hari pertama Ramadhan.
  • Keistimewaan dan Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 19:25 WIB
    Bulan Dzulhijjah termasuk bulan yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan dan keutamaan. Karena itu, Syariat Islam memerintahkan umat Islam untuk menyemarakkannya dengan berbagai amal shaleh yang istimewa.