Topik Terkait: Marah Lunturkan Pahala Puasa (halaman 301)

  • Model Cadar Trendi dan...
    Muslimah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:59 WIB
    Saat ini banyak dari perempuan yang mulai mengenakan jilbab yang penuh dengan pernak pernik, bunga-bunga, dan rumbai-rumbai yang terus melambai-lambai seakan memanggil lawan jenis agar memandanginya.
  • Inilah Perbuatan yang...
    Tausyiah
    Selasa, 11 Agustus 2020 - 17:44 WIB
    Makna kafir (jamaknya kuffaar) menurut syariat adalah setiap keyakinan atau perkataan atau perbuatan melakukan sesuatu yang dapat membatalkan keimanan. Berikut perbuatan yang menyebabkan kekafiran.
  • Besarnya Dosa Berdusta...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:48 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah Rasul yang diutus oleh Allah Taala untuk pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira kepada umat manusia.
  • Kisah Para Ulama Mendidik...
    Hikmah
    Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:30 WIB
    Berikut kisah para ulama ketika mendidik murid dan santrinya dengan cara yang unik. Kisah ini diceritakan Ustaz Saeful Huda (Dai lulusan Darul Musthafa Hadhramaut Yaman).
  • Memelihara Jenggot Bukan...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Hadis-hadis yang ada menerangkan alasan diperintahkannya untuk memelihara jenggot dan mencukur kumis, yaitu supaya berbeda dengan orang-orang musyrik.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Mullah Nashruddin: Bagaimana...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Agustus 2020 - 08:18 WIB
    persiapan pikiran sufi tidak akan memadai sampai seseorang mengetahui bahwa ia harus melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri -- dan berhenti berpikir bahwa orang lain bisa melakukannya untuk dirinya.
  • Cinta Bersemi Dua Sejoli...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:51 WIB
    Setelah Musailamah menawarkan agar kenabiannya digabung saja dengan kenabian Sajah dan mengadakan ikatan perkawinan antara keduanya, hatinya goyah. Lamaran itu pun diterima.
  • 3 Hal yang Dapat Meraih...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Agustus 2020 - 18:45 WIB
    Kebahagiaan di dunia tidaklah diukur dengan materi atau kedudukan. Mereka yang mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat justru orang yang bersabar dalam kesempitan dan musibah.
  • Ajaran Sufi Hanya Bisa...
    Hikmah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 06:07 WIB
    Kita cenderung melihat peristiwa-peristiwa secara sepihak. Kita juga beranggapan tanpa suatu pembenaran, bahwa suatu peristiwa terjadi seolah-olah hal itu terjadi pada suatu ruang hampa.
  • Inilah Panduan Khusus...
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 09:15 WIB
    Secara bahasa istiqamah artinya lurus dan secara istilah adalah suatu perbuatan dan sifat yang senantiasa mengikuti jalan yang lurus yakni jalan yang diridhai Allah Taala.
  • Kontroversi Khalid bin...
    Hikmah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 08:43 WIB
    Puncak cerita itu menurut pendapat mereka bahwa Khalid telah mengawini Laila Umm Tamim, istri Malik. Pada hari pembunuhannya itu dan bumi pun belum kering dari darahnya.
  • Dialah Potret Bidadari...
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 14:38 WIB
    Ummu Ruman radhiyallahuanha adalah perempuan sekaligus seorang ibu yang paling berbahagia. Bagaimana tidak, manusia terbaik dalam sejarah manusia meminang putrinya.
  • Ciri Wanita Saleha Itu...
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 16:16 WIB
    KH Ahmad Busyairi Nafis menyampaikan nasihat indah tentang kedudukan tinggi di sisi Allah Taala saat kajian bakda Subuh di Masjid Nurul Islam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
  • Kasus Khalid tentang...
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:43 WIB
    Khalid adalah suatu mukjizat Allah dan pedangnya adalah pedang Allah Saifullah. Itulah kebijakan Khalifah Abu Bakar ketika memanggil Khalid, cukup hanya dengan menegurnya,
  • Ketika Setan Menggoda...
    Muslimah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 06:30 WIB
    Salah satu hal yang paling ditakutkan kaum perempuan adalah kemiskinan. Maka tak heran, banyak di antara mereka terjerumus dalam jurang kemaksiatan, hanya karena ingin memenuhi kebutuhan materi dunianya.
  • Dari Bentuk Ketakwaan...
    Muslimah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 13:21 WIB
    Saat ini, jilbab dan hijab tidak sekadar trend fashion semata. Busana ini sudah menjadi bagian dari pergaulan dan cara hidup seorang perempuan muslimah, sesuai syariat Islam.
  • Abul Hasan Asy-Syadzili,...
    Hikmah
    Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:44 WIB
    Dai asal Mesir Syeikh Ahmad Al-Misri menceritakan kisah ulama besar sufi yang masyhur di dunia Timur dan Barat saat kajian di Masjid Permata Qalbu, Pos Pengumben, Jakarta Barat.
  • Jika Syair yang Dihafal...
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 13:33 WIB
    Beliau seorang Tabiin. Namanya, Amir bin Syurahabil Al-Humairi, namun dikenal dengan panggilan singkat: Asy-Syabi. Soal hafalan, dia tanpa tanding. Setidaknya pada zamannya.
  • Jejak Panjang Tradisi...
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:16 WIB
    Bulan Suro adalah bulan terjadinya peperangan antara yang baik dan yang buruk, sebagaimana tampak dalam tragedi pembunuhan Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib di Karbala.
  • Amalan-amalan yang Bisa...
    Muslimah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 06:20 WIB
    Setiap muslim dan muslimah wajib menyiapkan bekal-bekal untuk kehidupan yang abadi di akhirat kelak. Di antara bekal itu, adalah menyiapkan amalan yang memberatkan timbangan amalnya.